Bocoran PC Mild Edisi 11/2011

Lagi-lagi bukan saya yang telat loh ya..

Hampir 1 bulan edisi 11 molor naik cetak. Harusnya sudah sejak tanggal 16 Mei 2011 kemarin saya nerima list untuk rubrik Freeware dan Patch. Tapi entah kenapa proses pengirimannya terlambat, sehingga saya baru nerima daftar software yang harus saya review pada 13 Juni kemarin. Katanya editor sih ada masalah teknis, tapi saya nggak tahu detailnya.

Alhamdulillah, keterlambatan ini membantu saya juga. Pas kebetulan di pertengahan Mei 2011 kemarin saya sibuk berkutat bersama skripsi, karena dikejar deadline. Bisa bayangkan kalau di tengah skripsi saya mesti balik nulis naskah. Meski cuma butuh waktu 1-2 hari ngerjain naskah, tapi bisa hilang konsentrasi ngerjakan skripsi malahan. Alhamdulillah skripsi saya selesai dengan lancar, nggak ada revisi berarti. Setelah itu, saya bisa lanjut nulis naskah lagi deh.

Di rubrik programming edisi ini, saya membahas teknik logging Java menggunakan library Log4j. Logging adalah salah satu cara untuk memonitor aplikasi yang sedang berjalan. Dengan menggunakan logging, kita dapat melihat isi variabel, mengetahui event penting dalam aplikasi, dan melihat jalannya aplikasi. Inilah salah satu kunci agar Anda bisa menjadi programmer hebat.

Di rubrik web, saya membahas tentang teknik dasar CSS3. Mulai dari rounded corner, text shadow, box shadow, rotate, font-face, sampai dengan trik menggunakan Google Web Fonts. Bagi Anda desainer web yang baru belajar, sangat penting untuk mempelajari CSS3 ini, karena di kedepannya, penggunaan CSS3 adalah wajib.

Rubrik Facebook saya si dengan tips cara mengatur notifikasi email untuk fitur Group di Facebook. Ini penting untuk newbie Facebook, sebab dari survey sederhana saya, banyak orang yang membiarkan mailbox-nya penuh oleh notifikasi Facebook yang seharusnya pun nggak terlalu penting. Judul kedua adalah penggunaan addon Firefox bernama Facebook Toolbar. Addon ini memungkinkan Anda untuk me-like situs apapun yang Anda kunjungi, meskipun di situs tersebut tidak ada tombol Facebook Like.

Di rubrik Twitter saya dapat inspirasi dari @divardha, tentang melihat visualisasi jaring-jaring topik di Twitter. Sedangkan topik keduanya adalah addon Hootbar yang memungkinkan pengguna Firefox untuk nge-tweet lewat address bar browser. Addon ini cukup menarik karena menambah efisiensi per-twitter-an.

Rubrik game masih setia ditulis oleh teman saya, yang tetap membuat ngiler saya kalau baca reviewnya. Ada Cargo : The Quest for Gravity, Hector : Badge of Carnage – Episode 1, Capsized, Section 8 : Prejudice, Brink.

Rubrik patch saya tetap kerjakan dengan baik. List datang senin malam, saya selalu usahakan Rabu selesai dan kirim ke redaksi. Kali ini garapan saya adalah Crysis 2 v1.8 Patch, Dragon Age 2 v1.03 Patch, Foxit Reader 5.0.1.0523, Nvidia Forceware 275.33, The Witcher 2 Assassins of Kings v1.1 to v1.2 Patch. 3 dari 5 patch tersebut adalah game, which is sangat menggiurkan juga untuk dimainkan. Hehe…

Rubrik freeware dikerjakan adik saya yang masih terus belajar. Mohon maaf mungkin di edisi 9 dan 10 kemarin agak kurang bagus tulisannya. Tapi di edisi 11 ini saya baca sudah cukup bagus kok tulisannya. Ada Avi.NET 3.5.0.0, D7 3.7.4 Beta, File Repair 2.1, Foobar2000 1.1.7, Highlight 3.5, Malwarebytes’ Anti Malware 1.51.0.1200, MusicBrainz Picard 0.15.0 Beta 2, Opera Mobile Emulator 11, PC Decrapifier 2.2.6, Software Tracker 5.1, dan TTCalc 0.9.3.

Rubrik Tips Freeware kali ini ada sedikit masalah pada softwarenya. Sementara ini yang tertulis dengan rapih adalah USB Dummy Protect 1.1, yaitu sebuah software sederhana yang memproteksi flashdisk Anda dari virus. Konsepnya sederhana, yaitu memenuhi flashdisk dengan sebuah file yang besarnya sesuai dengan kapasitas kosong flashdisk Anda. Dengan demikian, virus apapun tidak akan dapat masuk ke flashdisk Anda.

Untuk rubrik Flash dikerjakan oleh sepupu saya. Kali ini topiknya adalah tentang animasi iklan dan efek kilau. Saya kurang seberapa ngerti sih kalau tentang Flash. Untuk itu, silahkan saja nanti langsung beli tabloidnya ya. Hehe…

Setelah ini saya akan post tentang repost artikel saya untuk PC Mild edisi 02/2011 lalu.

4 Comments

  1. gan masih inget gk, The Devilish Children, game strategi itu tuh yang di rilis tahun 2009 pada majalah PC Media? , sy boleh minta source kodenya plus gambar dan file informasinya gk? itupun kalo masih ada …, tolong ya…

    Reply

Leave a Comment.