Bocoran PC Mild Edisi 10/2011

Kali ini bukan saya yang telat. Hehe..

Sedikit lebih lama daripada edisi yang lalu. Kali ini dari redaksi katanya ada delay masalah teknis, jadinya naik cetak mundur satu minggu. Yang harusnya saya nerima list freeware, patch, dan tips freeware di hari Senin minggu lalu, baru Senin kemarin dapat. Alhamdulillah, di tengah deru skripsi ini, saya masih bisa mengatasi untuk menyelesaikan keduanya. Fyuh.. Meski jadi jarang posting blog juga sih..

Untuk naskah yang bukan bersifat aktual sih, sudah selesai seminggu sebelumnya, tepat di tanggal deadline. Rubrik programming saya isi dengan dasar koneksi Java dengan MySQL. Cukup mudah kok, karena menggunakan fasilitas NetBeans juga. Untuk lebih jelasnya, saya sambil cari-cari referensinya di master Java : http://eecchhoo.wordpress.com.

Untuk rubrik web, saya sharing tentang plugin jQuery untuk Rich Text Editor, yaitu CLEditor. Pemakaiannya cukup mudah, dan memang saya pakai di skripsi saya. Cukup membuat sebuah textarea, kemudian manggil fungsi CLEditor sesuai selectornya, jadi deh. Sayangnya saya sendiri masih kesulitan buat bikin plugin extensionnya. Padahal butuh. Ya next time lah.

Sedangkan untuk rubrik Facebook, saya membahas tentang cara mengubah background Facebook. Sayangnya cara ini hanya berlaku untuk lokal saja, alias pengakses yang install script pengubah background ini. Topik berikutnya, saya membahas tentang pembuatan QR Code otomatis untuk alamat Facebook Page.

Rubrik Twitter saya isi dengan aplikasi penghapus friends secara random menggunakan GrimTweeper. Caranya cukup mudah kok, tinggal pakai saja. Sedangkan topik keduanya, cukup menarik. Saya membahas cara nge-Tweet menggunakan GTalk, sebagai alternatif kalau nggak bisa akses twitter dari lokasi kerja/kuliah. Jadi ya ngetiknya di aplikasi GTalk, untuk view timeline, update, bahkan retweet.

Rubrik game, masih dihandle teman saya yang sama, membahas tentang Portal 2, Black Mirror III : Final Fear, Runaway : Twist of Fate, Darkspore, dan Operation Flashpoint : Red River.

Untuk rubrik aktual patch, saya dapat list untuk mengerjakan Games for Windows 3.5, Google Chrome 11.0.696.65, nForce Driver 15.56, NFS Shift 2 Unleashed – 1.01 Patch, dan Realtek HD Audio 2.60. Sayangnya nggak bisa nyoba semua patch secara langsung di laptop karena kompatibilitas dan karena saya nggak punya software aslinya, khususnya NFS itu. Padahal pingin nyoba juga. Hehe..

Rubrik Freeware tetap dihandle adik saya, dengan list yang diberikan oleh redaksi adalah Android Commander 0.7.9.8.2, BitDefender Immunizer USB 1.2.0.1, Camera Mouse 2011, Mail Attachment Downloader v1.5, Movie411 1.3.6, StreamWriter 1.9.0.1 Build 146, Symbiantool 1.79, Syncdocs 0.49.3094.912 Beta, WhatIsHang v1.00, XBoxBurner 1.1, XSearch 0.2. Menarik loh ngerjain gini ini, jadi bisa tahu kalau ada buanyak software kecil-kecil yang cukup berguna, alih-alih software mikocok dan sebagainya.

Di rubrik Tips Freeware, saya membahas tutorial menggunakan iPrint, sebuah software yang dapat digunakan untuk menghemat pencetakan dokumen ke kertas dengan cara deteksi otomatis halaman-halaman yang kosong, atau hampir kosong sehingga tidak perlu untuk dicetak. Prinsipnya adalah virtual printer yang mencegat proses printing sebelum diprint menggunakan hardware asli. Topik kedua adalah Ticks, sebuah freeware sederhana yang dapat menjadi time tracker bagi para freelancer.

Sekian dulu yah, semoga bisa tetap rajin ngeblog di tengah deru skripsi ini. Semoga minggu depan bisa sidang skripsi, biar cepat lega. Hehe…

5 Comments

  1. gan pcmild lagi ada masalah di produksinya ya? ane kata loper koran langganan ane gan.
    kok mpe sekarang belum keluar juga ya di loper koran? 🙂
    btw edisi ini ada kumpulan pdf pc mild tahun 2010 kan ya? 🙂
    sorry gan byk tanya.. 😀 Thanks.

    Reply
  2. ternyata masbro ini toh yang jadi kontributor tetap di rubrik programming itu…
    kok PC Mild tahun 2011 gak ada PDF-nya ya?
    salam kenal mas…boleh minta softcopy tulisan2 kode2 java yang pernah masbro tulis di PC Mild gak?
    saya sedang menggeluti java…

    Reply

Leave a Comment.