Berjejaring

Sekedar refleksi singkat (daripada bulan ini nggak ada tulisan)

Menjalani bisnis dari nol, ternyata gampang-gampang susah ya. Berbekal pengalaman seadanya, belum pernah kerja kantoran dalam waktu lama, apalagi nggak pintar-pintar amat. Tapi, tetap harus dijalani dengan sangat fokus dan cerdas. Kalo nggak gitu, buat apa pengorbanan selama satu tahun terakhir ini. Hehe…

Usut punya usut, salah satu kunci untuk kesuksesan adalah berjejaring, atau istilah yang lebih islami adalah silaturahim. Simple memang, dan jangan kaget kalau hasilnya nggak langsung kelihatan di depan mata. Justru kunci yang satu ini akan memiliki dampak panjang ke depannya. Ya, karena kita tidak ada yang tahu apa yang ditakdirkan oleh Yang di Atas.

Nggak sampai dalam sebulan terakhir ini, saya diajak kopdar oleh 2 orang yang berbeda. Yang pertama, sedikit lebih muda dari saya tapi pengalaman sudah merajalela. Dia punya pemikiran besar dan saya akui lebih hebat dari saya. Yang kedua, cukup lebih tua dari saya, dengan segudang cerita kesuksesannya. Beliau dengan santai mengajak saya buka bersama dan sharing tentang kisah dan prinsip hidupnya.

Ya, dua orang yang berbeda, tapi menjadi satu dalam topik posting saya kali ini. Yang sama dari mereka berdua adalah mereka sama-sama senang bersilaturahim, atau berjejaring, dengan siapapun itu. Salah satu prinsip hidup mereka, bahwa kita tidak tahu apa yang akan diberikan oleh Yang di Atas melalui jejaring-jejaring tersebut. Dan dari pengalaman mereka, itu sudah terbukti.

Jder! Dari pertemuan dengan kedua orang tersebut, saya jadi merasa diingatkan oleh Yang di Atas. Akhir-akhir ini saya jadi malas ketemuan sama orang, entah kenapa. Apa karena terlalu fokus sama kerjaan, atau karena tidak menyempatkan diri. Yang pasti, saya jadi merasa fresh setelah ketemu dengan kedua orang itu.

Padahal saya sendiri sudah mendapatkan loh manfaat dari silaturahim itu. Salah satunya adalah usaha saya yang beberapa bulan lagi akan launch, itu bisa terwujud dari berjejaring. Meski waktu itu belum terlalu serius berjejaring, tapi toh nyatanya bisa merasakan juga manfaatnya. Bismillah, setelah ini saya akan mulai enjoy lagi berjejaring, berkomunitas, berbagi, dan menjalani hidup dengan bahagia. Amiiiin.

2 Comments

Leave a Comment.