Perbedaan Itu Indah

Baru beberapa hari di Solo, acara Asean Blogger Festival 2013, saya sudah menemukan hal menarik untuk ditelaah. Ceritanya, saya lagi mencoba mengamati 2 jenis orang yang memiliki background berbeda. Saya mencoba mengamati perbedaan sudut pandang mereka tentang acara ini.
Yang satu adalah blogger senior dan sudah sering hadir di acara kopdar-kopdar seperti ini, dengan berbagai format. Komentarnya adalah, acara ini terlalu diatur. Harusnya peserta bisa bebas donk mau ngapain, kan namanya juga festival. Yah, bisa ditebak juga apa saja tindakan dia di acara ini. Dia jalan sendiri ke mana, keluar ruangan acara, absen ikut sesi yang dia tidak suka, dan berkumpul dengan teman-teman yang memiliki cara pandang serupa.

Nah, yang satu lagi beda. Dia adalah blogger newbie yang belum pernah ikut sama sekali acara kopdar blogger. Dia lebih sering ikut acara-acara formal yang sudah tertata rapi dan terfasilitasi, dengan panitia yang cekatan. Komentarnya adalah, acara ini tidak profesional sama sekali. Acara berjalan tanpa kejelasan rundown dan konsep, peserta tidak diatur dengan baik, tidak ada aturan-aturan yang wajib ditaati peserta, dan sebagainya. Banyak hal yang membuat dia sangat jengkel di acara ini.

Sementara saya, cukup netral. Saya melihat kedua pendapat teman saya di atas masing-masing ada benarnya, ada kurang cocoknya. Tapi gak ada yang salah. Saya sih, mencoba enjoy the process sambil mengamati berbagai kejadian yang ada di sekitar saya ini. Sekedar senyuman saya tampakkan ketika mendengar celotehan dari kedua teman saya ini.

Kalau sudut pandang saya, acara apapun asal bisa jadi ajang kopdar dan temu kangen bareng temen-temen blogger, ya dijalani aja. Berbagai format acara dan lika-liku di dalamnya, cukup jadi cerita, pengalaman, dan pelajaran saja. Hidup ini indah, kawan!

2 Comments

Leave a Comment.