Bocoran PC Mild Edisi 06/2011

Ini sih, malah udah terbit tabloidnya.. haha..

Skripsi, project, camp, artikel, dan sebagainya. Benar-benar menghabiskan waktu luang saya. Alhasil jadi jarang update blog dengan konten berisi. Bocoran PC Mild edisi 06/2011 ini pun telat banget, malah mungkin tabloidnya udah terbit. Tapi gak papa deh, daripada kepotong tanpa bocoran edisi ini, ntar gak afdol. Hehe..

Masih belum ada tambahan rubrik lagi buat saya. Mungkin editornya udah mikir kalo saya udah kebanyakan rubrik. Hehe.. Jadi tetep rubrik Programming, Web, Facebook, Twitter, Patch, dan Game. Kalo nggak salah edisi 06/2011 ini kerjanya waktu balik dari Semarang, pas beberapa hari sebelum deadline. Sedikit lewat dari deadline yang seharusnya sih, tapi untunglah masih bisa ditolerir.

Di rubrik programming, saya masih melanjutkan tentang design pattern untuk Java. Yang saya bahas adalah Observer Pattern. Seperti namanya, pattern ini memungkinkan suatu object untuk menjadi pengawas, dan object lain yang mengawasi. Tetapi bukan pengawasnya yang pooling apakah terjadi perubahan di object yang diawasi, melainkan object yang diawasi memberikan notifikasi ke pengawas kalau ada yang berubah.

Di rubrik web, saya membahas tentang 6 fungsi di PHP yang jarang diketahui oleh programmer awam, tapi sebetulnya sangat berguna. Fungsi-fungsi tersebut adalah func_get_args(), glob(), serialize() dan unserialize(), termasuk json_encode() dan json_decode(), gzcompress() dan gzuncompress(), register_shutdown_function(), dan uniqid(). Mau tahu gunanya? RTFM! Read the Fuc*ing Manual. Kalo gak gitu ya, beli tabloidnya. Hehe..

Untuk rubrik Facebook, saya menemukan aplikasi menarik yang bisa digunakan untuk melihat peta persebaran teman. Cukup dengan login Facebook Connect, lokasi teman otomatis dicari dan digambarkan dalam peta. Jadinya bisa tahu siapa saja yang di kota A, siapa saja yang di negara B. Artikel pasangannya saya buat tentang salah satu management privasi Facebook, yaitu pengaturan penampilan alamat email pada halaman info profile Anda.

Rubrik Twitter juga masih dengan 2 judul setiap edisinya. Kali ini saya mengupas trik bagaimana cara memiliki banyak akun Twitter dengan hanya satu email. Artikel kedua adalah tentang pemakaian aplikasi untuk mengetahui apakah follower atau following Anda adalah spammer atau bukan. Awalnya saya mau bahas tentang @begobet, tapi sama editor ditolak karena lebih ke arah promosi. Ya sudah, saya ganti deh. Editor berkuasa kalau ini. Hehe..

List rubrik patch yang harus saya kerjakan adalah Cities in Motion v1.0.12 Patch, Firefox 3.6.15, Intel Chipset Software Installation Utility 9.2.0.1025, iTunes 10.2, Realtek High Definition Audio 2.58 Vista. Juru ketik sudah kembali ke saya lagi, setelah di edisi sebelumnya saya minta tolong Ari Widianto, teman saya yang sekaligus penulis rubrik hardware.

Teman saya masih meng-handle rubrik Game ini. Ada 5 game yang dibahas, yaitu Warhammer 40k: Dawn of War 2 – Retribution, Bulletstorm, Gemini Rue, Cities in Motion, dan Gray Matter. Fyuh, ngelihat tulisan teman saya ini, cukup membuat saya kepingin main game. Tapi, skripsi oh skripsi.. Haha..

Leave a Comment.