Contoh Program CBR Menggunakan PHP

Sedikit share lagi, semoga berguna

UAS kali ini, berasa nggak UAS. Bukan karena nggak ada tugas atau ujiannya gampang, tapi karena udah nggak ada niat buat survive di UAS. Maklum, udah mahasiswa semester tua. Hehe. Kalo tugas sih, tetep ada. Buktinya ini nih. Untuk UAS mata kuliah Kecerdasan Buatan 2, ada tugas kelompok bikin demo program beberapa konsep AI. Nah, kebetulan saya dapat bagian bikin contoh program CBR.

Awalnya sih saya nggak ikutan nimbrung di tugas ini. Tapi karena diminta bantu, apa boleh buatlah. Padahal nggak ngerti sama sekali. Hehe. Mau nggak mau jadi belajar juga. Karena sekarang sedang familiar dengan PHP, dan sudah jarang pegang Java, jadinya saya bikin demo-nya pakai PHP. Agak lucu sih, tapi gak masalah. Lagian logika programnya ternyata simpel. Sekalian pakai framework MVC saya sendiri buat tugas sederhana ini. Hehe.

Nah, waktu lihat desain tabel temen saya, kok rasanya aneh data sesedikit ini dimasukkan ke database. Akhirnya saya putuskan gak pakai database, cuma file aja. Manfaatin file read dan write untuk nambah data, sementara lainnya statis aja. Alhasil program ini selesai dalam waktu kurang dari sehari. Dari jam 9 pagi sampai maghrib, dengan leha-leha dan nyambi main game di HP. Hehe.

Apa sih CBR itu? Monggo silahkan dibaca di sini. Algoritma yang dipakai di contoh program ini adalah Nearest Neighbor. Mau lebih jelasnya, lucuti saja source code-nya. Gampang-gampang susah kok. Yang pasti semua data interaksi data ada di folder Models, semua tampilan ada di folder Views, dan sekedar controller ada di folder Controllers. Saya pakai Ajax di file ajax.php biar gak kebanyakan file controllernya dan sering pindah URL.

Ya sudah, pokoknya kalau mau coba silahkan saja download di link bawah ini.

Download Source Code

Ada yang ditanyakan? Comment saja di sini, atau kalau private tentang no telp atau hobbi dari si CBR ini, japri aja. Hahaha. Semoga saya nggak lupa tentang cara kerja program ini.

9 Comments

Leave a Comment.