Penipuan Online Shop

Murah sih murah, tapi…

Gaya belanja saat ini

Disclaimer : Post ini bukan untuk mencemarkan nama baik online shop tertentu, tapi hanya untuk meningkatkan kesadaran bagi konsumen online shop. Mengingat banyaknya kasus penipuan terjadi, alangkah baiknya semua sadar bagaimana cara mencegahnya. Online shop yang ada di post ini semata-mata hanya sebagai contoh kasus karena saya Googling kasus yang terjadi. Kalau memang bukan seperti itu kejadiannya, silahkan konfirmasi ke pembuat konten yang berhasil saya Googling.

Barusan tergiur lihat tag foto di FB temen, tulisannya HTC Desire Z 2,4 juta. Yang nge-tag sih nama FB-nya Agus Shop. Iseng-iseng lagi lumayan nganggur, saya coba add FB-nya, terus saya buka-buka foto lapaknya. Wuih, barangnya emang murah-murah. Dari iPhone 4 yang cuma 2,5 juta, galaxy Tab yang cuma 2,8 juta, sama desire Z yang cuma 2,4 juta. Tertarik sih, banget. Apalagi ngelihat murahnya itu.

Murah emang murah, tapi gak logis. Bayangin aja, yang harusnya harga di atas 5,5 juta, bisa jadi 2,4 juta. Meskipun gak lewat bea cukai, masa sih bisa sampe setengah harga gitu? Lagian gak pakai bea cukai kok berani bilang garansi resmi Indonesia. Sebuah keanehan yang patut dicurigai. Level 1.

Mumpung si pemilik account-nya lagi online, saya ajak chat deh. Berlagak punya toko HP, saya bilang pingin pesen banyak. Ternyata pinter juga ya, ujung-ujungnya saya disuruh langsung aja ke tokonya. Saya juga ngecek nomer resi yang dia tampilin di profilnya. Anehnya, sebagian besar pengirim no resi tersebut berasal dari Jakarta, dan ada juga pengirim dari kota lainnya. Padahal jelas-jelas online shop itu nampangin alamat Batam di profil FB-nya. Mungkin dia pasang Batam gitu karena image Batam sebagai pintu masuk barang import. Waktu saya tanya kenapa, dia bilang “kan pembelinya dari berbagai daerah”. Kecurigaan meningkat nih. Level 2.

Buat para konsumen Online Shop, salah satu cara untuk mengecek keaslian si penjual adalah melihat halaman testimoni dia. Kalaupun nggak punya web online shop tersendiri atau di lewat FB, coba aja cek wall-nya. Nah yang satu ini, saya cek kok wall-nya gak aktif. Waktu saya tanya apa ada page testimonial, di kaskus kek, atau di mana gitu, dia bilang gak ada. Kalau dia online shop yang baik dan dipercaya pembelinya, pasti berani masang testimonial page dan isinya pasti bagus-bagus. Saya pikir ini bener-bener aneh. Level 3.

Memang sih, saya disuruh untuk sms langsung atau call langsung nomer yang tertera di profil FB-nya situ. Tapi, perlu diketahui juga kalau nomer HP atau email sekarang itu gak bisa dijadikan jaminan. Lha kan dia bisa gonta-ganti nomer sesuka dia. Apalagi email, gak perlu bayar udah dapat alamat email gratis. Tapi juga alangkah baiknya ngecek HP dengan cara nelpon, meski dilihat testimonial page-nya udah keisi banyak. Setidaknya bisa ada bukti di operator seluler kalo pernah nelpon ke situ, nanti kan bisa ditrace sebagai bukti kalau-kalau emang penipuan. Anehnya, dia gak nampilin alamat email FB dia di halam profil. Curiga lagi deh. Level 4.

Nah, cara berikutnya adalah Googling. Sekarang jamannya social networking dan search engine. Nyari nama orang aja udah bisa ketemu, asalkan orang itu sering aktif di Internet. Apalagi urusan online shop yang melibatkan banyak konsumen. Saya coba cari tuh, langsung di page 1 nemu testimoni salah satu korban.

Beberapa referensi yang saya temukan:

Yup, kecurigaan meningkat lagi. Level 5.

Udah deh, semakin pinternya para netters, ntar lama-lama pasti ketahuan kok. Nomer HP aja bisa di-trace di BTS mana ke arah mana (katanya si Yaniko sih). Lagian hacker aja kadang-kadang masih meninggalkan jejak kok kalo lagi infiltrasi. Eh situ, kok berani-beraninya manfaatin teknologi untuk hal yang gak bener. Dijamin deh, apa yang situ makan gak bakal barokah dengan harta haram itu. Apapun agama situ, gak mungkin dibenarkan penipuan semacam ini.

Semakin banyaknya pelapor nanti, pasti polisi turun tangan. Kalau udah ketangkep, selesai lah sudah nasib situ jadi tahanan. Semoga cepet sadar deh, dan segera ke jalan yang lurus. Kalau saya sih, berbuat kayak gitu pasti hidup saya gak tenang. Wong bohong sedikit aja udah bikin kepikiran berhari-hari jadi gak tenang, apalagi sampe penipuan urusan duit. Bisa gak tidur ntar.

Saran saya buat pembeli, sebelum beli barang via online shop, cari-cari informasi yang jelas dulu deh. Kalau bisa lokasi online shop jangan terlalu jauh supaya bisa disamperin. Bisa juga cek di Group FB untuk tempat diskusi scam semacam ini. Buat yang udah tertipu, bisa juga lapor ke Polisi. Semoga dengan post ini, meningkatkan kesadaran teman-teman ya.

Nah, karena udah selesai nulis post ini, remove friend FB dulu ah. Daripada menuh-menuhin daftar friend dengan 1 online shop gak jelas gitu. Mau niat bikin online shop asli? Mending order ke saya aja, saya buatin deh yang ada testimonial page-nya juga. Kalau di FB itu sih online shop KW2. Harga bersaing kok, dengan kualitas manteb. Hehe…

Disclaimer (lagi) : Buat si pemilik online shop yang bersangkutan, kalau mau protes terhadap post ini, silahkan konfirmasi terlebih dahulu ke orang yang sudah merasa tertipu. Setelah itu, harap pasang testimonial page sebagai salah satu cara pembuktian keaslian online shop situ. Saya hanya bertindak sebagai pihak ketiga yang tidak ingin ada orang lain yang tertipu lagi.

Sumber gambar: http://www.oshoppingdirectory.com/wp-content/uploads/online_shopping.jpg

30 Comments

  1. Kena deh !
    Saya korban penipuan dari Online shop yang beralamat http://www.sinarharapanelektronik.webs.com/
    dengan nomor telepon = 085219025557 mengaku nama Widodo
    dengan nomor rekening BRI 094401003368500 dengan nama Didi Riyadi. Senilai Rp 1.300.000,- untuk pembelian Blackberry Gemini 8520.
    Terjadi pada tanggal 26-08-2011. Penipu meminta kami mentransfer uang, setelah uang di transfer, barang akan segera dikirim melalu TIKI JNE. Ternyata setelah di telepon, orang nya meminta diisi pulsa 50rbu lalu akan segera dikirim barangnya. Saat kita meminta nomor bukti pengiriman, orang nya beralasan terkirim 2 Blackberry dan meminta kami menambahkan uang lagi, tapi kami tolak.
    HATI-HATI KENA TIPU

    Source: Daftar Online Shop Penipu di Facebook | BerryIndo.com http://www.berryindo.com/daftar-online-shop-penipu-di-facebook/#ixzz1VZb5ODY9
    Copyright: http://www.BerryIndo.com

    Reply
    • wah, sayang sekali.. memang ada harga ada barang kok. bener2 terlalu gak wajar harga dari online shop penipu itu. sebarin deh kira2 apa lagi yg ketauan penipuan..

      Reply
  2. aku jga kena tipu ni,di http://www.dutaonlineshope.com,gw kna 2.257 ribu,buat bli nokia e5,duit da ditransfer, eee dia minta lgi, ktanya buat bikin kartu kredit id,dananya akan dikembalikan setengah jam stelah sya transfer, trus gw tunggu stengah jam,,ee ktanya gga bisa hari ini,bsok baru bisa,gw tunngu besoknya,trus gw telpon, ee dananya mo dikirim bersama barang pesananya,skitar jam 1 siang dia kasih kabar;barang bapak sudah di tangani pihak bea dan cukai,truus sya di suruh menghubungi pak surya siregar, ktanya dia petugas bea dan cukai bandara sukarno hata, trus sya hubungi pak surya siregar,trus dia bilang begini, apa bapak sudah tau klo barang ini bm,trus sya jwab saya bli barang ini garansi resmi dan bukan brang bm.trus sya hubungi dri pihak duta onlineshope,trus gwa tanya,ee stu bohongin gwa ya,trus dia jwab,nggak pak brang bpak sudah sya kirim dan skrang sudah di tangani oleh pak surya siregar.truss aku nanya berapa nomor resinya,krim via apa?eee dia jwabnya ya sudah klo bapak tidak percaya,yg penting brang bpk sudah sya kirim,.daasaar penipu.skrang stusnya da ga bisa di temukan,di tutup kli ma dia,eee mas haqqi ganteng jga ya bleh dong knalan

    Reply
    • hooo.. sayang sekali sampai tertipu. turut berduka cita. yang seperti itu memang harus diberantas, biar gak ada korban berikutnya.
      saya ganteng? alhamdulillah.. kenalan boleh aja, asal gak kebablasan. hehe…

      Reply
  3. saya juga kemarin tertipu hbs 2.750.000 jg oleh http://www.mumuku-miabi.blogspot.com & http://www.mzaiduta.com ! Awalnya manies menjanjikan barang lgs dikirim setelah di transfer tapi nyatanya setelah di transfer dia memberikan no resi yg salah dan di tlp tidak Di angkat2 !!!alasan segudang blognya masih di pampang jelas dengan no hpnya 081256372980
    namanya musa i
    no. rek BRI 7114-01-001037-50-7
    Lokasi Jl. Kesatriaan gg. sutoyo singkawang-pontianak, emailnya: musaraja45@yahoo.co.id
    Mohon bantuan pihak berwajib utk mengusut kasus penipuan.
    Kami berharap pihak polisi sgera bertindak dan menerima laporan serta mengusut kasus tsb sehingga tdk ada korban selanjutnya.
    Terima kasih.
    Wassalamualaikum.

    Reply
    • APA APAIN INI PENCEMARAN NAMA BAIK….KALAU YANG PERCAYA SILAHKAN..SEMOGA YANG MENULIS STATUS INI DAPAT BALASAN YANG SETIMPAL…KALAU TAKUT TERSAINGI BILANG JANGAN MAEN BELAKANG GINI

      ADD PIN GW DI 30F801FD BAGI YANG MAU TW JELAS NYA…

      NGGX GENTLE YANG NULIS STATUS INI

      Reply
      • sebelumnya, yang mana pencemaran nama baik? dan lagi, apa Anda tahu etika untuk menulis yang sebaiknya jangan menggunakan huruf kapital seluruhnya? dan mohon perhatikan kata-kata Anda seperti jangan takut tersaingi atau apa. terakhir, ini bukan status bung, ini itu blog.. 😀

        Reply
    • wah, kurang tahu ya.. tapi coba cek kalau harganya kelewat murah, biasanya sih penipuan. cek apa dia sudah punya website apa nggak. cek kualitas websitenya apa profesional atau nggak. ada banyak pertimbangan sih untuk menentukan apakah sebuah online shop itu asli atau palsu.

      Reply
    • sekilas pandangan saya, sepertinya itu palsu bro. kenapa? karena tidak membuka ruang untuk komentar atau post testimoni di wall-nya. berarti toko itu kurang terbuka. silahkan kalau mau ditelusuri lebih lanjut.. 🙂

      Reply
  4. klo liat dari testimoni begini asli ap palsu ya onlineshopnya http://www.facebook.com/lase.loppo?sk=wall
    tapi di web ini http://www.hendiburahman.web.id/2011/07/penipu-online-berkeliaran-penipu-jual.html disebutkan klo Rezky Abadi Cell http://www.facebook.com/lase.loppo?sk=wall penipu..
    sedangkan yg diliat oleh org yg pnya web ini sehingga bisa bilang penipu adalah di http://www.facebook.com/profile.php?id=1693132623&sk=wall..
    yg bener yg mana ini ya…!!
    salah posting ato gmn ya..
    mohon sarannya,makasihh..!!

    Reply
  5. penjual mengaku bernama AHMAD MAULUDIN no HP 085778951236
    mengaku dar Bali dg nomor rekeni9ng bank Mandiri 139-00-1190273-5
    tgl 18/09/2012 say transfer untuk DP iPhone 4G 32gb sejumlah 1.500.000. namun sampai sekarang tidak memberikan omor res pengiriman barang dan barang belum samapai d tangan saya.

    Reply
  6. Anne tambahin jga nie daftar penipu “www.toko-celular.blogspot.com”
    Nie no sie penipu 0823-2221-3747
    Nomrek BRI sie penipu 731401001875503 ats nama Dela Adisti
    semoga informasi ini bermanfaat 😀

    Reply
  7. Mau kasih tambahan yg udh nipu juga.
    Nama OS : A’T ALL TYPE GADGET
    PIN BB : 2886049A
    Rekening : BCA 2721527893
    BNI 025742634
    Pemilik rekening : SAFIRA PUTRI
    Domisili : JAKARTA
    NO HP : 081289844443

    Order barang senilai 1.445jt. Barang tidak ada. Alasan dia, dia juga ditipu oleh suppliernya. Minta uang dikembalikan, bilangnya mau dicicil. Karena diancam akan dilaporkan, baru melakukan pembayaran sejumlah 600rb. Begitu mau ditagih lagi, HP sudah tdk aktif. Dan BB statusnya di jual ke org laen. Tolong bantuan disebarkan biar sampai ke orgnya atau keluarganya. Kalau memang niat mau tggjwb, harusnya TIDAK PERLU KABUR.

    Demikian, terima kasih. Kalau ada yg tau info org tersebut, tolong hubungi saya di nomor 082218902712.

    Reply
  8. Mw tanya ini penipuan apa tidak dan ada yang pernah transaksi d bawah ini ? Tlg info balik…nama toko diploma shoping-batam.tks
    1. JAMINAN GARANSI:
    Kami memberikan jaminan garansi
    untuk semua produk yang dijual.
    Yakinlah semua produk yang anda beli
    dilengkapi dengan Sticker / Kartu Tanda
    2. PEMILIK & PENANGGUNG JAWAB
    NAMA : RICO
    SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) :
    NOMOR : 2547008783.8797/VII/2013
    SIUP DI ATAS TERDAFTAR DI BATAM UNTUK  BERDAGANG SECARA RESMI DAN MENHINDARI HAL-HAL YANG TIDAK DI INGINKAN BERSAMA.

    KETENTUAN:
    ==========
    1.untuk yg anda berada di luar kota batam, pembayaran bisa dilakukan melalui jasa perbankan,
    setelah sudah di transfer,mohon konfirmasi kepada kami
    setelah itu barang akan kami kirimkan kepada anda
    via TIKI/JNE/FedEx
    2.kami akan mengirimkan nomor resi pengiriman ke pembeli
    sebagai bukti pengiriman,

    Bagi pembeli yg booking harus dgn DP 50% sebagai tanda keseriusan, karna sudah banyak kasus yg mengatakan booking tapi pada akhirnya nggak jadi, akhirnya kami yg dirugikan, BARANG NGGAK SELALU READY STOCK untuk semua item..
    * kalau anda Tidak Puas Barang Bisa di Kembalikan & Uang Kembali 100% Tanpa Potongan…

    NO.HP TOKO ONLINE 24JAM
    ¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯
    – Call/SMS ✆/✉ : 085395820666
    – atau chat Via BBM pin: 2B6DEE1C

    ¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯
    ✈✈ Ongkos Kirim Kami Tanggung ✈✈
    Kepuasan anda suatu ke banggaan kami,terima kasih atas kerja samanya

    Panbil Mall Lt2 Uniit 1-2,Jl,Jend.A.Yani Muka Kuning

    Batam 29433, Kepulauan Riau
    Indonesia

    ☞ Surat Izin Usaha Penjualan(SIUP) Dari DEPKOMINFO Dengan Nomor 504257989.2545/VII/2013.

    •-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶

    Reply
  9. Sorry gan agak melenceng,saya orang batam sendiri tidak tau kalo ada hp Original dgn harga segitu dibatam.Tp klo yg kw emank banyk.heee.hee.hee
    Sekedar promosi.yang suka fashion baik pria-maupun wanita kunjungi web diatas ya.sekedar liat-liat dulu.Nama toko yani onlineshop
    Alamat pengiriman Batam
    Saya tidak punya web pribadi.tp saya memasang toko saya dibeberapa web toko online yg terpercaya di indonesia.seprti Tokopedia,buka lapak.dan elevenia
    Saya baru memulai usaha ini,tp jangan khawatir.karena produk kta original dgn jaminan uang kembali.
    Mampir eaa…

    Reply
  10. maaf mas mau numpang tanya,,
    saya berencana mau beli hp dr online shop di fb dengan nama safina e-corner
    apakah itu bisa dipercaya atau tidak ya??

    atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Reply
  11. Hati hati belanja d cv planet.saya baru kena tipu disuruh tf untuk pembelianx malah dikasi resi palsu trus d tanya kembali sa malah d sruh tf lagi trus kalau saya mau ngebatalin belanja sa harus masuk k atm n lakukan instruksi dari dia n nanya trus soal info saldo saya trus kalau g diberitahu sa d suruh nuntut di bank pokokx orngx sudah ngomongx kelebihan m n kekurangan g juga tidak mengerti istilah perbankan malah bicara sok tinggi..kalau berhubungan ama cv planet dan disuruh tf atas nama adi saliman jangan mau itu modus..

    Reply

Leave a Comment.