Bocoran PC Mild Edisi 02/2011

Semakin merasakan enaknya kerja di awal

Libur kuliah, jadi ada waktu luang lebih banyak deh. Seperti biasa, setiap 2 minggu sekali saya mesti submit artikel untuk PC Mild. Nah karena libur ini, jadi bisa kerja awal-awal jauh sebelum deadline. Sebenernya sih pasti males banget, apalagi dengan sifat dasar procrastination ini. Tapi, demi minggu-minggu yang tenang tanpa tekanan deadline, saya kerjakan dulu awal-awal.

Sudah seminggu yang lalu, beberapa hari sebelum jadwal pengiriman naskah, saya sudah kirim untuk naskah tips yang tidak aktual. Maksud aktual ini adalah yang sesuai dengan perkembangan terbaru. Sama seperti di edisi 01/2011 kemarin, saya dapat jatah 4 halaman di rubrik programming, web, facebook, dan twitter. Tapi mulai edisi ini, saya dapat tambahan jatah 1 halaman lagi untuk rubrik aktual patch software. Alhamdulillah, jadi lebih banyak kerjaan.

Untuk rubrik programming, saya nulis tentang dasar grafis dan animasi 2D java. Sebuah program sederhana yang saya harap bisa menjadi dasar bagi pembuat game Java 2D, sebab sebagian besar materi saya ambil dari artikel waktu saya belajar bikin Game Java 2D. Mudah kok.

Untuk rubrik web, berkat inspirasi waktu kerja bareng sama tim Mimi Creative, saya nulis tentang beberapa komponen dalam HTML5 yang wajib diketahui oleh web developer saat ini. Mulai dari semantic structure, canvas, dan sebagainya. Cukup menjadi pengetahuan baru bagi yang belum mengenal HTML5 saat ini.

Untuk rubrik Facebok, saya jelaskan secara sederhana bagaimana melakukan Facebook Chat dalam web tanpa membuka halaman Facebook. Yang kedua adalah bagaimana membuka Facebook dengan menggunakan email Yahoo. Semuanya ternyata memanfaatkan fitur Facebook Connect itu.

Untuk rubrik Twitter, ada trik sebuah aplikasi web untuk membuat resume diri (CV) singkat yang mana bisa disebarkan melalui Tweet. Sedangkan judul kedua adalah aplikasi useless yang secara iseng diciptakan untuk menghitung waktu yang terbuang untuk nge-Tweet.

Di rubrik yang baru, aktual patch, saya mesti nunggu dari editor tentang daftar patch apa saja yang akan direview. Empat halaman sebelumnya sudah saya kirim jauh-jauh hari demi ketenangan batin, tapi saya mesti nunggu daftar ini, yang secara rutin sebenernya dikirim ketika CD bonus akan dicetak. Baru selesai hari ini dan langsung saya kirim, saya dapat tugas untuk review patch Intel Chipset Utility, Nvidia Forceware, Realtek HD Audio, Ship Simulator Exreme, Skype, dan World Supremacy.

Anyway, saya bikin posting ini bukan untuk menyombongkan diri, tapi salah satunya untuk menceritakan begitu mengasyikkannya dunia tulis-menulis. Seperti halnya membaca membuka jendela dunia, membaca PC Mild juga salah satu cara menambah ilmu. Kalau pun Anda sudah menguasai materi yang ada di tulisan saya sebelumnya, setidaknya akan Anda mengingat kembali yang pernah Anda pelajari. Hehe… Beli PC Mild ya.. 😀

2 Comments

Leave a Comment.