Tertawakan yang Patut Ditertawakan

Ceritanya barusan gak sengaja baca quote di sebuah akun twit yang isinya kata-kata bijak. Kayak gini nih quote-nya.

You can tell how smart people are by what they laugh at.

Tina Fey

Jadi teringat betapa aneh rasanya waktu saya tertawa terhadap suatu hal yang mana orang-orang di sekitar saya gak tertawa. Bukan salah mereka sih, tapi memang wajar kalau mereka gak tau apa yang saya tertawakan.

Kadangkala, kami orang IT punya berbagai jokes yang mana hanya dipahami oleh orang IT. Gak heran ada Facebook Page yang namanya “I am programmer, I have no life”. Dijamin orang non-IT pada gak “ngeh” dengan jokes yang ada di dalamnya.

Mungkin saya pun gak akan “ngeh” dengan jokes para mahasiswa kedokteran. Saya pun gak akan “ngeh” dengan jokes di suatu forum yang mana saya gak menguasai ilmunya. Gak jarang saya berkumpul di suatu komunitas yang baru saja saya masuki, mereka pada tertawa, saya diam dan bingung mereka ngomong apa.

Ini memberi pelajaran bagi saya dalam hal komunikasi. Bahwasanya kita harus bisa membedakan candaan seperti apa saat berkumpul dengan orang-orang yang berlatarbelakang seperti apa.

Saat berkumpul dengan sesama orang IT, saya akan ikut dalam arus jokes seorang programmer.

Saat berkumpul dengan sesama orang bisnis, saya akan mencoba bercanda hal yang berbau bisnis.

Saat berkumpul dengan orang-orang dengan kecerdasan tinggi, saya akan bercanda hal-hal yang membutuhkan sedikit pemikiran.

Jadi jangan heran kalau ada seseorang yang tiba-tiba tertawa tanpa sebab. Bisa jadi saking luasnya pengetahuan dia, membuat dirinya bisa menertawakan banyak hal. Karena dia tau keanehan dari berbagai macam hal di dunia.

Yah, selera humor setiap orang memang berbeda-beda. Maka, berbahagialah bagi Anda yang bisa menertawakan hal-hal yang patut ditertawakan (menurut Anda).

7 Comments

Leave a Comment.