Instalasi LibreOffice di Ubuntu 10.04

Satu lagi perangkat lunak Free dan Opened Source Code

Ada yang masih belum tahu kalau Sun Microsystem diakuisisi oleh Oracle? Kebangeten deuch (alay dikit). Hehe… Entah gimana ceritanya, yang saya tahu komunitas open source yang ngerjain OpenOffice terpecah dan membuat program lain sendiri, namanya LibreOffice. Ya karena basisnya OpenOffice, jadi mirip-mirip lah. Kelebihannya, dia nggak cuma bisa buka file docx, tapi juga nyimpen. Selain itu, pastinya multi-platform donk. Ada Solaris, Jendela, Linux, dengan versi-versinya.

Seperti yang saya bilang, LibreOffice ini ada di bawah DocumentFoundation. Sebuah organisasi pondasi dokumen (nguarang). Ada 2 website, saya jadi bingung. Yang http://libreoffice.org sama http://www.documentfoundation.org/download/. Entahlah mana yang bener, tapi saya lebih prefer lihat desinnya document foundation. Hehe.

Pertama, download dulu package deb-nya di situs resminya. Sebaiknya sesuaikan versi 32bit atau 64bit-nya. Hasilnya berupa file .tar.gz. Hati-hati, jangan sampai salam download, pastikan nama file tersebut tertera kata “deb”, karena Ubuntu tidak support untuk instalasi RPM. RPM hanya untuk keluarga RedHat dan Fedora (kalau nggak salah).

Sebelum melanjutkan instalasi (karena download pasti lama), jika Anda ingin menghilangkan openoffice Anda, jalankan baris di bawah ini. Tapi sebetulnya Anda bisa menjalankan kedua aplikasi tersebut bersama-sama.

$ sudo apt-get remove --purge openoffice*.*

Setelah download selesai, klik kanan lalu pilih extract. Terserah Anda mau extract di mana. Misalkan di Desktop.

Jalankan perintah di bawah ini.

$ sudo dpkg -i ~/Desktop/(nama-folder-ekstraksi)en-US/DEBS/*.deb

Program sudah terinstall, tapi untuk menginstall desktop integration, jalankan command di bawah ini.

$ sudo dpkg -i ~/Desktop/(nama-folder-ekstraksi)en-US/DEBS/desktop-integration/libreoffice3.3-debian-menus_3.3-9526_all.deb

Ingat, nama file bisa berubah tergantung versi LibreOffice yang Anda gunakan. Selamat mencoba.

Alternatif Pengganti MS-Word

Leave a Comment.