• Home
  • /
  • Simple Tips
  • /
  • Entrepreneur: Lulus Kuliah Langsung Buka Usaha? Bersiaplah Merasa Iri dengan yang Kerja

Entrepreneur: Lulus Kuliah Langsung Buka Usaha? Bersiaplah Merasa Iri dengan yang Kerja

Nggak ada yang salah dengan jadi entreprenur maupun pegawai

Ada beberapa teman yang tanya ke saya, “Kok berani sih langsung terjun buka usaha?” Saya bingung gimana jawabnya. Kalau diingat-ingat lagi, saya sendiri cukup lupa kenapa saya kok nekat buka usaha langsung tanpa kerja dulu. Entah dulu karena gak mau terikat waktu kerja, entah karena pingin sukses lebih cepat, atau karena sekedar coba-coba. Yang pasti, sekarang saya sudah terjun di bidang ini.

Jejaring yang banyak, semakin banyak godaan

Bisa dibilang, saya ini sama sekali nggak punya pengalaman kerja di perusahaan orang lain. Sekedar PKL sih pernah, tapi kan hanya merasakan sedikit saja pengalaman jadi pegawai. Nulis di PC Media dan PC Mild pun, meski kerja di perusahaan orang lain, tekanan yang ada itu cuma deadline saja. Nggak ada tekanan lain yang berarti. Bukan hanya nggak ada tekanan, tapi juga nggak ada pengalaman tentang dunia wirausaha!

Apa sekarang saya sudah bisa dibilang sukses? Nggak juga.

Saya baru terjun sepenuhnya di bidang ini gak sampe 6 bulan. Perusahaan saya masih bisa dibilang baru lahir, belum bisa ngapa-ngapain. Bayangkan seorang bayi yang baru lahir tapi tanpa bantuan orang lain secara langsung untuk hidup. Ya inilah perusahaan saya. Mencoba untuk survive dengan cara kami sendiri.

Kembali ke topik. Di masa 6 bulan itu, saya sudah melihat banyak teman-teman saya diterima kerja di berbagai perusahaan dari yang menengah hingga yang besar. Semakin sering berkomunitas, juga semakin banyak teman yang bekerja sebagai pegawai suatu perusahaan. Karena umur saya juga, bisa dibilang sebagian besar teman seumuran saya sudah pada kerja di tempatnya masing-masing. Nggak banyak teman seumuran yang langsung buka usaha.

Di sisi lain, saya juga punya cukup banyak teman yang bergerak di bidang wirausaha. Saya kan tergabung dalam keanggotaan dan pengurus AMA Malang, otomatis punya banyak teman yang bisa dibilang senior di bidangnya. Mereka adalah sekumpulan orang-orang yang kalau beli gadget baru itu sudah gak mikir duit lagi, sekalipun sebagian dari mereka itu gaptek.

Dari kedua sisi itu, kadang saya merasa down. Saya sudah berusaha jadi pengusaha, tapi kenapa saya belum bisa bebas beli gadget seperti teman-teman pengusaha itu ya? Dari sisi waktu juga, teman-teman yang kerja sebagai pegawai begitu santainya, rasanya enak aja sepulang kerja gak mikir apa-apa lagi. Saya? Pulang ke rumah pun masih menyempatkan diri lembur kerjaan yang belum beres.

Duit yang saya dapatkan, nggak berani begitu saja saya spend untuk kebutuhan saya. Gimana kalau sewaktu-waktu perusahaan butuh uang talangan? Gimana kalau ini? Gimana kalau itu? Banyak deh pertimbangannya. Beda dengan teman-teman yang sudah kerja (apalagi yang gajinya besar), yang bisa ngatur keuangannya setiap bulan mau dibuat apa saja. Beda lagi dengan teman-teman pengusaha sukses yang bebas mau beli apa.

Waktu mantengin timeline maupun FB dari teman-teman yang kerja di perusahaan gedhe-gedhe, rasanya iri banget. Mereka bisa dapat begitu banyak pengalaman kerja, bahkan bisa keliling Indonesia ataupun dunia secara gratis (yang tentunya untuk urusan perusahaan). Ada juga yang rencana disekolahkan lagi secara gratis oleh perusahaan.

Rasa iri, kalau dikelola, bisa jadi motivasi yang membangun

Kenapa saya iri?

Bukan sombong ya, secara pribadi saya yakin kalau melamar ke perusahaan-perusahaan gedhe itu, positif diterima. Saya tentu juga akan bisa merasakan nikmat yang mereka rasakan. Saya bisa menikmati gaji yang rutin setiap bulan, saya bisa jalan-jalan secara gratis, saya bisa dapat banyak teman di perusahaan, dan sebagainya. Sumpah, saya terkadang iri dengan mereka. Harusnya nasib saya bisa seperti mereka.

Tapi ini hanyalah pendapat saya secara pribadi yang belum pernah kerja kantoran. Saya kan sudah kadung terjun di dunia ini dengan membawa anggota tim saya yang nggak kalah hebat dari tim lain. Justru di sinilah saya rasa tekanan mental yang gak mungkin dirasakan oleh teman-teman yang memilih jadi pegawai. Siapa yang tahu nasib saya dalam jangka panjang lebih baik atau lebih buruk dari teman-teman yang lain? Semua harus tetap dijalani.

Seperti itulah, buat yang lulus kuliah mau langsung buka usaha, harus kuat mental ya menghadapi sekian banyak godaan untuk kerja jadi pegawai. Tanpa itu, pasti akan mudah jatuh. Cari tim yang punya visi sama, yang siap jatuh bangun bersama-sama. Dengan adanya tim, beban mental dan fisik juga dapat dibagi. Tanamkanlah rasa percaya bahwa bila kerja keras di usaha Anda, pasti akan bernasib jauh lebih baik, setidaknya dalam jangka waktu panjang.

Bagi pengusaha baru yang berkomitmen bekerja keras dan kerja cerdas, pasti nantinya akan lebih santai dari pegawai, tapi semakmur pengusaha sukses lainnya. Semangat buat semua yang sudah berani terjun ke dunia wirausaha!

Gambar diambil dari sini dan sini.

40 Comments

  • Fajar

    January 15, 2012 at 1:23 pm

    Butuh waktu memang untuk melebarkan sayap dan mengepakkannya untuk terbang lebih tinggi, tertatih dan terjatuh, bangkit lalu terbang adl serangkaian proses kawan, klo jatuh udah, berarti setelah ini adl bangkit dan terbang. Great

    Reply
  • Goiq

    January 15, 2012 at 2:19 pm

    Ngga usah iri sama pegawai kantoran Qi. karena pegawai kantoran yang terikat waktu di kantor sebenernya iri sama wirausaha yang lebih fleksibel dengan waktu mereka. Saya selalu salut sama orang-orang yang mau berusaha membuka lapangan kerja buat orang lain. Karena rasanya sebagian besar mahasiswa sekarang cita-citanya setelah lulus adalah melamar kerja dan bisa kerja diperusahaan ternama. jadi semangatlah saudaraku…

    Reply
    • Haqqi

      January 15, 2012 at 3:57 pm

      eh seriously saya iri loh, bisa hidup tenang seperti itu. salah satu cita-cita saya kan hidup tenang dan tentram. hehe..

      tapi emang gitu ya? masa sih iri sama wirausahawan? stress loh jadi pengusaha itu. mikirin gaji karyawan, mikirin pemasukan, dkk. tapi, tetap semangat donk!!

      Reply
      • Goiq

        January 15, 2012 at 4:20 pm

        Sebenernya saya tahu rasanya jadi wirausaha. Saya pernah handle kantor sendiri, mengelola karyawan dan ngurusin hidup mereka. Memang ngga mudah, saya waktu itu mutusin untuk ga nerusin karena semua adalah fasilitas ayah saya. Ego saya waktu berpikir ga terlalu bangga sukses karena fasilitasi orang tua, jadilah saya mutusin jadi karyawan buat ngumpulin duit dan kelak punya usaha sendiri…

        Reply
  • Name*

    February 28, 2012 at 11:18 pm

    udah buka usaha sendiri seh,, tp koq rasanya aneh,, bingung sama pilihan sendiri… ga punya temen yg sama2 buka usaha.. rata2 pd kerja ato kuliah…

    Reply
  • Annisa

    April 7, 2012 at 10:34 am

    Wah mas, saya jd triiing gtu deh baca tulisan mas…
    karena saya ini wanita karir bgt, tapi mental saya itu mental yg bebas.

    Mas penah denger rumput tetangga selalu lebih hijau?

    Heheh, saya di sini di balik dinding kantor sangat ingin segera nyemplung wirausaha…

    Memang2, benar kata mas,,, ada peluang jalan2 keluar negeri, tinggal ngatur duit yg masuk tiap bulannya, tinggal nyemplungin ke pos2 tabungan a b c..

    Tapi tahukah mas, ada dimana kami berpikir, buat fitnes aja gag sempet, nonton kartun larva aja gag bisa, ke salon gag bisa, kumpul keluarga menikmati hal hal tersebut harus di empet.

    menurutku, keep move on yah, stay focus, kenapa wirausaha adalah pekerjaan yg sangat Nabi anjurkan? krn benar2 membuat umatnya bermanfaat serta terdidik mentalnya.

    Untuk menjadi seorang pengusaha memang dibutuhkan mental kuat serta emosi yg netral untuk menghadapi kekalahan maupun kemenangan.

    Doakan saya yah, sebentar lagi mau konsen buka usaha sendiri πŸ™‚

    See you there on top!

    Reply
    • Haqqi

      April 12, 2012 at 3:04 pm

      Iya, rumput tetangga selalu tampak lebih hijau.

      Hm, begitu ya sudut pandang dari karyawan. Tapi tergantung pekerjaannya juga sih, kalo yang seperti nanganin klien2 hingga jalan-jalan keluar negeri, sepertinya juga asyik. Berbeda dengan jadi karyawan yang hanya diam di balik meja saja.

      Insyaallah saya akan teruskan berwirausaha sampai matang dulu, setelah itu baru mencoba bekerja di perusahaan orang. Terbalik kan? Saya gak mengincar uangnya kok, tapi pengalamannya. Hehe..

      Reply
  • basheer

    May 20, 2012 at 7:17 am

    nah..yah pada bimbang enak kerja atau usaha…sebaiknya komplitlah …yaa pernah kerja…ya..sekarang usaha sendiri…pernah jatuh juga ngerasain…pernah ditipu juga ngerasain…sekarang syukuri kemajuan usaha…jadi harus komplitlah dalam hidup ini supaya santun dalam bersuara…. karena semuanya sudah dirasakan…semangat buat semua

    Reply
  • ahmad

    July 19, 2013 at 11:29 am

    tulisannya bagus mas. menginspirasi.
    saya juga berwirausaha tapi cm wirausaha kecil. pgn pnya usaha lagi tapi masih bngung usaha yang cocok skrg ini. kendala modal jg g bgtu besar..

    Reply
  • enjang hendri

    March 12, 2014 at 12:05 am

    mirip kisah hidup sayah, lulus sekolah ngelamar ke pbrik besar gagal trus. terpaksa jadi penjahit.hee
    alhmdllah dapet jalan jadi pengusaha konveksi sama bisnis pakaian

    Reply
  • Kharis

    October 25, 2014 at 11:56 am

    SUKSES HAQQI, Saya yakin usahamu tumbuh berkembang terus menerus dan terus berinovasi. Selagi kamu menikmati wirausaha, sempatkanlah berbagi virus postif ke generasi muda (lewat komunitasmu). You’re a RICH MAN!

    Reply
  • Dita

    January 4, 2015 at 10:53 pm

    Mas gmn dgn perkembangan usaha nya sekarang? Jujur saya lagi galau sampe2 malem2 gini masih googling tentang wirausaha. Sedikit curcol ya Mas, saya br lulus kuliah bln mei kmrn skrg saya lagi kerja di perusahaan kaka sepupu saya yg sedang “merintis” dibilang gaji pas2an bgt ga sesuai dgn job desk nya tp apa mau di kata saya bertahan krn ingin membantu beliau walaupun 2 bulan gaji belum turun hehhe
    Org tua suruh saya cari kerja lagi tapi ko hati saya berat ya, saya pengen buka usaha tapi ga ada modal sama sekali. Kadang saya berfikir apa pikiran saya yg kelewat out of the box hehe -_-
    Sebenernya Mas enak ya sudah bisa mulai tinggal mengembangkan usaha nya agar semakin baik πŸ™‚
    Keep moving forward Mas krn sebaik2 nya pekerjaan itu ya wirausahawan yg amanah dan jujur πŸ™‚

    Reply
  • Tamam

    January 28, 2015 at 4:07 pm

    sharing yang bagus. saya ini baru lulus kuliah
    saya pikir menjadi pegawai kantoran itu membosankan. dan saya rasakan itu setelah magang di UPJ PLN di Malang.
    dan sekarang saya punya passion untuk merintis usaha didunia perkopian.
    semoga saya punya mental yang kuat seperti mas haqqi.

    Reply
  • Tondy

    June 11, 2015 at 5:07 am

    Sama mas.. saya belum lulus (udah tahun kelima), udah memilih buka usaha. kadang saya iri dan nggak pede kalau melihat temen temen yang udah pada lulus dan udah kerja di perusahaan perusahaan.. selain buka usaha juga saya kerja serabutan. tapi tentu lebih fokus membesarkan usaha. kadang saya sedih juga kalo kepikiran hal ini (membandingkan antar kerja dan buka usaha)..

    Reply
  • Anton

    July 30, 2015 at 3:26 pm

    Permisi, saya mau konsultasi saja. Saat ini saya kerja sebagai salah satu karyawan perusahaan swasta. Saya baru2 ini diberi kabar, oleh orang tua saya untuk pulang karena kebetulan dari hasil tabungan saya bekerja sudah terkumpul untuk mendirikan usaha dan investasi mesin kecil. Namun, saya bingung, apakah sebaiknya saya pulang atau meneruskan kerja sbg karyawan. Karena beberapa saudara saya pasti mengkritik saya bila saya pulang.

    Reply
  • Anton

    July 30, 2015 at 3:30 pm

    Selain itu, terkadang saya merasa takut bila kritik yg mereka katakan tsb benar adanya. Dari saya sendiri, saya cukup PD dalam menjalankan bisnis ini. Namun, dari saudara saya sering menyampaikan, setidaknya ikut perusahaan dulu lah beberapa tahun. Saya sebenarnya ingin menjalankan bisnis ini segera karena takut kehilangan momentum. Siapa tahu kesempatan ini tidak datang lagi. Berhubung pasar Indonesia saat ini sedang berkembang.

    Reply
  • garudaSG

    December 28, 2015 at 1:27 pm

    Halo mas, mungkin saya akan share sedikit pengalaman saya saat ini. saya baru lulus kuliah di Unsri Agustus 2015 kmrn. Sekitar bulan Juli 2015 lalu ketika saya sebelum di wisuda, saya telah mencoba melamar lewat situs jobstreet untuk pekerjaan yg sesuai dengan jurusan saya. Akhirnya saya di telpon HRD untuk mengikuti seleksi tes diperusahaan tersebut. Namun sekitar 3 minggu menunggu, belum juga terdapat kabar mengenai pengumuman kelulusan seleksi. Akhirnya setelah saya wisuda, saya langsung membuka usaha sendiri join sama temen, Waktu itu saya melihat potensi usaha saya sangat bagus sehingga akhirnya saya jual motor pribadi buat modal usaha tsb. Pada awal September 2015, ternyata saya ditelpon HRD perusahaan tempat saya melamar, Saat itu saya sempat bingung bgt mau berangkat ke Jakarta atau fokus usaha aja. Saya sempat menolak tawaran perusahaan tersebut, namun pada akhirnya perusahaan tersebut kembali menawarkan saya gaji yang lebih tinggi. Saya pun sedikit tergiur dengan tawarannya dan akhirnya saya berangkat ke Jakarta untuk kerja di Perusahaan tersebut. Saat ini saya masih kerja di perusahaan tsb dan baru Jalan 4 Bulan bekerja. Sementara Usaha Bisnis saya masih jalan. Usaha saya saat ini memiliki penghasilan setara dan terkadang 2 kali lipat lebih dari gaji saya di perusaahn tempat saya bekerja. Namun bekerja diperusahaan ini, saya merasa tertekan dan terkadang stres untuk menjalannkannya, karena saya juga merasa ini bukanlah passion saya, namun saya bisa menjalaninya. Terbesit saya berfikir untuk fokus bisnis saja, yang bebas gak ada tekanan dari atasan. Namun kalo saya bisnis penghasilan saya akan berkurang disisi lain mungkins saya bisa lebih fokus dan menambah potensi penghasilan disana. so sekarang saya galau mau resign atau gak dari perusahaan ini

    Reply
  • dani

    February 2, 2016 at 7:36 pm

    halo semua, iya sma sya jg sdang super galau. sya telah mmbranikan diri resign dri kerjaan utk wirausaha. kendala muncul, sya kontak tmen2 utk join tpi mreka spertinya telah nyaman diperusahaan orang lain. jadilah sendiri sya, ketika sndiri dlm kondisi tidak kerja itu sbenarnya mmbuat sya banyak ide. namun terkendala budget, no team, low market. masalah muncul sdikit income bhkan zero. terpikir sya mlamar lagi eh dapat panggilan 4 perusahaan, nah disitu galau bertambah. ibarat dimarahi diri sendiri, “kmu gmn to kok malah back to company again ?” jujur sya super galau melangkah. sejak kecil cita-cita sya adalah mendirikan usaha nmun ktika mrintis bener2…there arent support. jdi godaannya berat. krena hubungannya dengan kbutuhan income dri usaha yg belum mencukupi dalam segi kebutuhan. terlitaslah sya back to company, disitu sya bentrok batin. where are u choose in your life? yah..curhatan sya. mas haqi ini sudah menemukan alat utk menimba sumur meskipun pke katrol tetap ada penghasilan scra berkala. klo sya ibaratnya, belum mnemukan langkah yg tepat. sya pahami bahwa sya curhat disini mungkin keliru atau langkah yg tepat kendatipun demikian. berbagi kehidupan itu asyik.

    Reply
  • Yudhistira

    October 2, 2016 at 10:17 pm

    Artikelnya Okk Boss.. Sedikit share. Sy pernah jd pegawai di outsourcing pergi pagi pulang malam terus2an selama 2th. Dg gaji gak karuan maklum outsourcing. Pd akhirnya sy resign dan mulai merintis usaha Travel Wisata di Jogja (www.siapantarjemput.com). Walaupun minim modal, sering disikat sana sini sama kompetitor dan pernah tak ada order tapi sy msh setia dg bisnis ini. Jd wirausaha memang lebih capek drpd pegawai. Tapi kalo bisa sukses dg usaha sendiri dan membuka lapangan kerja utk org lain pastilah akan nikmat pada akhirnya.

    Semangat Wirasusaha…

    Reply
  • Yudhistira

    October 2, 2016 at 10:18 pm

    Artikelnya Okk Boss.. Sedikit share. Sy pernah jd pegawai di outsourcing pergi pagi pulang malam terus2an selama 2th. Dg gaji gak karuan maklum outsourcing. Pd akhirnya sy resign dan mulai merintis usaha Travel Wisata di Jogja (www.siapantarjemput.com). Walaupun minim modal, sering disikat sana sini sama kompetitor dan pernah tak ada order tapi sy msh setia dg bisnis ini. Jd wirausaha memang lebih capek drpd pegawai. Tapi kalo bisa sukses dg usaha sendiri dan membuka lapangan kerja utk org lain pastilah akan nikmat pada akhirnya.

    Semangat Wirausaha…

    Reply
  • Ma'rifat

    November 12, 2016 at 12:00 pm

    Aku jg lg dag dig dug nih. Baru sebulan lulus, udah bnyak apply, tp blm ketrima juga. Ngiri sm yg temen yg blm wisuda tp udh diterima kerja. Padahal aku pikir aku punya kompetensi n g jelek2 amat. Kl beberapa bln ini g dapet juga kerja, jadi deh nekat buka usaha n nekat kecekek-cekek. Pengennya sih kerja dulu ngumpulin modal buat investasi. Tp kl g dpt juga ya tutp mata n berdoa j deh.

    Btw, ama pekanbaru g ada ya mas?

    Reply
  • wildan

    February 23, 2017 at 7:24 pm

    Saya mau share. Sya lulus kuliah lngsung bka usha fotocopy dan atk. Skrg sudah jln 6 bulan sya buka usaha ini. Tp hsilnya msih minim. Trs skrg di twarin kerja dngn gji yg jelas. Tp sya bingung bgaimna caranya mutusin. Pgnnya kerja bisa spya dpt pnglman. Trs usha jg ttp jalan. Tolong bntu solusinya yah. Bisa lwt bm 540D4468

    Reply
  • AA

    November 20, 2017 at 5:31 pm

    jika boleh ikutan share, saya juga seperti anda. bahkan saya ini lebih parah (setidaknya menurut saya). saya dulu adalah mahasiswa yang cukup berprestasi, saya lulus cumlaude, pekerja keras dan suka tantangan. bedanya, saya perempuan berhijab, dan kamu laki-laki. saya lulus kuliah di usia yang sangat muda, 20 tahun!. Sebuah angka yang belum tentu semua orang bisa mencapainya kan? usia 20 tahun sudah menjadi sarjana. tapi itulah saya yang dulu. belum sampai wisuda kelulusan, ibu saya menerima pinangan seorang laki-laki yang sekarang adalah suami saya. bahkan ketika saya mengatakan saya tidak siap menikah, ibu saya masih memaksakan kehendaknya. saya dikatakan tidak penurut dan berani dengan orangtua jika saya menolak. disitulah saya kalah. dan disitulah letak kesalahan terbesar saya. kehidupan pun berubah. laki-laki yang tidak saya kenal sebelumnya kini menjadi suami saya, dengan perbedaan prinsip, karakter, kebiasaan, keinginan yang sangat berbeda dengan saya dan tidak saya mengerti sebelumnya. hari demi hari selalu saja diisi dengan pertengkaran. dia ingin segera punya momongan, saya tidak. dia ingin saya banyak berdiam diri dirumah, saya tidak. akhirnya pertengakaran lah yang selalu menjadi teman baik kami. saya merasa menjadi pihak yang paling terzalimi, sekaligus merasa menjadi pihak yang paling bodoh. tak ada lagi mimimpi2. tak ada lagi harapan2 ingin melanjutkan sekolah. ingin menjadi ini, menjadi itu. ingin bisa begini, ingin bisa begitu. saya pun sama seperti anda. ketika teman2 saya, yang bahkan prestasi akademiknya di bawah saya dengan bangga menyebutkan bekerja disini, sedang tugas disana, dan apalah istilah2 mereka, saya dengan sakittt mengatakan bahwa saya sedang mengasuh anak di rumah. Ya Allah.. saya kubur impian saya dalam2 untuk studi lagi, untuk bisa lebih dinamis, untuk bisa meraih apapun yang saya inginkan. rasa-rasanya saya rindu masa itu. masa ketika mimpi menjadi sebuah harapan yang besar. hari ketika mimpi menjadi penyemangat aktivitas sehari hari.

    terimakasih diperbolehkan berbagi.

    Reply
    • Haqqi

      January 24, 2018 at 6:26 am

      Maaf baru sempat membalas komentar. Wah, luar biasa sekali pengalaman dan cobaannya. Kalau boleh saran, coba belajar ilmu NLP, untuk bisa mengelola pikiran diri. Sedemikian hingga kakak bisa menerima kondisi saat ini, tidak terpuruk di situ saja, dan tetap terus berkembang. Gak mudah sih, tapi tetap harus dicoba. Semangat ya.

      Reply
  • Jessica

    June 21, 2018 at 11:24 pm

    Wah setelah ak baca, aku agak sedikit bimbang, aku udh tinggal sidang skripsi dan mau lulus, aku udh pernah buka usaha online ampir 2 thn sambil kuliah, tapi setelah lulus, aku jadi bimbang antara nerusin usaha online sambil kerja atau full usaha online…
    aku tuh tipenya ga suka kerja ma atasan alias diperintah untuk kerja ini itu, blum lagi pegawai tuh cmn bisa cuti 12 hari sethn,tapi bedanya pegawai pny gaji yang tetap. kl pengusaha kan ga tetap yaa..bisa rugi bs untung…
    cmn aku tuh suka jln2, krn itulah yang membuat aku berpikir utk usaha krn lbh fleksibel waktunya, mungkin mas bisa kasih masukan?

    Reply
  • Fem

    November 20, 2018 at 9:12 am

    mantap mas haqqi. Aku pernah rasain tekanan menjadi pegawai. Dulu aku kerja di salah satu bank swasta dan aku gak bgtu di hargai sebagai seorang pegawai outsourcing. Kebetulan aku kerja sbgai sales yang urus2 berkas user KPR di perusahaan property gituu, namanya juga sales pasti harus kuat mental kan. Teman pegawai bank dan teman marketing property semua pada cuek ama kita2 yng outsourcing2 gini. Sampai suatu saat saya memutuskan untuk berhenti dan membuka usaha. ALHAMDULILLAH usaha yg rintis lebih berkah.

    Dan suatu saat salah satu dari mereka datang ke toko saya untuk menawarkan produknya. Dia gak tau kalo toko yg di datengin itu toko saya, dan dia bertemu dgn saya dgn muka malu.

    Jadi… apapun pekerjaan anda, tetap hargai orang lain apapun profesinya.

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.