Install JDK Bin pada Ubuntu 10.04

Karena sering lupa, jadi sekedar pengingat saja

Karena kebutuhan, saya install dual boot lagi pakai Ubuntu 10.04, Lucid Lynx. Kenapa gak langsung 10.10? Nah itu dia, padahal sudah download versi CD maupun DVD-nya, tapi entah kenapa di laptop saya (ASUS F83SE), gak mau booting. Bahkan waktu saya coba via USB pun tetep gak mau boot. Cuma layar hitam dengan garis putih kelap-kelip di pojok kanan atas.

Saya perlu Ubuntu ini buat development environment saya sebagai programmer yang mau belajar Ruby on Rails. Salah satu tools yang saya butuhkan adalah NetBeans. NetBeans butuh JRE untuk jalan, sekalian saya juga butuh JDK buat kalau-kalau ada perlu bikin program Java. Jadi, mau nggak mau saya harus install JDK.

Kalau pake Synaptic Package Manager, saya harus download setiap install ulang. Repot juga dengan kondisi fakirbenwit gini. Jadinya saya pilih download versi self-extract nya di http://java.sun.com. Cuma, kadang-kadang saya lupa gimana cara instalasinya. Mikir-mikir juga, kenapa sih linux banyak banget cara instalasinya. Jadi sulit ingetnya nih. Hehe.

Okey, langsung mulai saja. Saya lakukan instalasi ini di Ubuntu 10.04 versi 64-bit. Jadi saya downloadnya juga JDK untuk 64-bit.

  1. Langkah pertama, tentu saja download masternya. Bisa didownload langsung di website resminya. File download-an bisa ditaruh di mana saja. Instalasi bisa dilakukan siapa saja, meski bukan root.
  2. Setelah selesai, buka terminal Ubuntu. Masuk ke folder tempat hasil download, jalankan command di bawah ini untuk mengubah permission agar file bisa di-execute untuk keperluan instalasi.
  3. $ chmod +x <nama_file>.bin
  4. Kemudian pindahkan ke directory tempat Anda ingin JDK tersebut diinstal. Bisa di mana saja.
  5. Jalankan binary self-extracting, diawali dengan path-nya. Contohnya, jika sedang dalam directory file tersebut, awali dengan “./”, seperti contoh di bawah.
  6. $ ./<nama_file>.bin
  7. Deskripsi lisensi akan ditampilkan, dan menanyakan persetujuan Anda untuk instalasi. Setelah proses selesai, JDK akan terinstall pada directory dengan format nama jdk-. Anda bisa me-rename folder tersebut sesuka Anda.
  8. Setelah selesai, untuk bisa diakses via terminal, Anda harus setting path-nya dulu. Edit file bash dengan menjalankan command di bawah ini.
  9. $ nano ~/.bashrc
  10. Tambahkan baris ini di bagian paling bawah.
  11. export JAVA_HOME=<directory_jdk_anda>
    export PATH=$PATH:$JAVA_HOME/bin
  12. Save dengan Ctrl+O dan keluar dengan Ctrl+X. Setelah itu, tutup terminal dan buka lagi, lalu coba cek apakah Java telah berjalan pada terminal dengan cara:
  13. $ java -version

Jika output berupa informasi versi Java yang terinstall, berarti telah sukses.

Leave a Comment.