Program 5 Tahun Pensiun

Sebuah rencana jangka menengah yang semoga lancar

Kata pensiun saat ini masih dianggap memiliki konotasi yang kurang baik. Biasanya pensiun dihubungkan dengan hari tua, umur kepala 5 ke atas, produktifitas menurun, dan tinggal berharap pada tunjangan hari tua yang jumlahnya nggak seberapa. Ya kan? Memang itu sudah jadi mindset kebanyakan orang. Tapi bagi saya beda.

Saya punya program, yang memang sih belum detail, tapi judulnya adalah “Program 5 Tahun Pensiun”. What? 5 tahun lagi pensiun? Gak salah? Umur masih kepala 2 gitu.

Yup, gak salah. Saya punya target gila untuk pensiun dini. Saya pernah dengar, salah satu alasan orang-orang mau jadi PNS adalah karena jaminan hari tua, dalam arti lain hidup tenang di masa tua dengan uang pensiun. Tapi saya nggak mau pensiun sebagai mantan PNS. Saya maunya pensiun sebagai mantan pencari uang.

Sekarang ini, kuliah saya sudah cukup berantakan karena saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk investasi hari tua, seperti yang saya tulis di post sebelumnya. Yup, itu merupakan salah satu komponen roadmap saya pensiun dini. Jika itu sukses, dan berhasil menjadi sistem yang bisa saya lepas, maka saya bisa D4 (duduk diam dapat duit).

Sedikit muluk memang. Background bukan ekonomi, ilmu pas-pasan, masih procrastinator, mau mimpi tinggi. Oh, jangan salah. Think big if you want to be big. Saya berusaha sekuat mungkin untuk mewujudkannya. Saya ingin membawa keluarga, sahabat, teman, dan orang-orang di sekitar saya untuk sukses bersama.

Apa pun itu, saya masih berusaha mendetailkan proses jalannya program ini. Karena semakin detail, maka perwujudan the power of the secret akan semakin mendekati kenyataan. Pokoknya, saya mau pensiun 5 tahun lagi sesuai harapan saya. Amiiin.

3 Comments

Leave a Comment.