Bocoran PC Mild Edisi 04/2011

Sedikit telat update nih, kelupaan..

Okay, naskah PC Mild untuk edisi 04/2011 sudah saya submit, sekitar seminggu yang lalu. Lebih malahan. Ini saya lakukan karena saya akan off selama kurang lebih 2 minggu mulai tanggal 15 Februari ini sampai 1 Maret nanti. Jadi sebenarnya sekarang pun saya sudah submit naskah untuk edisi 05/2011 meski deadline-nya masih minggu depan.

Beberapa waktu sebelumnya, editor saya menanyakan ke saya apa ada teman yang bisa nulis, soalnya butuh lagi satu halaman untuk rubrik aktual game. Wah, sebenernya sih saya mau-mau aja ngambil itu, tapi daripada nanti jenuh dengan kebanyakan naskah, saya ikuti permintaannya aja, nyari temen yang mau nulis. Lihat friend FB yang lagi OL, akhirnya tawaran jatuh ke Yayak (congrats).

Sementara saya, tetep dengan 5 halaman rubrik Programming, Web, Facebook, Twitter, dan Patch. Di rubrik programming, saya masih melanjutkan dengan topik design pattern. Kali ini yang saya bahas adalah Factory pattern. Cukup sederhana dan mudah dimengerti, Factory pattern juga akan bermanfaat untuk pembuatan object dengan konfigurasi tertentu.

Rubrik web saya isi dengan tutorial penggunaan jQuery plugin ColorBox untuk pembuatan kotak dialog. Awalnya saya bingung untuk memilih ColorBox ini atau NyroModal untuk dijadikan tutorial. Tapi karena cuma dikasih jatah satu halaman, cari yang simpel aja, jadinya ya ColorBox.

Di rubrik Facebook, saya membahas 2 trik. Yang pertama adalah bagaimana untuk appear offline kepada teman tertentu saja. Kalau appear offline ke seluruhnya kan juga gak bisa ngelihat siapa yang sedang online. Sedangkan dengan trik ini, para pengganggu chat yang tidak diinginkan bisa dibuat tidak dapat melihat kalau kita sedang online (kita juga tidak bisa melihatnya online atau tidak). Yang kedua adalah tentang bagaimana membuat log untuk Facebook chat. Facebook chat tidak dibuat dengan mekanisme menyimpan data seluruh chat. Akibatnya, kita tidak bisa melihat apa yang pernah kita obrolkan. Dengan sedikit trik ini, log chat Facebook akan tersimpan secara lokal dengan password untuk mengamankannya.

Di rubrik twitter, saya membahas tentang client untuk Android yang saya pakai, yaitu Plume. Plume ini nama awalnya adalah Touiteur, ejaan bahasa Perancis untuk Twitter. Nah, saya sendiri merasa cukup nyaman menggunakan client ini dibandingkan yang lainnya. Topik kedua yang saya bahas adalah addon Firefox untuk menambah fungsionalitas halaman Twitter.com, yaitu PowerTwitter. Dengan menggunakan addon ini, tidak perlu memakai client lain pengguna sudah bisa mengupload gambar lewat halaman Twitter.com, dan mendapat berbagai kemudahan lainnya.

Di rubrik patch, saya menulis 5 review patch yaitu ArcaniA Gothic 4 – Patch 3, Google Chrome 9.0.597.84, LibreOffice 3.3 Final, Opera 11.01 Build 1190 Final, dan The Sims 3 Late Night v6.1.11 to 6.2.4 Patch. Tidak ada yang terlalu istimewa di rubrik ini sih, tapi dengan menulis rubrik ini, saya mau nggak mau jadi terus selalu update terhadap software di komputer saya. Hehe…

Rubrik game yang digarap teman saya membahas 5 game, yaitu Dead Space 2, Magicka, Zeit Squared, Majesty 2 : Monster Kingdom, dan Monday Night Combat. Sekilas saya lihat screenshot yang dimasukkan sama teman saya. Sepertinya yang menarik untuk saya coba adalah Magicka, khusus untuk penggemar game RPG semacam Diablo. Hehe…

Alhamdulillah, dengan menulis ini jadi bisa berbagi job juga ke teman. Semoga aja nanti ada tawaran rubrik lain, jadinya bisa saya salurkan ke yang lainnya juga. Mau? Hehe…

Beli PC Mild ya, terus bagikan ilmu yang didapatkan ke temen lainnya. Banyak tulisan juga yang lebih advance dari tulisan saya kok. Gak baik kalau pinter dibuat sendiri aja, malah gak barokah. Hehe…