Beban, Harus Dipikul atau Ditinggal Saja?

Jam segini, lagi ngobrol-ngobrol santai via Google Hangout, mendadak keinget mimpi semalam. Entah kenapa mimpi ini berkaitan dengan kondisi saya saat ini. Yang saya ingat hanya 2 cuplikan singkat, yang cukup membekas untuk direnungkan.

Yang pertama, saya bermimpi tentang seseorang yang sempat 10 bulan bersama itu. Dia sedang dibonceng sahabatnya di suatu jalan sempit, dan saya mengejarnya dengan motor di belakangnya. Entah kenapa, saya memutuskan untuk tak menyapanya saat menyalip. Setelah itu saya menghadapi jalan berkelok, dan ketika saya menoleh ke belakang, dia sudah menghilang.
Mimpi yang kedua mungkin adalah tentang beban dan tanggung jawab. Saya bermimpi saya sedang berjalan di suatu tempat, sambil membawa tas punggung yang begitu berat. Awalnya saya begitu semangat untuk menjalaninya. Tapi ternyata tidak ada 20 menit saya berjalan, saya menyerah. Saya merasa gak sanggup memikul beban itu.

Tas tersebut saya taruh di bawah, dan seketika saya merasa sangat ringan. Saya bisa berjalan beratus-ratus meter dengan sangat mudah. Saya bebas kemana-mana. Saya tidak terikat. Semua mendadak cerah.

Tapi entah kenapa, saya merasa gak nyaman. Gak berapa lama, saya memilih untuk kembali ke tempat saya menaruh tas saya. Memikulnya kembali, dan berusaha keras berjalan. Dan, saya pun tidak ingat lagi kelanjutan mimpi itu.

Dari sini saya bingung. Apakah beban itu harus ditinggal, atau dipikul hingga tempat tujuan? Apakah tas itu benar-benar sebuah beban? Tapi kenapa saya merasa gak nyaman meninggalkannya? Jangan-jangan saya justru lebih merasa hidup apabila berhasil memikul tas itu hingga garis finish.

Yang terakhir saya bingungkan, apakah mimpi kedua ada kaitannya dengan mimpi sebelumnya? No one knows.

~sent from Nexus 7

2 Comments

  1. kata orang, ada 3 jenis mimpi: hanya bunga tidur, sebuah pertanda, atau gangguan setan.

    kedua mimpimu sepertinya, sepertinya lho ya, itu sebuah pertanda.
    lalu apa maknanya?
    coba tanya ke mbah mimpi, hihihi

    peace, ^_^

    Reply

Leave a Comment.