Bocoran PC Mild Edisi 01/2011

Membaca membuka jendela dunia

Contoh program Java 3D

Sudah sejak edisi 19 tahun 2010 kemarin saya tercatat sebagai kontributor tetap di tabloid PC Mild. Awalnya cuma kebagian rubrik Programming dan Web. Lumayan lah, selagi masih suka sama yang namanya coding, bisa nambah pengalaman juga. Di edisi-edisi akhir tahun 2010 kemarin, ternyata dapat beberapa jatah rubrik lainnya. Ada yang tetep, ada yang cuma sementara. Perjuangan 10 jari pun semakin keras.

PC Mild terbit 2 minggu sekali. Artinya, tiap 2 minggu sekali itu juga saya sebagai kontributor juga harus ngirimkan naskah dengan tepat waktu, mengingat regulasi penerbitan media cetak itu nggak semudah media digital. Harus editor dulu lah, layouting, dan sebagainya. Cukup ribet emang, apalagi kalau mesti revisi naskah yang sudah ditulis susah-susah.

Sudah seminggu lebih yang lalu saya ngirim naskah untuk edisi 01/2011. Kebetulan saya dapat jatah 4 halaman di edisi ini. Ehm, sebagai salah satu penulisnya, gak ada salahnya donk bocorin apa yang saya tulis, hitung-hitung bantu PC Mild buat promosi gratis pra-terbit. Toh gak sampe share isinya. Hehe…

Dari 4 halaman itu, terbagi jadi 4 rubrik: Programming, Web, Tips Facebook, dan Tips Twitter. Apa aja isinya?

Untuk programming, karena sejak dulu di PC Mild rubrik ini sudah pakai bahasa Java, ya saya isi dengan tutorial seputar bahasa Java. Di edisi ini, yang saya bahas adalah pengenalan Java 3D API, yang digunakan untuk membuat grafis dan suara 3 dimensi. Cuma dapat jatah satu halaman, jadinya ya benar-benar murni pengenalan saja. Mungkin di edisi 2 dan seterusnya, kalau memang sesuai dan dapat approval dari editor, ya dilanjutkan untuk yang agak advanced.

Di rubrik Web, saya bikin tutorial jQuery untuk membuat dialog konfirmasi. Kalau biasanya pakai murni javascript kan tinggal pakai fungsi alert(); Nah, ini pakai sedikit animasi dan CSS3 biar tampilannya lebih menarik. Tutorialnya simpel kok, pasti bisa dicerna pengguna awam juga. Hasil akhir tutorial ini dalam bentuk plugin jQuery, yang nantinya bisa dipakai di project lainnya tanpa tergantung kode program lain.

Di tips Facebook, saya bahas tentang menjadwalkan update status dengan LaterBro. Oia, untuk tips Facebook dan Twitter ini memang dipecah jadi 2 judul artikel masing-masing rubriknya. Satu lagi yang di tips Facebook adalah bagaimana cara mencegah search engine menemukan account Facebook kita. Sederhana, tapi buat yang belum tahu pasti berguna.

Di tips Twitter, saya bahas tentang aplikasi web untuk mengetahui dengan cepat siapakah friend kita, orang yang kita follow tapi tidak follow back, ataupun fans yang follow kita, tapi kita tidak follow back (bingung?). Judul keduanya adalah bagaimana memanfaatkan tweet untuk mengupdate jadwal di GoogleCalendar milik kita. Cukup dengan ngeTweet looooh.

Masih banyak rubrik lain di PC Mild yang sayang untuk dilewatkan gitu aja. Membaca membuka jendela dunia, jadi apa salahnya beli PC Mild buat nambah ilmu. Pesan saya, jangan pernah takabur dengan menganggap bahwa ilmu yang dimiliki sudah cukup, jadi nggak perlu beli PC Mild buat sekedar nambah ilmu. Ups, promosi dikit. Hehe…

6 Comments

Leave a Comment.