Butuh Dukungan untuk Jadi Inovator atau Penemu?

Dukungan bagi peneliti dan calon penemu itu penting

Bisa bayangkan ngga, kalau sekarang ini gak ada listrik, gak ada lampu, gak ada laptop, dan gak ada Internet? Saya yang harusnya kerjaan sehari-hari ada di depan laptop, mungkin bisa jadi ganti halauan ternak sapi atau malah kelinci. Bayangkan kalau gak ada kendaraan seperti sepeda pancal, sepeda motor, mobil, atau pesawat. Kemana-mana bakal jadi perjalanan panjang.

Ini juga salah satu bentuk inovasi

Ya, tanpa inovasi yang telah diciptakan oleh berbagai penemu dunia, mungkin hidup ini akan tetap membosankan. Kapan bisa nonton TV? Kapan bisa sms-an? Kapan bisa mention-mentionan dan kode-kodean di timeline Twitter? Kapan bisa datang undangan komunitas lain dengan transportasi cepat? Kapan bisa baca blog saya ini? :p

Selain di luar negeri, sebenarnya di Indonesia sendiri ada banyak loh inovator yang luar biasa. Jangan bilang penemu itu harus bikin sesuatu yang “wah” banget. Semuanya dimulai dari sesuatu yang sederhana. Ada nama Tirto Utomo, orang yang pertama kali memproduksi dan menjual air putih dalam kemasan. Tahu AQUA ga? Ya dia ini dedengkotnya. Ada nama Satya Witoelar, orang yang membangun layanan sosial media pertama di dunia yang berbasis lokasi. Dan masih banyak nama lainnya.

Terkadang saya berpikir, bisakah saya jadi inovator seperti mereka?

Dari para ahli yang ngasih wejangan, sebenarnya siapa pun bisa jadi inovator kok, termasuk Anda. Tidak ada yang tidak mungkin selama Anda mau mencoba. Sedikit tip yang bisa jadi pegangan:

  1. Cari tahu apa hobi dan passion Anda, lalu tekuni secara serius dan mendalam.
  2. Cari masalah apa yang paling sering dipermasalahkan orang-orang di lingkungan Anda, tapi sampai saat ini belum ada solusinya.
  3. Pikirkan dan cari tahu, ide kreatif apa yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.
  4. Langsung action. Segera wujudkan ide tersebut menjadi sebuah inovasi baru.

Saya sendiri, masih mencoba untuk terus berinovasi bersama tim Mimi Creative yang saya rintis. Ada banyak kendala memang, tapi semua harus dihadapi untuk bisa survive. Justru di saat menemui kendala itu, saya bisa banyak belajar.

Nah, kebetulan saat ini ada sebuah program yang bisa membantu Anda menjadi seorang penemu. Namanya Lenovo DoNetworkID Program.

Dukungan Untuk Inovator Anak Bangsa

Tertarik untuk ikutan? Coba baca dan ikuti penjelasan di bawah ini. Siapa tahu, informasi ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda untuk menjadi seorang inovator yang mengubah peradaban dunia menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  • Pendaftaran: 8 Desember 2011 s/d 25 Januari 2012
  • Pemilihan peserta favorit: 5 s/d 25 Januari 2012
  • Finalis: 26 Januari s/d 29 Februari 2012
  • Pengumuman pemenang: 1 Maret 2012

Berita yang sangat menyenangkan, tim Anda nantinya akan dipandu oleh 3 mentor terhandal di Indonesia. Berikut daftar mentor beserta profil video-nya.

  1. Budi Putra (konsultan teknologi, mantan country editor Yahoo! Indonesia)
  2. Nurdiansyah (peneliti dan pemerhati pendidikan)
  3. Onno W Purbo (independent IT writer)

Bila Anda tertarik, coba bentuk tim dari sekarang. Sebab program ini memang mengharuskan seperti itu. Lalu cari dan urun rembug mengenai ide dan proyek inovatif apa yang akan diikutsertakan. Setelah itu, silahkan langsung bergabung dengan Lenovo DoNetworkID Program. Jangan lupa untuk dukung program Do Network ini dengan menggunakan twibbon di sini.

Info lebih lanjut mengenai program ini bisa dibaca di webnya DoNetworkID Lenovo ini ya… Yuk ikutan, biar tambah seru!

Sumber gambar diambil dari sini via Googling

3 Comments

    • kalau inovasi, berarti ya ganti nama donk, jangan #oblongmerahmuda lagi.. masa mau bahas sejarah terus2an? bahas masa lalu terus2an? move on donk, move on.. *berasa nasehatin yg lagi patah hati*

      Reply
  1. Inovasi di oblongmerahmuda untuk mengangkat konten lokal menjadi lebih berarti,mari angkat konten lokal, jadikan menjadi indah dan bermakna untuk masing – masing blogger yang mewakili nama kotanya 🙂

    Reply

Leave a Comment.