Sharing Tentang Writing dan Blogging di PMII

Bukan sebuah pengantar roadshow Blogger Ngalam

Foto-foto selesai acara (eh ada S.Kom nya loh nama saya)

Menjelang ultah ke-4 Blogger Ngalam, di masa-masa persiapan panitia yang begitu padat, ada saja acara yang membuat saya sibuk sehingga menomorduakan kepanitiaan. Dari kerjaan yang semakin banyak, hingga beberapa kegiatan penting lainnya. Salah satunya, adalah kegiatan yang akan saya ceritakan di sini.

Beberapa minggu yang lalu, saya mendapatkan SMS dari adik saya, yang menanyakan kapan saya free, untuk bantu sharing tentang blogging ke teman-teman organisasi PMII. Setelah mengatur jadwal, terputuskanlah tanggal 11 Desember 2011 saya cukup free seharian. Mumpung ini juga masih satu topik dengan rangkaian acara ultah Blogger Ngalam, saya iyakan saja. Toh materi yang saya bikin di sini sedikit banyak akan bermanfaat untuk roadshow.

Menjelang hari-H, setelah berkoordinasi ulang, ternyata saya dijadwalkan mengisi 2 materi untuk 2 sesi. Sesi pertama adalah tentang Writing, dilanjutkan dengan sesi kedua adalah tentang Blogging. Tepat sehari sebelum hari-H, saya sama sekali belum menyiapkan materi. Ternyata setelah koordinasi tambahan, acaranya nggak terlalu formal dan bisa langsung praktek. Okelah, jadi nggak masalah.

Tapi, tetap sebagai pemateri, saya harus punya rancangan apa yang harus saya sampaikan. Alhasil saya ngelembur satu malam untuk menyelesaikan materi saya, terutama untuk sesi Writing.

Sebagai kontributor PC Media dan PC Mild, sekaligus Blogger junior yang teraklamasi jadi Ketua Blogger Ngalam, saya atur materi sesuai dengan pengalaman saya. Berbekal sedikit sumber di buku, dan kekuatan Internet, saya merangkai kata-kata dalam slide sedemikian rupa. Ternyata saking procras-nya saya, sampai ketiduran pun belum selesai. Padahal hanya sedikit materi yang akan disampaikan.

Maju sebagai Blogger Ngalam dan juga ReMo

Untungnya dengan “The Power of Kepepet“, pagi setelah bangun saya bisa menyelesaikan materi tentang Writing ini. Sebuah materi sepanjang 30 slide yang dirangkai sedemikian rupa, sesuai dengan kapasitas saya. Mungkin bukan yang terbaik di dunia, tapi terbaik milik saya untuk saat ini.

Bagaimana untuk materi sesi 2, tentang Blogging?

Untungnya @_sandynata sudah membuat materi “How to Create Blog” menggunakan WordPress, untuk keperluan Roadshow Blogger Ngalam nanti. Setelah saya lihat-lihat, materinya cukup oke. Saya pakai itu sajalah, daripada membuat materi baru yang akan memakan waktu lagi.

Lokasi acara adalah di sekretariat Averroes Batu. Jam 10-an acara dimulai, dengan diawali oleh sambutan dan doa. Setelah itu, saya masuk ke sesi sharing tentang Writing. Peserta yang berjumlah belasan ini cukup antusias juga. Sekedar informasi, peserta rata-rata adalah mahasiswa semester satu, yang hampir seluruhnya dari Universitas Brawijaya. Cukup singkat saya mempresentasikan materi saya, karena saya lebih ingin diskusi saja dengan mereka.

Peserta workshop

Sebelum masuk ke materi 2, acara diistirahatkan sesaat. Waktu saya keliling ruangan, eh nggak nyangka ketemu mantan dosen saya waktu di Universitas Ma Chung dulu, yang mengurusi bagian kemahasiswaan. Padahal saya dengar kabar terakhir beliau lagi studi di luar negeri. Saya jadi sedikit nostalgia dengan beliau.

Materi kedua adalah tentang Blogging. Di sini peserta langsung praktek membuat blog di WordPress.com. Eh ternyata, masih banyak yang sangat gapblog (gagap blog). Nggak ngerti sama sekali tentang bagaimana membuat blog. Lama penyampaian materi pun bisa dibilang cukup panjang. Jadi mikir nih, apa bener bisa 1 setengah jam untuk sesi roadshow nanti ya?

Sesi pertama, sharing tentang Writing

Peserta cukup antusias dalam pembuatan blog. Ada yang bingung, ada yang sudah bisa, ada yang mencoba eksis dengan bikin profil, dan malah ada yang berani untuk coba-coba oprek dashboard-nya. Yah, memang ternyata nggak semua orang bisa membuat blog dengan lancar. Bahkan kalangan terpelajar (seperti mahasiswa semester 1) ini pun agak kebingungan. Namun, selama berani untuk mencoba dan mau terus belajar, semua pasti bisa teratasi.

Bagi yang punya kemampuan ngeblog, sering-sering saja sharing seperti ini, untuk memasyarakatkan blog dan mem-blog-kan masyarakat. Bagi yang sedang belajar, jangan mudah menyerah. Bagi yang belum ngeblog, yuk ngeblog dan gabung bersama Blogger Ngalam. 🙂

Ditulis langsung di TKP pada saat workshop blogMateri acara ini bisa dibaca atau didownload di: Writing | Blogging

19 Comments

  1. Iiih, Haqqi keren deh. Aku mau belajar ngeblog sama kamu dong, Kak 😉 *kedip-kedip*
    Tapi seneng ya, kalau akhirnya kita bisa mengajak orang lain ikut menulis. Memasyarakatkan blogging, membloggingkan masyarakat!

    Reply
    • ugh, ini pasti menyindir.. paraaah, paraaah.. gimana mungkin yang seleb kok belajar ke saya yang nubie.. *melek-melek*

      iya, senengnya itu bisa ngajak orang lain ikut nulis.. entah di blog, atau di media lain..

      Reply

Leave a Comment.