Speedy Jahat?

Sehari-hari, saya mengakses Internet di kantor saya, dengan menggunakan provider Speedy paket fiber optic 5MB. Namun seminggu kemarin saya keluar kota, dan jarang sekali mengakses internet melalui web browser. Baru kemarin saya sampai di kantor dan lanjut ngerjain segala hal yang belum kelar.

Saat saya membuka browser, saya merasakan hal yang aneh dengan iklan yang muncul di halaman Dashboard blog saya ini. Lah, di Dashboard kok muncul iklan? Sempat terpikir bahwa laptop saya kena virus iklan. Tapi setelah saya amati dan tanya temen di sebelah, ternyata hampir semua situs muncul iklannya. Di aplikasi Steam pun (yang notabene embedded web browser) juga muncul.

speedy-jahat

Saya memang orang IT, tapi bukan spesialis jaringan. Jadi cuma sedikit-sedikit tahu tentang teknis seperti ini. Tapi dari yang saya pelajari, sepengetahuan saya ini bukan dari servernya.

Ini adalah sebuah teknik injeksi ke halaman HTML yang dilakukan oleh penyedia layanan jaringan. Dalam hal ini, tentu saja Speedy, yang saya pakai. Dengan suatu teknik, mereka sengaja menyisipkan kode HTML iklan di data yang terkirim dari server ke laptop saya. Kata kuncinya adalah “sengaja menyisipkan”.

Menurut saya, ini adalah tindakan kurang ajar. Mengapa? Karena kita bayar nih jasa layanan koneksi Internet. Tapi mengapa kok dapat sisipan iklan?

Dari sini, kita juga bisa ambil asumsi bahwa Speedy juga sniffing (sejenis membaca secara diam-diam) data yang kita akses di Internet. Artinya, privasi kita dilanggar! Mereka bisa mendapatkan apa saja data yang kita ambil di Internet. Jadi bayangkan kalau data tersebut disalahgunakan oleh oknum, entah gimana akibatnya.

Buat orang kurang paham IT sih, mungkin tidak mengerti tentang hal ini. Tapi tidak dengan teman-teman saya yang banyak terdiri atas orang IT. Coba nih, 2 dari sekian banyak status yang saya capture di Facebook, menunjukkan kemarahan mereka. Saya juga emosi sih, kurang ajar banget nih. Speedy jahat banget.

Salah satu status teman saya yang mengerti jaringan

Salah satu status teman saya yang mengerti jaringan

Mungkin teman-teman yang menguasai jaringan bisa sedikit komentar dan kasih tahu saya apa sebenarnya yang terjadi ini. Saya sih tidak merasa pernah menyetujui terms of service Speedy yang semacam ini. Kabarnya dari pengguna Telkomsel pun mengalami nasib yang sama, dapat sisipan iklan. Hey, kita ini bayar gaes. Iya kalau kita pakai koneksi gratisan, bebas deh mau sisipin iklan.

Tapi coba lihat status teman saya di atas, terkait respon CS Speedy. Adblok mungkin bisa menjadi solusi (seperti status di atas). Tapi itu pun hanya untuk yang mengerti. Dan ini tetap saja, artinya Speedy kirim iklan ke kita, kita yang repot-repot ngeblok. Rasanya seperti kita pesan barang, dikirim pakai J*NE, dengan bonus baliho segede gaban. Kita yang harus buang sendiri baliho itu di tempat sampah depan rumah, yang entah akan menumpuk sampai kapan.

Status lain dari meja sebelah saya

Status lain dari meja sebelah saya

Jadi gimana, apa kita bisa melaporkan ke perlindungan konsumen? Atau kita mau diam saja dan pasang adblock?

Update:

Karena yang di-inject adalah request content type html, jadi hampir semua aplikasi yang pakai http client kena tuh. Nih, contohnya di GOM Player yang saya pakai sebagai pemutar video. Di bagian bawahnya kan ada iklan, yang berdasarkan analisa saya, ditarik dari Internet dengan GET yang mengambil konten HTML. Karena format HTML-nya berubah, jadinya error di GOM-nya. Gak enak banget kan bentar-bentar keluar dialog error seperti di bawah ini.

speedy-jahat-4

Update 17 Desember 2014

Yang dirugikan bukan hanya pelanggan/pengguna layanan internet ini. Tapi juga tentunya pemilik website. Hari ini saya coba akses website salah satu merk RAM komputer (karena saya berencana beli), yang saya dapati hanya halaman putih kosong. Beberapa kali refresh juga sama. Saat internet saya lambat, ternyata pada saat web sudah setengah load, tampilannya muncul. Tapi setelah selesai load, sisa putih saja. Saya coba inspect element, ternyata benar dugaan saya. Script ini me-replace seluruh konten HTML.

speedy-jahat-5

Mungkin ini tidak terjadi di semua website, hanya beberapa saja. Tapi jelas ini tindakan yang merugikan pemilik website yang kebetulan script-nya tidak sesuai sehingga rusak saat diinjeksi oleh Speedy ini. Mari kita lihat lagi perkembangannya.

126 Comments

  1. sapa bilang spidi jahat? yang ada telkom jahat. gak usah masalah iklan lah. masalah harga saja, kita dimainin. saya tinggal di surabaya sekarang. tapi saya 26 tahun tinggal di sidoarjo. saya pelanggan spidi sejak 2006!
    dulu harga spidi seragam. tapi akhir2 ini, harganya tidak tentu tergantung area. 1 mb di surabaya sama di sidoarjo beda. mungkin kita bisa memaklumi karena beda wilayah. tapi kemarin saya ditawari seorang teman, teman saya ini bisa ngasih spidi 3 mb dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan 1 mb. terserah wilayah mana saja. surabaya, sidoarjo, gresik, dll. dari sini saja kita sudah merasa aneh. kenapa harga bisa dipermainkan!
    tak hanya itu, saya sudah pernah laporan juga ke CS mau nutup spidi. sudah mengajukan ke 147 untuk putus. eh selang sehari, saya ditelp dan diberi promo. harga 3 mb spidi + telp lokal unlimited menjadi 250 rb. aneh ya rasanya. itulah telkom. 😀

    Reply
    • Iya, bentuk promosinya sekarang gila-gilaan. Rumah tetanggaan aja bisa bayarnya beda untuk speed yang sama. Ini lucu sekali. Jadinya harga yang standar gimana nih. Okelah kalau beda kota, bisa beda tarif tergantung lokasi. Lha ini tetangga loh!

      Reply
    • hooo..
      ane pemakai speedy, tapi belum nemu iklannya gan

      tentang harga, mungkin teman ente baru masang speedy gan
      setau ane, kalo pelanggan baru harganya setengah harga dari harga biasanya, 3mb bisa 350rebu, tapi setelah 6 bulan (atau 3 bulan) harga balik ke normal jadi 700rebuan/3mb (setau ane loh gan)

      😀

      Reply
      • 2 tahun aku bayar spidi 3mbps 750rb, bulan kemaren ditelp marketing spidi katanya kasian aku bayar mahal. trus minta ijin update ke harga baru.. 180rb perbulan. dah 2 bulan ini bayar spidi 180rb sebulan..lumayan.

        Reply
    • biasa petugas telkom pintar silat mulut, saya dah 3X minta migrasi ke indihome yg harganya murah,, nyatanya sampai skrg saya ttp bayar tarif lama… apa ini ulah petugas atau memang aturan tarif yg aneh? harusnya masalah tarif contoh tuh pihak PLN.. mereka terbuka…ada kelas ABC jadi ga terkesan takut & rada tertutup

      Reply
  2. speedy pancen a*u! udah bayar mahal, di Blitar paketan 1MB 250rb/bln blm ppn. saya tanya untuk 3 MB harganya sampai 600an.

    di Surabaya temen saya 150rb FO dapet 5MB :D. padahal udah ada kabel FO juga di Blitar.

    iklannya ikut floating pula. nggangu navigasi banget. di kaskus ada cara untuk ngakalin biar iklan enggaj muncul.

    Reply
  3. Bukan cuma speedy ternyata wifi.id juga getu, history pemakai berkunjung ke web mana saja kecatat dan tersimpan oleh wifi.id. Dan kadang kalau lagi eror wifi.id nya, iklan dari wifi.id di arahkan ke blog atau website yang pernah di kunjungi pengunjung..

    bener bener gemblung telkom

    Reply
    • Kalau free wifi.id sih, saya gak ada masalah. Gratis kok mau enak. Tapi kalau wifi.id yg pakai beli voucher, itu sama juga kebangetan. Bikin rusak struktur web dan bikin error aplikasi yang pakai http client.

      Reply
  4. Harusnya dengan adanya iklan Internet Speedy dan telkomsel harusnya bisa lebih murah dari provider lain. tapi kok masih lebih mahal dari Firstmedia dan yang lain ya ?
    Harusnya Internetnya jadi 50% harganya. atau Gratis.
    Telkom harus memberikan pilihan:
    Tarif Standard tanpa iklan.
    Tarif murah 50% atau Gratis dengan iklan. dan biarkan pengguna memilih

    Reply
    • Setuju. Jadi ditawarin mana yang gak di-sniff (bonus injeksi iklan) dan mana yang gratis tapi telkom bebas ngapa2in.. Ada harga ada rupa lah… Lhaaa ini udah mahal kena injeksi..

      Reply
  5. wah ternyata senasib juga bro, ane sampe bikin rule khusus di router lewat Layer7 dan di squidguard baru mampus iklan2 itu. tapi efeknya resources router jadi naik sampe 70% hanya untuk blokir segala macam gangguan itu.

    Reply
  6. kita kampanyekan untuk block server iklan nya mereka aja… Caranya disemua pc rubah Hosts filenya (Kalo Unix /etc/hosts atau di windows rumah windows/system32/hosts file)

    Tambahin Ini:

    127.0.0.1 U-ad.info

    Biar server iklan nya dia mampus ngelookup Ke pc kita sendiri

    Reply
  7. Selamat siang, Mas. Saya juga ada pengalaman yg sama dengan ini nih, Mas.
    Kalau boleh tau, Mas Haqqi kan pakai Speedy paket fiber optic 5MB, itu termasuk ke dalam kategori Speedy Reguler ya, Mas? Atau Speedy Gold? 😀

    Reply
  8. hanya saran saja, ganti dns dan blokir host yang bersangkutan di file hosts masing2.
    ini injeksi DNS, mereka bisa aja ngatur DNS kita untuk merequest file2 berbau malicious untuk meremote komputer/laptop kita atau mengotak-atik privasi kita.

    Reply
      • ada kemungkinan hijack DNS atau emang kenakalan pegawai telkom, selama saya pake DNS google juga aman2 aja ditempat saya, ketika saya coba ganti ke 202.134.1.10(DNS Telkom Surabaya) ya yg terjadi ada beberapa malicious masuk ke Temporary, ya untungnya saya pake x64, mungkin karena faktor perbedaan arsitektur virus tertentu ga bisa dieksekusi di x64

        Reply
  9. Wah wah wah pantesan saya kira lepi saya kena virus rupanya ini toh permainan speedy.. trus saat buka web tertentu ga bisa akses.. coba pake modem batangan mah bisa.. hohohoho ngeri ya sadis

    Reply
  10. tambahan… ane 384 kbps bayar 300 totalnya.. ane heran juga… daerah pekanbaru kira kira worth ga ?? saya merasa ditip 🙁 kalo ada firstmedia mungkin saya pindah kesitu aja murah dan cepat

    Reply
      • Kalau daerah malang ada CBN saya recommended pakai CBN. CBN Yang pakai FO udah ada. Untuk it support responnya bagus kalau ada gangguan. 5 Mbps hanya Rp. 800.000,-/bln. Kantor saya pakai CBN mantab deh koneksinya. Kenceng banget. Bayangin ngedownload film 450 Mb hanya 15 menit. Kalau lagi down koneksi minimal dapat sekitar 4 Mbps. Dulu juga kantor saya pakai speedy. Aduh tiap hari koneksi putus terus tiap hari dari jam 11 s/d 17.00. Telkom parah pelayanan. Kalau kita datang ke kantor layanan jawabnya nanti team lapangan kami segera untuk chek ke kantor Bapak. Tapi nyatanya gak ada satupun yang nongol. Kalaupun nungul kalau udah complain ke 20 kali, baru nongol itu pun harus mencak mencak.

        Reply
  11. Di daerah saya juga terjadi ketimpangan harga, saya sudah lama ambil paket speedy yang 512mbps dengan harga 140.000/bulan. Lha masak tetangga samping rumah saya ambil paket 1 mbps cuma bayar 140.000 juga ? gemblung bener, masak tetangga dibedain.
    Saya pernah komplain langsung ke telkom didaerah saya, katanya temen saya itu dapat promo. Haduwh, hati saya bener2 dongkol, mana jaringan internet disini paling bagus cuma speedy, soalnya saya didesa. Kalo ada jaringan lain, udah lama saya pindah.

    Reply
  12. Thanks gan infonya, sekarang saya udah tau penyebab beberapa game online pas updater nya sering ada script error sama kalo lagi buka beberapa website sering keluar iklan. untuk mengatasinya apakah bisa dengan mengubah DNS atau proxy?

    Reply
  13. Saya merasa ini masalah besar dan menyelipkan iklan seperti ini adalah tindakan yang tidak sesuai dengan etika bisnis, pelanggan yang sudah membayar untuk layanan internet terpaksa melihat iklan lagi hanya demi profit. Padahal bisnis di luar Indonesia pada umumnya menggunakan iklan sebagai bahan profit bagi layanan gratis, ini tak masalah.

    Saya punya pengalaman pribadi juga, saya developer amatiran yang sempat membuat aplikasi yang menggunakan HTTP get untuk klien saya. Dalam pembuatan, software saya tidak ada masalah karena saya tidak menggunakan speedy. Belum lama, aplikasi ini saya kirim ke klien saya, mereka sempat protes karena aplikasinya tidak fungsional. Setelah saya inspeksi di tempat ternyata speedy adalah penyebabnya dan saya terpaksa “memperbaiki” software saya. Kurang ajar memang, semoga ada tindakan dari masyarakat untuk menangkal hal ini.

    Reply
  14. Saya sudah stop berlangganan dgn sapi bulan ini. Lega rasanya….. bye maksimal!!!
    Sekarang pake tri tiap bulan cuma 100rb bisa puas dan tanpa gangguan

    Reply
  15. Kalau boleh sumbang saran dari sisi law enforcement, laporkan permasalahan ini ke BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen). Kalau bisa bikin laporannya jgn bareng2 tp diajukan di BPSK kota/kabupaten masing2. Kan perusahaan jadi harus nanganin komplain di banyaj tempat 😀

    Reply
  16. pantes aja gue pernah lagi nyari2 bahan buat tugas eh ada web yang ga muncul contentnya uda di refresh beberapa kali pun tetep layar putih -_-

    Reply
  17. itu speedy memang melakukan paket inspection di port 80 alias port untuk web.
    setiap ada paket dgn isi trus diganti dengan paket berisi script yang akan memanggil iklan.

    Reply
  18. gue ngalamin yg sm setiap gue buka aplikasi web keluar iklan penjualan online sampe di komplen sama klien dia juga pake speedy, masalah lain sekarang muncul anak gue gak bisa laptop ya, gak bisa buka https ( google, yahoo, facebook os ya win 8 ) gue binggung soalnya di laptop gue bisa win 7 bisa. anak gue bilang kalo pake bolt bisa gue jadi nambah binggung apa ini juga karena speedy nya ( setelah baca ini curiganya gituh ) tolong pencerahannya

    Reply
  19. ini lalu ada saran gimana bang untuk ngatasi?
    pakai ABP juga ga konjat, poarah banget memang
    kalau browsing web mungkin bisa kita akali buat ditangkal,tetapi kalo buat ngegame hancur total, server game bukan kita yg punya, kalo scriptnya ditolak sama sana, kita pun ditolak dari gamenya..

    sini bayar 2 koneksi masing-masing 3Mbps, saat telpon 147 dan komplain, teknisi datang pun bilang “baru pertama kali menghadapi masalah seperti ini” padahal yg komplain seperti ini banyak dan ga cuma bulan ini, awal tahun juga ada yg komplain.

    ini mau cari uang tambah, apa mau bikin pelanggan pindah ISP lain? mau cari tambahan pemasukan apa menghilangkan pemasukan sama sekali

    Reply
  20. paket fiber optic 5MB? Speedy…
    gak usah ditanya gan
    ane paket biasa 2 Mb dapetnya cuman 1Mb, 2 Mb itu cuma burstnya
    pake icon plus aja gan, itu bukan dari telkom, tapi stabilnya ajib banget gan
    downstream sama upstream nya 1 : 1
    itu dipakai sama perbankan sama perusahaan besar(VPN), paket internetnya juga ada, per bulannya sampai 5 jutaan bisa nego
    kalau minat pm ane aja gan
    ane bukan sales, nanti ane terusin ke marketingnya

    Reply
  21. Bener nih gan emank Suram nih speed banyak website yang blank ketika di buka karena injeksi html , kemaren juga pas ane maen dota 2 sampe di dalam game nya pun ada iklan ini jelas menggangu sekali

    Reply
  22. Saya tidak pakai speedy tapi biasanya modem, telkomsel.
    beberapa hari yg lalu sempat juga semua browser yang saya buka muncul iklan semua bahkan google saja ada iklannya.
    ya selaku orang yang hoby download software, saya punya firasat ini kerjaan aplikasi. setelah saya cek dan unistal 1 per 1 aplikasi yang tidak nyambung, akhirnya browser normal kembali. mungkin bisa dicoba bagi yg lagi bermasalah dwngan Ads.
    pertanyaan gimana?
    bagi download mania mungkin tau dengan file host seperti tusfiles dan getthisfiles. itu website bagi newbie pasti kena deh dan saat di instal maka akan otomatis menginstal applikasi yang memang membayar jasamereka. disini aplikasi (ads) yg mengganggu html.

    jadi be smart, jika anda download mania.
    masalah ini dilakukan oleh OP, saya g tau. tapi satu bukti kuat adalah seperti yg saya alami diatas, kalau OP saya belum mengalaminya.. hehehe

    Reply
  23. hahahahhaa… ga akan ada habisnya kalau bahas kekurangan speedy! gw udah bertahun2 & berjuta2 rupiah habis demi internet tidak nyaman yg disuguhkan speedy.
    untung gw udah ganti provider Innovate, speed 10mbps unlimited cuma 200rban / bulan, speednya true ga kaya bualan speedy..

    Reply
  24. yaah mau gimana lagi. saya ambil positifnya aja. kalo gak ada iklan kemungkinan besar harga internet lebih tinggi, karena iklan kan salah satu alternatif pemasukan mereka juga. drpd internet lebih mahal yah mending ada iklan deh

    Reply
  25. wah ane juga ngalamin hal kaya gitu gan, makasih atas informasinya.
    chibay juga ya speedy, ane nyesel pake speedy!
    ijin share gan biar semua konsumen speedy jadi paham, dan tidak di bodohi

    Reply
  26. Emang parah speedy, uda gt tambah transparent DNS yang makin bikin censorship makin tai.
    Kayaknya emang bener2 butuh petisi buat bikin speedy yang intrusif kayak gini biar berubah, kayaknya indo ga ada agensi kaya FCC ya, buat regulasi para ISP/perusahaan telekomunikasi dan praktik mereka biar gak maruk.
    Jgn sampe macem comcast mulai muncul disini dah.

    Reply
  27. Kalo make adblock chrome, bisa pasang blacklist domain:
    Dari options-nya adblock > Your own filter >
    masukkan filter ini: ^u-ad.info^
    Trus klik add filter.
    Tewas dah itu iklan.

    Yang mobile bisa juga pake adblock for mobile, tapi mesti root device-nya.

    Serius, itu provider pada greedy. Saya mau pindah ke provider lain yang gak make intrusive ads!

    Reply
  28. keluhannya berfariasi banget bang..emang bener 2 bulan kemarin masih aman lancar saja ngegunain Corel X7 nya (belum ada berburuk sangka dengan speedy), eeeh ga taunya setelah lihat postingan dari bang haqqi ( terutama di gambar eeror script nya ) timbul beberapa acuan yg jelas ini “Ulah” nya speedy, script error nya sering mucul pas selesai nge save hasil coretan di corel, setelah di save sya coba buka kembali, eee la dalah kok ada yang berubah dengan coretan sya, bener2 dah tu speedy smpe segitunya, tapi sempat berfikiran aneh juga pass ga di colokin ke internet tu script ga muncul lagi bang, apa ada tu solusi bang? apa perlu kita berbondong ke plaza nya telkom?

    Reply
  29. Terima kasih sekali infonya, TOP
    ane pernah jadi bulan2an klien krn website kantor ngga bisa dibuka, mana klien yg protes ratusan lagi dan sebagian pake bhs kebon binatang. Ane cek website kantor dari ujung ke ujung, ngga nemu bug ato masalah. Ane cek web pake bolot juga ngga masalah. Intinya ane dendam banget ama speedy. Kalo ada yg mo buat petisi atau ngajuin tuntutan ajak2 ane yaa

    Reply
  30. Salah satu efek samping lainnya, AV saya gak bisa update kalo pake koneksi telkom. Kalo dibelokin via VPN langsung lancar. Errornya jelas : hash sum mismatch. Jadi dugaan saya ada efek script juga.

    Reply
  31. kmaren jg kena tuh, tapi cuma sehari, padahal udah pake adblock plus tapi yg kena blok cuma gambar bannernya sedangkan frame bannernya masih nongol dengan dua tulisan: “hide” dengan “close”
    yg berengsek tuh bkn cuma telkom, telkomsel udah dluan dg inter..blah..blah ads-nya, mereka blg alasan ngelakuin itu krn iri dg website2 populer ky fb, twitter,kaskus dll krn mereka yg capek2 bgn infrastruktur jaringan tapi yg byk dpt duit mereka2 itu.. halah cape deh.. diluar negeri jaringan 100x lebih cepet dari speedy/telkomsel ga ada org tu ngeluh gituan, emg mental pengusaha mcm gini nih yg… ah sudahlah -_-

    Reply
  32. kebetulan saya pengguna speedy n beberapa rekan saya kerja di telkom. untuk adv, ane sampe saat ini saya belum mengalami (penggunaan speedy saya masih 1thn). n untuk harga yg beda2 menurut info dari karyawannya, kalau pasang baru itu harga tergantung zona2 yg ditetapkan telkom. mungkin yg sering dapat harga beda jauh adalah ketika upgrade paket baru. hampir setiap pelanggan bisa mendapatkan promo harga murah tapi kecepatan tinggi tapi ini upgrade pak, bukan pasang baru plus dg iming2 telp gratis sesama tlp rumah seluruh indonesia, nama programnya Indihome CMIIM.

    Reply
  33. Sniffing? kyknya iya mas. Saya suka iseng ketik di internet browser isinya keyword2 yg menjelek2an si provider ketika internet saya bermasalah dan 1-2 hari stelah itu saya selalu di telepon oleh cs nya ditanya apakah ada masalah dengan jaringan saya atau tidak. Saya sudah nyoba trik itu beberapa kali dan bener-bener di telepon. Entah kebetulan si cs nya lg random telepon costumer atau memang mereka sniffing.

    Reply
  34. dns sekarng jga krng mempan. tetep aja kena
    bukti klo kita mulai d sniff itu dg sejak munculnya mercusuar, internet positif,dll. kemudian mulai semakin intrusive sedikit demi sdikit dengan munculnya adv. kemudian muncul injeksi sperti saat ini, injeksi ini klo saya pikir-pikir ini untuk membypass privacy ketika kita menggunakan dns atau proxy shingga walaupun kita menggunakan dns atau proxy mereka tetep bisa memantau kita.

    Reply
  35. Wah parah ya speedy. Saya tinggal di daerah cakung timur, mau tanya ISP lain selain speedy di situ. soalnya ga dapet info ISP lain yg masuk selain speedy. Mau ga mau pasang speedy deh nanti. Mohon advise nya.
    Btw semua injection itu yag pada kena pengguna windows aja apa mac juga pada kena ya? saya pake macbook pro dan selama ini saya kalo ke cafe internet pake speedy ga pernah temuin hal injection gitu2 sih…

    Reply
  36. Emang bener ini bro speedy emang agak tamak.
    Bayangin aja 3mb di depok 350rb mana kl ujan sering dc, masalah ads kek gt blm ngalami sih. Untung minggu ke 2 bln desember ini ud ganti isp ke inn*va*e mayan lah. 10mbps cmn 145rb dpt tv kabel lg.

    Reply
  37. Undang-Undang No.11 Tahun 2008 BAB VII PERBUATAN YANG DILARANG Pasal 32 Ayat 1 Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik

    Reply
  38. coba pakek vpn atau ssh bro…agak aman dari aktifitas snifing, menurutku speedy itu murah,sedikit jujur dari operator lain. Unlimited asli unlimited betulan, gak kayak operator lain (unlimited palsu pakek kuota). coba kamu download sehari bergiga2 bayarnya tetep, tapi kalo pakek operator lain?. pasti kena palak berkali lipat. jadi lebih jahat mana speedy ama operator lain?.

    Reply
  39. Kalo speedy saya sangat Males gan
    Tentang pelayanan, AD/ART yang tidak sesuai dengan realitasnya apalagi setiap daerah beda rasa beda harga -_- #Mengenaskan Memang
    Ane sudah males makeknya -_- ngak jelas Banyak auto iklan dan jaringannya juga ngak jelas -_-
    Ane sering menjumpai penyisipan Scipt iklan di jaringan speedy -_- hmm. Kejadian itu pas ane di warkop yang menyediakan free wifi dan tidak menggunakan mikrotik -_-
    Males + Bosan setiap mau brosing selalu muncul iklannya
    As* Memang -_-
    Lama ane menacari script nya
    Lalu ketemu dah Hehhee
    Ternyata Bawaan Speedy memang -_-

    Ane terinspirasi Dengan DNS Hijack 😀
    Tapi ane hanya mengganti DNSnya aja 😀
    Dari DNS Speedy Ke DNS Google Singapura 😀
    Dan hasilnya hehee..
    Tanpa iklan gan dan inetnya lancar jaya apalagi pass download hahahaa

    Itu saja Gan curhatan ane 😀 😀

    Reply
  40. Ketentuan tersebut sudah ada pada brosur telkom bro. Kalau mau yang tanpa iklan pakai speddy gold. Gw dikantor pakai Speedy gold sampai saat ini tidak ada iklan, dirumah juga pakai sppedy reguler indohome memang ada iklan. Gw sendiri sudah baca ketentuannya dibrosur. Baca dulu sebelum beli!

    Reply
  41. Telkom ekspansi untuk grabbing big data dari semua customernya. Tujuannya untuk memarketkan customer dengan yang namanya “iklan / ads”. Extra income.

    Perihal harga yang dijawa mustinya bersyukur karena diluar jawa telkom relatif lebih mahal lagi.

    Perihal ads yang merugikan, sampai sekarang di Balikpapan produk telkom inthehome masih melakukan inject ads. The annoying got better annoying.

    Reply
  42. Bener gan, ane juga web dev di malang kok. Kebetulan webnya ane develop pake slimframewrok sama vueJS. Yg bikin kesel, kedua web itu laaamaaa diakses, padahal kan kita butuh banget buat baca dokumentasinya. KZL!!! jadi tiap kali mau baca, harus lewat anonymous proxy dulu baru kenceng diaksesnya -_-

    padahal kalo ane pas pulang ke rumah di tangerang (pake First Media), lancar2 aja gan. akhirnya ane nanya temen ane yg jago jaringan, katanya Speedy maen sniffing. Browsing2 akhirnya nemu artikel ini dan bener ternyata kata temen ane itu. Cuks lah

    Reply
  43. GW Udh tutup speedy dari lama min.Speedy tuh penipu….Gw tutup lewat telfon 147 bisa katanya dan gw tutup lewat telfon karna 2 bulan gabisa ngakses internet, katanya kabel di gardunya ketuker tapi kejadian ketuker 3x dan ahirnya gw tutup dari telfon, tapi 3 bulan kemudian dapet telfon dari speedy dan bilang mohon segera dibayar tagihan internet selama 4 bulan, lah kan udh ditutup ? tapi di data kami bapak masih menggunakan layanan kami…..dan ahirnya gw tutup dari plaza telkom dan bayar tagihan internet yang ga gw pake selama 4 bulan ( kalo ga ditutup tagihan jalan terus, mungkin bertahun tahun )

    Reply
    • kalau di kampung saya ada akses internet yang lain mungkin saya akan langganan di situ.. memang sampai sekarang juga script iklan itu masih muncul kira kira beberapa hari yang lalu. padahal waktu pertama kali berlangganan gak ada script iklan seperti itu.

      Reply
  44. saya juga nih.. baru muncul iklannya.
    menurut saya ini suatu hal yang melanggar hukum, karena ISP memasukan scrip atau suatu program untuk melakukan Iklan illegal yang tidak disukai oleh customer, persis seperi addware yang memaksa dan menggangu browser user.

    saya rasa harus ada tindakan hukum atas perbuatan Telkom yang sama telah memaksakan iklan pada browser user, karena sudah masuk ke personal computer dan diluar jalur jaringan atau property mereka.
    terkecuali jika browsernya punya telkom speedy, atau computernya dipinjemin telkom, saya tidak keberatan.

    eh Representative telkom mana kamu??!! tanggung jawab.. dasar tidak tahu malu..
    Terimakasih

    Reply
  45. ini tiba2 banyak yang komplain halaman web klien jadi whitescreen…
    googling2 nemu artikel ini…ternyata gara2nya script injectnya speedy merusak layout…
    jadi nambahin kerjaan aja ini ya… 😀

    Reply

Leave a Comment.