Jangan Pakai HP Sambil Nyetir

Hasil kopdar Sabtu malam di Eny Bucks

Bloggerngalam emang gak ada matinya. Meskipun ituh blog komunitas udah jarang diapdet, tapi orang-orangnya masih up-to-date. Kebetulan ada gawe buat kampanya jangan pakai HP sambil nyetir, dengan bermodal stiker. Yup, multitasking sambil berkendaraan itu berbahaya. Bukan hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi orang lain.

Skrinsut kopdar ada di sini. Semoga bisa dibuka meski belum jadi fans.

Nah, alasan kenapa kok pakai kampanye ini segala, ini nih yang ditulis si penggagas, Aryo Sanjaya di milis bloggerngalam:

- Keponakan pak RT sini meninggal karena kecelakaan bareng pengendara motor yang sambil menggunakan hp.

- Tetangga temanku yang di Lamongan, meninggal tertabrak truk karena dia naik motor sambil menggunakan hp.

- Beberapa kali (2-3 kali) kecelakaan di depan rumah sini, gara-gara melewati _polisi tidur_ sambil menggunakan hp.

Bagi yang kecelakaan sendiri gara-gara kesalahan sendiri, mungkin kita bisa bilang sokor. yang kasihan adalah yang sudah hati-hati tapi terkena imbas dari kegoblokan pengendara lain.
Namun tetap saja, meskipun kecelakaan akibat kelalaian sendiri, manusianya tetap manusia yang harus kita bela.

Sebelum membuat stiker ini aku sudah sering menegur pengendara motor/mobil yang sambil menggunakan hp, seseram apapun tampangnya (sebab tidak mengalahkan keseraman tampangku).

Setauku jalan Karya Timur dan Sumbersari adalah area terbanyak dihuni oleh mahluk yang demikian ini.

Suatu ketika di Sumbersari, ada om-om yang naik motor sambil satu tangannya memainkan hp, dengan sesekali melihat ke layar hp. Aku dekati di sebelah dia, dan dengan sedikit auman si Tiger dia menoleh ke arahku. Harusnya dia sadar bahwa itu suatu teguran.

Namun nampaknya dia tidak senang, dan dengan tangan satu masih memegang hp, dia mempercepat laju motor bebeknya, yang dengan mudah dijejeri terus oleh Tiger.

Dia semakin mempercepat motornya. Lha ndilalah, dari arah depan ada mobil Espass yang berbelok menyeberang jalan. Mudah ditebak, dia kelabakan karena satu tangannya masih memegang hp. Akhirnya… brakkk.

Ndelosor, hp-nya mencelat.

Dia bangun sendiri, tak ada yang menolong, kecuali tukang parkir yang mendekat tapi dia sudah keburu berdiri, memungut hp, dan gas pol lagi setelah memasukkan hp ke saku jaketnya.

Demikian, ngeblog di milis, secara ini milis blogger.

*ngeblog hal jahat*

Kemarin juga katanya tukang syomay yang lewat depan rumah saya, di depan Dome UMM ada kecelakaan. Kronologisnya, seorang cowok naek sepeda motor jupiter, sepertinya dari ATM, mau nyeberang jalan. BODOHNYA, dia pegang hape (gak ngerti mainan atau apa) di tangan kirinya, sambil nyetir. Waktu nyebrang sampe tengah, dia coba hindari mobil dari arah yang mau dia tuju. Katanya sih mobilnya jalan pelan aja. Eh, karena lagi pegang hape, si dia oleng ke lajur kanan. Dari arah berlawanan itu, ada mobil box jalan banter, otomatis dah ketabrak. Kabarnya sih langsung meninggal di tempat…

Beberapa post teman-teman di blognya masing-masing:

Note: temen yang belum masuk, PM saya atau ninggal komen kalau mau dimasukin di sini.

Pak Ketua pun juga mengeluarkan fatwa sebagai berikut:

—–

FATWA:

Mengingat:

Keselematan jiwa merupakan sesuatu yang vital

Menimbang:

  1. Banyak mudharat (efek buruk) daripada manfaat berkendara / menyetir dengan multitasking menggunakan handphone
  2. Telah dibuat sticker kampanye anti multitasking memakai handphone saat berkendara

Memfatwakan:

  1. Memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang bahaya menggunakan hp saat berkendara adalah WAJIB bagi seluruh member Bloggerngalam.
  2. Menganjurkan agar aksi dan kampanye ini dimulai dengan memosting foto, artikel, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan stiker tersebut.
  3. Hal-hal yang belum tercantum, ditentukan kemudian hari.

Malang, 25 Januari 2011

Ttd
Sam Ardi

—–

Dan saya, karena belum punya sepeda motor sendiri, pasang stiker di sepeda motor punya adek. Nih skrinsutnya.

Skrinsutnya nih

Nah, buat yang lain, yuk ikutan kampanye program ini. Demi keselamatan semuanya di jalan. Yang mau stikernya bisa menghubungi saya atau langsung ke bloggerngalam. Yang mau ikutan komunitas bloggerngalam juga monggo, terutama yang cewek-cewek. Mosok lontong tok rek… Haha…

11 Comments

  1. “Yang mau ikutan komunitas bloggerngalam juga monggo, terutama yang cewek-cewek. Mosok lontong tok rek… Haha…”

    Yo justru karna isine lontong tok iku malih isin arep melok…hahahah

    Reply

Leave a Comment.