Sukses #OblongUKM BloggerNgalam

Selesai sudah gelaran #OblongUKM yang diadakan oleh BloggerNgalam, bekerja sama dengan Kampus STIKI dan STIMATA. Acara ini digarap setelah undangan Blogger Bengawan yang menginformasikan bahwa ada kerjasama pelatihan UKM bersama PANDI dan Google Indonesia, yang mana si Fuad dan Maulidi yang berangkat. Kopdar sejenak, maka diputuskanlah acara ini dilaksanakan di Bulan Desember 2012 lalu.

STIMATA 1

Dalam kopdar, yang menarik di sini adalah ada beberapa aktivis muda yang merupakan anggota baru BloggerNgalam. Sang ketua pelaksana acara, Fuad. Pendamping setianya, Dimas. Ditambah lagi anggota baru Alvian dan Munir yang gak kalah actionnya. Kali ini saya sebagai ketua umum, hanya mengambil andil teknis sedikit sekali. Cukup sebagai Steering Committee yang membimbing dan mengawasi mereka.

Alhamdulillah, ternyata acara berjalan cukup sukses. Direncanakan ada 5 sesi dengan target mencapai 100 peserta, yang artinya tiap sesi minimal harus ada 20 orang. Sedikit keder waktu sesi 1 dan 2 di STIKI, peserta yang hadir tidak mencapai 20 orang tiap sesi, kurang beberapa orang saja. Tapi luar biasanya, pihak STIKI sangat mendukung dengan menyediakan lab yang luar biasa, serta mengundang beberapa pejabat dinas Koperasi dan Kominfo Malang, yang mana tentu menambah relasi BloggerNgalam.

Jadinya, rentetan acara ini dibuka oleh para pejabat secara langsung. Saya sendiri gagal ikut memberikan sambutan karena paginya ada acara. Setelah acara sesi 1 dimulai, saya dan para pejabat ngobrol-ngobrol singkat tentang bagaimana kelanjutan kegiatan ini nantinya, dan apa yang bisa dikerjasamakan. Syukur alhamdulillah, kami mendapat sambutan yang baik dari beliau-beliau.

stimata_3

Lain lagi dengan sesi di STIMATA. Karena mendapat dukungan dari berbagai dinas, beliau membantu penyebaran informasi ini. Selain dari brosur yang sudah disebar panitia sampai menjadi semacam sales, ternyata informasi juga sampai ke beberapa paguyuban. Gak nyangka, pelatihan 2 hari untuk sesi 3-5 yang direncanakan dengan target 60 orang, membludak jadi lebih dari 100 orang.

Panitia BloggerNgalam dan STIMATA sendiri sampai kewalahan, hingga lab baru tambahan pun dibuka. Untungnya, panitia tetap sigap dan bisa mengatasinya. Di hari itu pun, kami kedatangan tamu kehormatan dari Solo, pakdhe Blontank yang sudah banyak membantu lancarnya acara ini, terutama dalam hal komunikasi dengan EO pusat.

OblongUKM

Di seluruh sesi, format runtutan acaranya hampir sama. Pagi selalu dimulai dengan pembukaan, kemudian langsung masuk sesi pelatihan pemanfaatan www.bisnisgoonline.co.id. Yang bikin materi pelatihan dan juga langsung menjadi instruktur utama adalah Arief Bayu, CTO dari Tomatech. Setelah itu, ada sesi sharing dari salah satu anggota sepuh BloggerNgalam, yaitu Alix Wijaya yang telah sukses dengan produknya. Kebetulan di sesi terakhir juga ada tambahan sharing dari Willy dengan cerita inspiringnya. Willy juga ikutan jadi instruktur di lab tambahan waktu sesi ke 3-5 karena saking membludaknya peserta.

Oiya, hebatnya lagi ternyata ada juga peserta yang jauh-jauh datang dari Kota Blitar demi acara ini. Sekedar informasi tambahan, acara ini 100% gratis diadakan oleh BloggerNgalam untuk kepentingan sosial, dan kegiatan serupa dilaksanakan secara serentak di 9 kota di seluruh Indonesia. Ada Makassar, Ambon, Palembang, Ponorogo, Bangkalan, dan sebagainya. Teruskan semangat ngeblog yuk! *ngelirik blog sendiri yang mulai jarang ada postingan*

2 Comments

Leave a Comment.