Memindahkan Data Htdocs dan MySQL pada XAMPP Windows

Sekedar trik yang sebenarnya bisa dipelajari sendiri

XAMPP adalah salah satu tool atau software yang sangat membantu sekali saat ingin membuat website secara lokal. Dalam XAMPP, sudah terdapat PHP Server, MySQL Server, beserta tool lainnya seperti PhpMyAdmin dan FileZilla. Ditambah lagi, XAMPP dapat didownload dan digunakan secara gratis. XAMPP untuk Windows secara default akan terinstall di folder C:\xampp. Yup, itu adalah drive C yang sangat krusial. Sebenarnya Anda bisa saja menginstallnya di drive lain. Tapi saya, kalau memang program ya saya install di C.

Masalah muncul pada saat saya install ulang. Waktu itu saya mau jual laptop, otomatis seluruh file dalam harddisk mau saya pindah dulu. Drive D, E, F, dan G sudah selesai saya backup. Nah, saya lupa kalau seluruh file web yang saya develop juga ada di folder instalasi xampp. Karena sudah terbiasa nggak naruh data apapun di C, ya nggak terasa. Akibatnya, saya kehilangan seluruh data web saya dan baru ingat waktu mau install XAMPP di laptop yang baru. Oh tidak.

Sebenarnya kebodohan saya bisa diatasi kalau saya pintar-pintar ngoprek konfigurasi dari dulu. Karena itu, meski ini trik sederhana, saya tetap pingin share untuk semuanya.

Data web dalam XAMPP secara default terletak di folder C:\xampp\htdocs. Sedangkan untuk data database-nya, terletak di folder C:\xampp\mysql\data. Kedua folder inilah yang sebenarnya amat sangat penting untuk tidak dimasukkan dalam drive C. Bagaimana memindahkannya?

Untuk htdocs, Anda bisa masuk ke folder c:\xampp\apache\conf\ lalu edit file httpd.conf dengan text editor seperti notepad++. Dalam file tersebut, search saja “htdocs”, lalu ganti dengan directory yang Anda inginkan. Ada 2 baris yang perlu diubah, yaitu baris DocumentRoot dan Directory. Sebaiknya sih, untuk data-data website seperti ini, jangan dimasukkan terlalu dalam ke subfolder. Taruh saja misalkan di D:\Website. Ini untuk memudahkan aksesnya saja. Sebaiknya juga Anda mengcopy seluruh isi dari htdocs lama ke folder baru Anda.

Setelah memindahkannya, restart XAMPP Anda lalu coba buka satu halaman dari browser. Jika pemindahan sukses, maka akan berhasil.

Untuk database MySQL-nya, data-data yang terletak di folder aslinya harus Anda copy terlebih dahulu. Misalkan Anda meletakkannya di D:\database. Untuk mengubah settingnya, Anda cukup mengedit file “my.ini” di folder c:\xampp\mysql\bin\. Cari seluruh baris yang mengandung string C:\xampp\mysql\data. Berdasarkan konfigurasi saya, yang perlu diubah itu adalah baris datadir, log_error, general_log_file, slow_query_log_file, innodb_data_home_dir, innodb_log_group_home_dir. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan nama file yang digunakan.

Setelah itu, restart lagi XAMPP Anda. Coba buka phpmyadmin untuk melihat apakah pemindahan berjalan sukses.

Ini adalah repost dari blog saya sebelumnya

34 Comments

  1. trima kasih atas infonya gan,
    untuk pemindahan folder htdocs nya sudah berjalan dengan sukses.
    tapi untuk pemindahan folder mysql nya, sudah bisa. mungkin agan menjalankan konfigurasi ini di komputer yang tanpa terinstal deepfreze. tapi saya menggunakan deepfreze di komputer saya (drive c nya yang di deepfreeze ).
    yang terjadi, setiap membuat database baru, memang bisa ditambah dan tabel juga bisa ditambah. namun setelah direstart, database masih ada namun tabelnya ga nampak saat phpmyadmin dijalankan. mohon bantuannya gan !

    Reply
  2. Gan…saya mau tanya gini…. saya sudah punya mysql yg ditaruh di c:\program files\mysql kemudian saya install xamp di drive D: tanpa component mysql….pikir saya kan saya sdh punya mysql. Terus bagaimana carax agar xamp bisa baca mysql saya yg ada di drive c: tsb…
    Terima Kasih…

    Reply
  3. klo mau beralih dr web server apache2triad ke xampp, sblm uninstal file apa saja yg perlu diback up? selain bin/data dan htdocs apakah ada lagi gan… thx

    Reply
  4. saya sudah coba save file.sql
    tapi setelah saya import di mysql succes,tpi kenapa table di dalam file database nya tidak bisa terimport

    Reply
  5. aku instak apache2triad tp databse g bsa d buka padahal udah aku masukin tp ttp g bsa username aku isi “root” nah passs yang aku bikin.g tau lupa ap gmn,cara liat pass gmn biar bisa kbuka databasenya gan.
    mksh

    Reply
  6. mohon pencerahan saya backup database di phpmyadmin,hasilnya sql 2 mb ketika saya buka dengan notepad di komputer server data kelihtan, namun kenapa data tidak kelihatan ketika saya buka dengan memakai komputer lain??

    Reply
  7. Punya saya kebetulan win 7 error login
    tapi bisa di login di Save Mode
    bagaimana caranya mem backup semua data xampp
    soalnya windowsnya mau di install ulang Mohon pencerahannya

    thanks

    Joe

    Reply
    • Kalau xampp sih, seharusnya tinggal copy folder xampp dulu saja, sekedar untuk menyelamatkan data. Data utama ya ada di htdocs dan mysql. Selain itu tinggal backup setting secara manual.

      Reply
  8. saya mau tanya, saya kan pakai xampp nah wktu itu xampp saya error lalu sblum saya uninstall saya pindahkan dlu smua datanya ke D, sekarang saya install xampp versi baru. bagaimana cara memasukan data yg dr xampp lama ke xampp yang baru? kata dosen saya tinggal copy smua file yg ada di htdocs,mysql dan phpmyadmin. pada saat saya coba , muncul pilihan copy and replace dll, nah sampai situ apa yang harus dipilih ? mohon penjelasannya trmksh

    Reply
  9. kenapa ya mas,ko database saya tidak ada,padahal saya udah masuk ke foldr penyimapanan nya di xampp,,C:\xampp\mysql\data tapi ga ada smua database yang saya buat,,mohon pencerahan nya,,

    Reply
  10. salam kenal.. mau tanya, mas Haqqi atau siapa sj yg bisa bantu… saya sudah instal XAMPP dan bisa runing..tapi waktu mau instal joomla (saya simpan di sub c:xampp/htdocs/joomla) tapi waktu dipanggil pake localhost untuk instalasi ga mau tampil.. mhn pencerahannya.. makasih…

    Reply
  11. Dear mas haqqi,
    mau nanya, gimana ya caranya kalo misalkan mau mindahin data dari htdocs xampp windows ke lampp ubuntu ?
    soalnya pas udah dipindah malah muncul error : Access Forbidden 🙂

    mohon pencerahannya mas, tugas akhir nih hehe thanks 😀

    Reply
  12. Mau tanya kalimat dibawah ini maksudnya apa ya?
    Berdasarkan konfigurasi saya, yang perlu diubah itu adalah baris datadir, log_error, general_log_file, slow_query_log_file, innodb_data_home_dir, innodb_log_group_home_dir.

    Reply

Leave a Comment.