Terima Kasih #Oblong

Reportase sederhana dari seorang ketua teraklamasi

Dua kegiatan yang cukup besar sudah selesai dijalankan. Keduanya, dengan codename #oblong. Berawal dari tawaran kerjasama dari Tim Sharing Keliling untuk menggelar acara dadakan di Malang, ternyata ini menjadi sebuah langkah awal yang cukup baik. #oblong pertama digelar dengan mengikuti alur yang direncanakan oleh Tim Sharing Keliling dari salingsilang.com.

Eits, #oblong itu apa sih? #oblong = OBrolan BLOgger NGalam. Sebuah nama yang tercetus dari nama-nama serupa seperti #obeng (Obrolan BENGawan), milik komunitas blogger bengawan. Pemakaian nama #oblong itu pula yang mempermudah publisitas dan branding acara, terutama untuk hashtag Twitter.

#oblong pertama, mengangkat tema Sharing Keliling, berupa acara yang dibagi menjadi 3 kelas: Creative Writing dengan tutor @hedi, Photo Blogging dengan tutor @peoticpicture, dan Video Blogging dengan tutor @imothi. Dari target peserta 30 per kelas, setidaknya sudah tercapai 90%. Bahkan, ada kelas yang sampai kelebihan quota dan terpaksa dialihkan ke kelas lain. 6 Agustus 2011 merupakan salah satu hari bersejarah dalam masa jabatan saya sebagai Ketua Teraklamasi BloggerNgalam.

Tim Sharing Keliling bersama ketua dan mantan ketua BloggerNgalam

Dengan persiapan yang mepet dan meski di bulan puasa, entah kenapa tim BloggerNgalam banyak yang hadir di rapat dan ikut membantu. Acara yang diakhiri dengan buka bersama ini, mampu mendapatkan peserta dari anak SD, SMP, hingga professional di bidang workshop. Nggak nyangka juga, Tim Sharing Keliling merasa puas dengan jamuan dan kinerja kami meski kami rasa belum terlalu maksimal. Terima kasih untuk semua pihak yang sudah membantu. Nggak hanya sekedar acara saja, malamnya kita tutup dengan cangkrukan bareng di kedai kopi GH.

BloggerNgalam, Tim Sharing Keliling, dan Komunitas Lainnya

Meski melelahkan, terasa sekali nikmatnya menyelenggarakan event ini. Walau saya akhirnya jadi seperti one-man-show, saya yakin acara tetap gak akan jalan tanpa bantuan yang lain. Berbagai merchandise pun dibagi di acara ini. Dari salingsilang.com, dari Internet Sehat, maupun dari BloggerNgalam sendiri. Acara memang molor karena sebab yang Indonesia banget. Efeknya, sesi sharing saya jadi harus saya percepat dan akhirnya saya merasa kurang berkesan. Gakpapa lah, yang penting hepi. Peserta, juga tentunya hepi. Wong GRATIS dan dapat ilmu. Hehehe…

Berkat acara ini pula, publisitas BloggerNgalam meningkat. Malang Post langsung menampilkan berita acara ini di hari esoknya dalam salah satu kolom beritanya. Nggak cuma itu, di rubrik komunitas yang muncul setiap Rabu, BloggerNgalam mengisi satu halaman penuh! Lucunya, nama saya nggak lupa tercantum “S.Kom” gara-gara si wartawan saya kasih kartu nama saya yang ada embel-embel gelar itu. Haha… Mendadak pula banyak request masuk menjadi anggota milis BloggerNgalam. Alhamdulillah…

Panitia #oblong bersama Tim Sharing Keliling

Berbekal dari kesuksesan #oblong pertama, wacana untuk merutinkan #oblong ini pun muncul. Belum ada berapa lama, sang penasehat, Sam Ardi, mengabarkan bahwa salah seorang hacker kawakan asal Malang akan mudik dan bisa “diculik” untuk jadi narasumber. Ya, akhirnya #oblong kedua dilaksanakan dengan tajuk “Ngeblog Aman, Puasa Nyaman“, yaitu sesi sharing tentang keamanan blog oleh Dani Firmansyah a.k.a Xnuxer, seorang hacker yang pernah terlibat dalam kasus pembobolan situs KPU.

Acara pun segera diwacanakan dan diputuskan akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2011. Lomba PhotoBlog yang rencananya akan ditutup pada hari sebelumnya pun, disesuaikan untuk ditutup pada hari-H #oblong ini, yang dilengkapi dengan buka bersama. Bertempat di Kedai Kopi Medan, persiapan acara #oblong kedua ini nggak terlalu berat dibandingkan #oblong pertama. Terima kasih buat Abang Medan yang bersedia merelakan tempatnya untuk acara ini. Dan sumpah, tempat parkirnya jadi penuh banget.

Laptop saya, setia selama 2 #oblong

Kebetulan pula, salah satu startup bernama Lintas.Me sedang ingin bekerjasama dengan BloggerNgalam untuk membuat sebuah acara. Jadilah mereka sebagai sponsor acara ini, yang membuat acara yang awalnya berbayar, menjadi gratis sepenuhnya. Peserta pun juga dapat merchandise yang nggak sederhana. Terima kasih Lintas.Me atas supportnya yang nggak setengah-setengah.

Saya pun mendedikasikan diri sebagai MC, sekalian latihan public speaking untuk menghadapi #sailbelitung nanti. Acara dibuka dengan sedikit game, dan langsung dilanjutkan dengan sharing dari Dani dan Sam Ardi. Buka bersama pun berjalan meriah meski dengan menu seadanya namun tetap yahud. Sembari berbuka, Pak David, CEO Lintas.Me memberikan presentasinya tentang perkenalan Lintas.Me. Lanjutannya, bung @isdahahmad memberikan perkenalannya seputar BloggerNgalam. Acara ditutup dengan pengumuman hasil pemenang lomba PhotoBlog.

#oblong kedua ini ternyata juga mendapat liputan dari Malang Post. Tapi kali ini, alih-alih “S.Kom” saya yang dipajang, saya cuma ditulis “lulusan sarjana ilmu komputer”. Haha… Untuk versi online-nya, bisa dilihat di sini. Meski peserta dari target 70 hanya datang sekitar 50an, acara ini bisa dibilang sukses. Pendaftar milis pun juga mendadak bertambah lagi. Sayangnya, banyak anggota Order of Perjuangan yang nggak bisa hadir karena kesibukan masing-masing.

Foto bersama, seluruh peserta dan panitia

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu suksesnya kedua #oblong ini. Saya sendiri berterima kasih kepada #oblong yang telah turut andil dalam cerita hidup saya. Rencana kedepannya, #oblong ini akan diadakan secara rutin, setidaknya 1-2 bulan sekali. Disamping itu, akan ada #oblongmini yang mungkin malah diadakan setiap seminggu sekali. Nggak saya semuanya kok yang handle. Karena ini adalah sebuah komunitas, jadi ya setiap anggota komunitas berhak handle acara lah. Justru dengan demikian, warna acara akan terasa berbeda-beda di setiap penyelenggaraannya.

Pantau terus twitter @bloggerngalam dan Fanpage-nya deh, biar gak ketinggalan #oblong berikutnya. Yang pasti, #oblong berikutnya bakal lebih seru dan nggak kalah menariknya. Semoga masih bisa gratis dengan dukungan berbagai pihak yang ingin membantu, untuk Indonesia yang lebih baik. Tssaaaah…

Untuk foto lebih lengkap, bisa dilihat di Page BloggerNgalam

6 Comments

Leave a Comment.