Bocoran PC Mild Edisi 09/2011

Eh, sedikit telat.. hehe..

Seperti biasa, setiap 2 minggu saya selalu berkutat di depan laptop untuk menyelesaikan naskah PC Mild. Dan seperti biasa juga, setelah saya menyelesaikan naskah edisi tersebut, saya selalu ngasih bocoran apa saja topik yang saya kerjakan yang nantinya akan dicetak.

Fyuh, di tengah semakin mendekatnya deadline skripsi, saya masih sempat loh ngetik ini. Disempat-sempatin sih, daripada nanti telat ngasih bocoran, dan jadi gak konsisten postingnya. Hehe..

Alhamdulillah, di edisi ini saya dipercaya sama editor buat handle beberapa halaman lagi. Nggak tanggung-tanggung, langsung 5 halaman ditambahkan ke saya. Di edisi kemarin, saya cuma ngerjakan 6 halaman. Dengan ditambahnya 5 halaman ini, berarti saya handle 11 halaman. Ya, handle. Bukan berarti yang nulis naskah itu sepenuhnya.

Seluruh rubrik yang saya tulis sebelumnya, tetap saya yang nulis. Rubrik programming, kali ini sudah keluar dari topik design pattern. Saya membahas tentang Regex pada bahasa pemrograman Java. Saya juga baru tahu loh, kalau regex di bahasa Java itu behaviour-nya berbeda dengan Regex pada PHP. Mau tahu? Beli dan baca donk edisi ini. Hehe…

Untuk rubrik web, saya isi dengan css framework untuk pembuatan form. Saya memakai uni-form css framework. Cara penggunaannya cukup mudah kok. Tinggal ikuti saja aturan struktur dan class yang digunakan, beres deh. Dengan framework ini juga saya mengerjakan skripsi saya, karena saya bukan desainer web, tapi developer.

Sedangkan untuk rubrik Facebook, saya membahas penggunaan salah satu extension browser Chrome untuk mengexport contact seluruh Friend dari akun Anda ke dalam GMail Anda, atau dengan output keluaran format CSV (Comma Separated Value). Memang sih, proses fetch-nya cukup lama, karena sepertinya tidak menggunakan Facebook API. Untuk topik berikutnya, saya membahas tentang penggunaan Symbol untuk update status.

Di rubrik Twitter, cukup menarik. Saya membahas tentang bagaimana cara meletakkan tweet terbaru dalam footer di akun email Anda. Ternyata triknya sederhana loh, tapi tetap seru. Dengan itu, footer email kita akan selalu terisi tweet terbaru, meskipun itu email yang sudah lama. Topik berikutnya adalah tentang statistik “when to tweet”, yaitu waktu-waktu terbaik untuk mempost Tweet berdasarkan respon dari follower Anda.

Kalau rubrik Patch, saya membahas tentang 7-Zip 9.21 Beta, Adobe Air 2.6.0.19140, Flash Player 10.2.159.1, Opera 11.10, dan VLC Media Player 1.1.9. Sekalian saya download beberapa patch yang berguna untuk saya, nemu pas nyari source tentang patch ini.

Rubrik game tetap ditulis oleh Yayak. Meskipun dari akun Twitter-nya terlihat sedang galau, tapi nggak terlambat submit naskah. Dan selalu, hasil preview game-nya bikin ngiri pingin main game. Game yang dibahas di edisi ini adalah Anomaly : Warzone Earth, Hoard, Mass Effect 2 : Arrival, Shift 2 Unleashed, dan LEGO Star Wars III : The Clone Wars.

Nah, sekarang tambahannya. Dua halaman pertama yang dipertanggungjawabkan ke saya adalah rubrik Flash yang terbit 2 edisi sekali, tapi langsung 2 halaman. Karena saya nggak bisa Flash, rubrik ini saya hibahkan ke saudara saya, Roni. Yang dibahas adalah tentang membuat animasi banner dan blur effect. Mungkin bakal agak aneh kalau baca tulisan artikelnya, karena memang baru nulis, jadi sedikit kaku bahasanya. Tapi topiknya bermanfaat kok, dan mudah diikuti.

Untuk berikutnya, adalah rubrik aktual freeware. Ini juga langsung 2 halaman yang terbit setiap edisi. Sebenarnya saya sih oke-oke saja kalau nulis untuk rubrik ini juga. Tetapi daripada kebanyakan, dan nanti bisa jenuh juga, sekalian memberdayakan saudara saya yang lain, rubrik ini saya hibahkan ke adik saya. Ada 11 freeware yang dibahas di edisi ini. Fyuh, bakal capek kalau nulis semuanya. Tapi gak masalah deh. Ada Aura Beta 3.0, CCEnhancer 2.3, Colorblind Assistant 1.4, Dual Monitor Tools 1.8, FBDownloader, Fruits Nutrients Comparer 1.0, KidLogger 5.6.4, Molecular Weight Calculator 1.0, Precision Calculator 2.50, TreakNow PowerPack 2011 3.2, dan ZSoft Uninstaller Portable 2.5. Banyak yah..

Dan satu halaman terakhir yang dipercayakan ke saya, adalah tips freeware. Hampir sama dengan aktual freeware, tetapi yang dibahas di rubrik ini hanyalah 2 freeware, namun lengkap dengan tips penggunaannya. Oia, untuk patch, aktual freeware, dan tips freeware, list software yang dibahas disediakan dari redaksi. Di rubrik ini, saya membahas tentang penggunaan Go! YouTube Snagger yang bisa dipakai sebagai tool untuk mendownload video di YouTube. Sedangkan software satunya lagi adalah Image Uploader 1.2.5, yang bisa digunakan untuk mengupload gambar dan frame dari video ke beberapa image hosting yang ada. Lumayan loh, meski freeware, bisa sangat bermanfaat kalau kondisinya sesuai.

Oke, sudah beres. Sekarang kembali ke skripsi. Selamat membeli PC Mild edisi ini ya. 🙂

5 Comments

  1. knp PC mild edisi 09/2011 sampe saat ni (14 Mei 2011) blm beredar d daerah jakarta barat, khusus nya daerah Kebon Keruk dan Grogol?
    padahal durasi edar edisi 08/2011 sampai dengan 4 Mei.

    Reply
    • wah, kalau itu saya kurang tahu mas.. saya kan hanya kontributor.. untuk masalah cetak-mencetak sepenuhnya hak redaksi. katanya sih ada masalah teknis. ya positive thinking aja, sambil ditunggu.. hehe..

      Reply
    • wah, saya sih emang diminta redaksi untuk ngisi.. kalau mau submit artikel mending yang untuk PC Media saja, karena topiknya fleksibel.. tapi ya harus tulisan berkualitas donk, kirimkan via email ke redaksi. Sekali masuk, insyaallah bisa masuk terus..

      Reply

Leave a Comment.