Capture Whole Page in Firefox

Sisi lain tantangan sebagai penulis

Tinggal klik di pojok kanan bawah

Penulis bukan selamanya lebih pintar dari pembacanya. Penulis juga manusia, yang masih harus belajar. Makanya kan selalu ada “Daftar Pustaka” di buku-buku itu. Om Google pun masih jadi salah satu sumber penulis. Bedanya, penulis itu suka berbagi tentang apa yang dipelajarinya, seperti yang satu ini.

Karena sekarang lagi aktif sebagai penulis di PC Media dan PC Mild, mau nggak mau saya juga bakal sering bikin capture-an untuk ngisi gambar di artikel. Kalau ukuran capture sebesar layar monitor sih gak masalah pake tool apa aja. Tapi kalau mau capture halaman web yang scroll ke bawah puanjang gitu gimana?

Kalau dulu saya sempet pakai bajakan SnagIt, sekarang karena semakin berusaha ngurangin konsumsi produk bajakan, mencari alternatif lain. Tentunya alternatif yang harus bisa jalan baik di Windows ataupun Linux. Kalau nyari software biasa yang mesti diinstall, jelas mesti nyari yang multiplatform. Itu lumayan susah. Untung ketemu alternatifnya.

Buat yang mau capture full page website, bisa pakai add-on ini untuk mozilla firefox. Nggak tahu juga untuk browser lainnya gimana. Nama add-on nya adalah Screen Capture Elite.

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/66589/

Hasilnya bisa disimpan dalam format jpeg atau png. Simple kan? Gak perlu install software tambahan, tinggal klik icon di pojok kanan bawah si Rubah Api, udah bisa langsung capture seluruh halaman.

Ini hasil capture homepage blog saya yang ternyata panjang banget dan sebenernya nggak penting dipajang di sini. Hehe…

Hasil capture

Selamat mencoba.

Leave a Comment.