Akhirnya, Website Baru Pictalogi.com Dirilis!

Gaes, pengumuman nih. Setelah beberapa bulan ini bertapa di depan laptop kesayangan, saya bersama tim Pictalogi.com akhirnya telah berbangga merilis versi baru websitenya. Versi yang awalnya rencana dirilis bulan Mei 2015 ini harus mundur hingga 1 Agustus 2015. Bukan kenapa-kenapa, karena memang kita pingin dalam rilis baru ini lebih matang secara tampilan, fitur, serta arsitektur untuk pengembangan ke depan.

pictalogi-site

Saya sendiri yang coding, bersama 1 orang programmer di kantor Mimi Creative. Bergantian bagi-bagi task untuk finishing semua fitur. Belum semuanya yang sudah kita garap ini dirilis sih, tapi pantau terus informasinya di Blog Pictalogi. Sekarang team lead-nya adalah Ghea, dibantu partnernya, Iklima. Seluruh pemrosesan otomatis namun tetap dengan sentuhan finishing tangan manusia, jadi bikinnya lebih terkesan personal.

Di versi baru ini, Pictalogi juga merilis beberapa produk barunya. Total saat post ini saya tulis, ada 8 produk yang dipasarkan. Pembeli tetap bisa cetak foto dari Instagram, Facebook, ataupun upload dari gadget sendiri. Jangan khawatir, website kita ini mobile-friendly kok. Mau pakai Handphone juga pasti bisa, asal browsernya support Javascript.

Sekarang, sebagai programmer, saya coba share beberapa hal tentang development Pictalogi terbaru ini.

  • Bahasa pemrograman utama tetap pakai PHP. Kenapa? Karena tim yang ada ready-nya ya PHP. Sebagai startup-tanpa-budget-besar, kita harus pintar-pintar manage resource dan deliverable. Lha ini baru tahap bootstrapping, belum diarahkan untuk massive user. Yang penting sekarang segera rilis dengan fitur baru dan produk baru, serta gak lupa tampilan baru. Kelamaan kalau harus belajar bahasa/framework lain meski mungkin lebih bagus.
  • Kita pakai YiiFramework v2, sementara versi 1 dulu kita pakai FuelPHP. Mengapa? Karena kita mau pakai framework yang punya support bagus, terus dikembangkan, tapi tetap memperhatikan software-lifecycle. Sempat kepikiran mau pakai Laravel, tapi saya urungkan karena kecepatan pengembangan yang terlalu tinggi. Takutnya nanti ketika Laravel terus diupdate, kita harus ikut update server, library, dan berbagai macam hal lainnya yang mana nanti bisa berakibat fatal. Jadi Yii2 ini cukup cocok dengan segala fitur-fiturnya untuk pengembangan jangka panjang.
  • Pemrosesan image di server dengan menggunakan ImageMagick. Pernah pakai GD Library? Itu memang untuk ngeproses file gambar. Tapi karena dibebankan di server PHP, bisa bikin situs lemot. Akhirnya ImageMagick menjadi pilihan karena friendly dengan PHP dan gak terlalu susah belajarnya. Seluruh proses image dari user upload hingga siap cetak itu sudah terotomasi dengan sekali klik aja oleh admin. ImageMagick ini kita kolaborasikan dengan Imagine, untuk abstraksi dan mempermudah pengolahan.
  • Untuk frontend, tetap setia dengan Bootstrap. Framework CSS paling gampang dengan library yang banyak. Situs dibuat se-responsive mungkin, sehingga nyaman digunakan untuk mobile device. Dengan perpaduan FontAwesome, sudah cukup untuk memperindah tampilan.
  • Untuk slider/carousel, kita pakai Owl Carousel 2, yang kita include-kan pakai bower. Carousel ini lumayan oke, meski masih beta. Simple, ringan, dan responsive.
  • Javascript library yang kita gunakan untuk drag foto di Pictalogi adalah Pep.js. Library ini cocok baik untuk desktop maupun mobile. Versi terakhir sih, masih 0.6.2. Tapi versi ini pun sudah oke untuk production.
  • Untuk fetching data gambar dari Instagram dan Facebook, saya pakai GuzzleHttp untuk abstraksi. Saya males pelajari cURL dan bikin dari nol. Pakai Guzzle ini sudah sangat membantu untuk mempermudah fetching dari API.

So far, itu sih teknologi yang kita pakai. Gak ada yang terlalu aneh kok. Kita masih tahap awal jalankan Pictalogi. Nanti kalau memang sudah semakin besar, baru dirombak lagi sesuai kebutuhan. Saya pribadi sangat enjoy coding Pictalogi ini, meski sekarang harusnya taraf saya ini sudah bukan lagi coding.

Eniwei, selamat atas perjuangan keras Tim Pictalogi! Mulai dari desain, nentuin produk, sampai ke coding dan testingnya. Yuk, dilanjut sekarang ke tahap jualan yang lebih massive! Kalau ada saran dan komentar, bisa juga loh dikirim langsung japri ke saya.

Sampai tanggal 17 Agustus 2015 nanti, Pictalogi ngasih diskon spesial sebesar 15% sebagai rasa syukur kita bisa merilis website versi baru. Masukkan kode voucher LAUNCH17 pada saat melakukan pemesanan di Keranjang Belanja.

Leave a Comment.