Desain Baru Website BisaKomputer.com

Akhirnya launching juga

Salah satu alasan mengapa blog pribadi saya ini jadi kurang update dan akhir-akhir ini isinya malah lebih banyak yang urusan personal daripada coding-mengcoding, adalah bahwa saya sudah membuat sebuah blog yang terpisah untuk menampung tulisan tutorial saya. Daripada campur-campur di sini, malah temen-temen yang lain nggak ngerti isinya.

Awalnya ide BisaKomputer.com berasal dari salah satu rancangan korporasi saya untuk masa depan, terutama dalam hal knowledge management dan media. Berkat berkomunitas, saya bisa ketemu seseorang yang mau diajak untuk menggarap bersama website ini mulai dari nol. Dimulai sekitar November 2011 lalu, kita menulis apa saja yang bisa ditulis. Sebagian berasal dari remake tulisan lama saya di tabloid PC Mild yang kini sudah tidak terbit lagi.

Tapi karena belum ada tim yang solid dan waktu itu fokus saya masih terpecah, maka berjalannya ya apa adanya. Tim inti BisaKomputer.com sendiri hanya satu orang. Rasanya mustahil untuk menelorkan sebuah produk website yang powerful. Tapi pelan-pelan saya menggandeng para teman dan kerabat yang mau diajak menggarap bareng website ini dari nol, dengan asas memiliki bersama.

Alhasil, tim inti mulai terbentuk beberapa bulan lalu. Sedikit demi sedikit sistem dibuat, dan konsisten menulis untuk berbagi. Sejak awal saya sudah mencetuskan visi bahwa kita harus membuat website tutorial yang benar-benar berkualitas, terutama dari sisi kontennya yang orisinal dan berbobot, namun nyaman dibaca. Sebab kami melihat sebagian besar website tutorial berbahasa Indonesia belum maksimal, dan malah banyak yang copy-paste (bahkan beberapa artikel populer BisaKomputer sudah dicopas oleh berbagai website loh).

Sampai saat ini, kami tetap konsisten untuk menulis dan menulis berdasarkan visi tersebut. Meski sekarang belum menuai hasilnya, tapi kami punya rancangan besar dari satu website kecil bernama BisaKomputer.com ini. Salah satu komitmennya adalah harus ada desain website yang menarik dan juga orisinal dari kami. Akhirnya saya bersama tim Mimi Creative sepakat membuat dari nol, dengan berbekal kemampuan yang ada.

Nggak perlu disembunyikan lagi bahwa engine yang kami pakai adalah WordPress. Jadinya kami bikin theme mulai dari nol, dengan Tri sebagai desainernya, dan saya sendiri yang coding mulai dari HTML, CSS, Javascript, sampai dengan PHP-nya. Beberapa website tutorial luar negeri seperti smashing magazine dan tutsplus menjadi acuan kami dalam membuat theme baru ini. Jadi jangan heran kalau sedikit mirip ya.

Tujuan lain dari pembuatan theme ini adalah demi membuat website yang nyaman dibaca baik di desktop maupun di perangkat mobile. Akhirnya kita putuskan untuk membuat responsive theme, salah satunya karena lagi nge-trend juga tuh. Padahal saya juga baru belajar-belajar loh bikin theme ini. Jadi asal nekad deh, yang penting jadinya keren dan elegan.

Setelah sekian lama perjalanan panjang di depan laptop tercinta (sambil setengah males-malesan), setelah sekian lama mengumpulkan niat dan mental, akhirnya hari ini theme baru selesai juga diimplementasikan. Memang masih banyak fitur yang belum dimaksimalkan, dan juga beberapa bug baik di PHP maupun CSS-nya. Pelan-pelan akan saya perbaiki dan semoga website BisaKomputer.com ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Nah, yuk menulis di BisaKomputer.com!

2 Comments

Leave a Comment.