Bocoran PC Mild Edisi 03/2011

Masih lanjut nulis donk…

Naskah PC Mild edisi 03/2011 sudah saya submit seminggu lalu. Di tengah virus malas liburan, anehnya saya malah semakin produktif. Entah kenapa, mungkin salah satunya gara-gara lagi-lagi pindah lokasi kerja di dalam rumah. Yang sebelumnya akuisisi sebagian kamar adik, sekarang pindah ke ruang tamu. Hehe…

Tulisan saya masih berkutat di 5 halaman yang harus saya tulis, di rubrik Programming, Web, Facebook, Twitter, dan Patch. Di rubrik programming masih tentang bahasa pemrograman Java, saya membahas tentang implementasi design pattern Singleton. Saya pikir pengetahuan tentang dasar design pattern diperlukan oleh setiap programmer. Dengan design pattern yang sesuai, efisiensi dan efektifitas kode program juga meningkat.

Rubrik Web saya isi dengan pengenalan Regex pada bahasa pemrograman PHP. Artikel yang lebih lengkap juga saya tuliskan untuk majalah PC Media edisi 04/2011 yang akan terbit bulan Maret 2011 nanti. Regex (regular expression) adalah cara pengenalan pola pada sebuah word/string. Dengan regex, akan mempersingkat perulangan pencarian yang sebenarnya tidak perlu. Salah satu contohnya adalah dalam pencarian pola alamat email yang valid.

Di rubrik tips Facebook, saya membahas tentang 2 topik, yaitu shortcut asli Facebook dan add-on Firefox untuk memperbesar tampilan thumbnail foto menjadi foto aslinya. Siapa sangka kita bisa mempercepat penggunaan Facebook dengan memakai shortcut keyboard yang sebenarnya sudah disediakan. Bagi yang malas melihat langsung foto ukuran asli dari thumbnail, juga bisa memakai add-on tersebut, khusus pengguna Mozilla Firefox.

Sedangkan rubrik tips Twitter, saya membahas tentang bagaimana membuat group dalam twitter dan third-party service untuk notifikasi email bila ada yang unfollow account Anda. Pembuatan group ini sama seperti yang diimplementasikan oleh @infomalang. Sedangkan third-party service untuk notifikasi tersebut akan berjalan secara harian atau sesuai setting yang ditetapkan.

Di rubrik patch, kali ini hanya ada 5 patch yang diulas. Rubrik ini yang ditulis dan dikirim paling akhir karena materi harus menunggu dari redaksi, karena rubrik ini bersifat aktual (up-to-date). Beberapa patch yang saya bahas adalah Foxit Reader, Google SketchUp 8, Need for Speed Hot Pursuit, NVDIA Forceware, dan uTorrent terbaru.

Menarik loh sebenarnya dunia tulis menulis ini. Sembari berbagi ilmu, kita bisa mendapatkan ilmu baru. Saya sendiri gan nyangka kalau ternyata setelah nulis tentang Regex, saya jadi lebih paham tentang Regex itu dari dasarnya juga. Berbagi ilmu gak akan mengurangi ilmu kita kok. Mengajar juga menjadi salah satu cara berbagi ilmu. Memang gaji pengajar saat ini lebih kecil daripada programmer, tapi manfaat yang dihasilkan jauh lebih besar. Dan yang pasti, akan selalu ada ilmu baru yang didapatkan dan bisa dibagi. Senang loh rasanya lihat wajah sumringah orang yang telah kita ajari hal-hal baru. Kepuasan tersendiri untuk saya.

Kebetulan untuk semeter depan ini saya dipercaya juga oleh Ketua Program Studi untuk mengajar salah satu mata kuliah di kampus saya. Padahal saya juga masih belum lulus, masih semester 8. Dosen loh, bukan cuma jadi asisten aja. Tapi ya ngajarnya untuk mahasiswa semester bawahnya donk. Untungnya materi yang akan diajarkan merupakan materi yang setidaknya saya sudah menguasainya.

Beli PC Mild ya, terus bagikan ilmu yang didapatkan ke temen lainnya. Banyak tulisan juga yang lebih advance dari tulisan saya kok. Gak baik kalau pinter dibuat sendiri aja, malah gak barokah. Hehe…

4 Comments

    • kalau yang di tabloid pc mild itu udah ada fixed writernya.. kalau pc media, benernya juga sudah ada sih, tapi coba aja submit ke redaksi. kan di bagian kolom redaksi ada alamat emailnya tuh. siapa tahu masuk.. 🙂

      Reply

Leave a Comment.