Bocoran PC Mild Edisi 05/2011

Bukan bocoran lagi, wong udah turun cetak..

Haha, telat banget ya bocorannya. Harusnya ini saya publish pas deadline tanggal 19 Februari 2011 kemarin. Tapi karena pas waktu deadline edisi ini saya lagi Work Camp di Semarang, jadinya gak sempat nulis blog post-nya. Tapi sebenarnya naskah sudah saya kirim sejak tanggal 15 Februari 2011, pas sebelum saya berangkat Camp. Alhamdulillah saya masih tetap dapat jatah 6 halaman, yang satu halamannya (rubrik game) saya percayakan ke teman saya.

Rubrik Programming masih melanjutkan tentang design pattern lainnya, yaitu Decorator Pattern. Ide dari decorator adalah seperti namanya, memberikan dekorasi (menambah fungsionalitas) suatu class tanpa mengubah struktur class tersebut. Pemanfaatan decorator bisa berbagai macam, seperti menambah method, atau sekedar mengubah format nilai kembali dari sebuah fungsi. Tapi meskipun menggunakan paradigma OOP, konsep ini berbeda dengan menurunkan class yang ingin diubah fungsionalitasnya.

Rubrik Web saya isi dengan tutorial membuat notifikasi menggunakan plugin jNotify untuk jQuery. Cukup mudah dan bermanfaat, serta ringan karena kode-nya sederhana. Sayangnya belum tersedia versi minified untuk production. Dengan jNotify, Anda bisa membuat 3 jenis notifikasi singkat yaitu informasi, sukses, dan error. Berbeda dengan notifikasi biasa, jNotify menampilkan notifikasi secara overlay, yaitu di layer paling atas dengan durasi untuk sementara waktu saja.

Kedua trik pada rubrik Twitter adalah tentang bagaimana melakukan Tweet dengan panjang lebih dari 140 karakter. Cara pertama yang digunakan adalah dengan menggunakan servis Twishort. Konsepnya adalah membuat sebuah tempat penyimpanan tersendiri bagi tweet yang terlalu panjang tersebut. Tweet tersebut dipotong sampai kurang dari 140 karakter, kemudian ditambahkan link untuk menuju link penyimpanan tweet aslinya. Jadi, pada timeline Twitter yang sebenarnya, follower Anda hanya akan melihat bagian awal tweet. Untuk melihat tweet sepenuhnya, harus membuka link yang disediakan. Sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan TallTweets. Cara ini saya rasa lebih ramah bandwidth karena tidak perlu membuka halaman lain. Tweet yang panjang akan dipotong menjadi beberapa tweet dan dipost secara terbalik agar mudah dibaca.

Di rubrik Facebook, saya tetap membahas 2 trik. Yang pertama adalah tentang bagaimana cara untuk mengetahui apakah orang lain mencoba menggunakan akun Facebook Anda. Sebenarnya ini hanya memanfaatkan fitur security Facebook yang jarang diobok-obok oleh pengguna. Pengguna bisa tahu browser dan IP apa saja yang mengakses akun Facebook-nya. Trik kedua adalah bagaimana cara meng-import seluruh email teman Facebook ke kontak Yahoo mail. Sebenarnya fitur ini cukup berbahaya sih, karena dapat menjadi salah satu cara generate target spam.

Untuk rubrik patch, karena harus menunggu list patch yang harus direview yang baru bisa diketahui lewat email tanggal 21-nya, saya minta bantuan teman saya Ari untuk backing saya. Soalnya di lokasi Camp benar-benar nggak memungkinkan untuk nulis artikel. Toh, kemampuannya sudah teruji sebagai penulis rubrik Hardware. Jadi, saya percaya saja. Hehe… Ada 5 patch software yang di-review, yaitu AMD Catalyst 11.2, Java Runtime Environment 6.24, Silverlight 4.0.60129.0, StarCraft II Wings of Liberty v1.2.1 US Patch, dan X3 Terran Conflict v3.0 to v3.1 Patch.

Di rubrik Aktual Game, teman saya membahas tentang 5 game. Dungeons yang merupakan kelanjutan dari Dungeon Keeper, Two Worlds II, Test Drive Unlimited 2, You Don’t Know Jack (2011), dan Who’s That Flying?!. Saya sebenarnya pingin nyoba game-game itu, tapi apa daya laptop sedang diservis dan lagi overload kerjaan sama tugas kuliah. Fyuh…

Untunglah semua bisa terselesaikan dengan baik. Yang jadi masalah sekarang adalah untuk edisi 06/2011 nih, saya mesti ngebut dalam waktu dekat karena deadline sudah mepet sepulang dari Camp. Belum lagi artikel PC Media dan cicilan skripsi saya. Fyuh, semoga bisa terlaksana semuanya dengan luar biasa baik. Amiiin…

Leave a Comment.