Ada Kuota Ada Lebaran

Ngobrol santai habis buber SmartFren di 101 Hotel Malang.

Setahu saya, lebaran tahun ini tetap diadakan pada 1 Syawal. Untung aja gak ada peraturan pemerintah yang mengubahnya. Dan untung aja gak ada black campaign #2018gantilebaran.

Nah, ngomong-ngomong lebaran jaman now, berdasarkan pengalaman tahun lalu, maka kuota paket Internet jadi sangat penting. Why? Karena kalau hari biasa, kuota 4GB belum tentu juga habis sebulan. Lah sehari-harinya pakai koneksi Wi-Fi rumah maupun kantor.

Tapi kalau lebaran, umumnya pulang ke desa yang belum tentu punya Wi-Fi di rumah. Demikian pula nasib saya kalau mudik lebaran. Perjalanan bisa 4-5 jam, lalu di lokasi gak ada Wi-Fi gratisan. Alhasil, kuota Internet mobile jadi andalan.

Salah satu andalan saya adalah koneksi mantap dari SmartFren 4G. Teknologi dual band SmartFren, yang selalu mengcover area 4G LTE, gak akan mengecewakan. Gak akan ada penurunan sinyal ke 3G dan ke bawahnya, karena SmartFren hanya 4G saja.

Kuota Unlimited untuk Lebaran 2018

Weits, ternyata saya baru tahu bahwa tanggal 25 Mei 2018 kemarin, SmartFren meluncurkan promo paket Internet unlimited untuk lebaran ini. Sebagai operator juaranya Internet yang hebat, hemat, dan cepat, SmartFren bisa dibilang menggebrak market.

Kamu butuh Internet harian aja? Ada paket unlimited internet 4G LTE dengan harga Rp9.000,- saja. Berlaku satu hari dan hangus di jam 00:00 hari berikutnya.

Mudiknya seminggu? Kamu cocok pakai Internet mingguan aja, dengan harga Rp49.000,- (FUP 1GB/hari). Ini juga di jaringan 4G LTE.

Mau paket bulanan?

Ada yang harganya Rp50.000,- tanpa FUP. Tapi kecepatannya cuma maks 512Kbps aja. Cocok buat yang cuma butuh aplikasi messenger tanpa video-video an.

Yang menarik, paket bulanan regulernya nih. Dari yang harga biasanya Rp149.000,- unlimited kuota, untuk promo mudik kali ini turun drastis jadi cuma Rp60.000,- saja. Tetap, FUP 1GB/hari.

Semua paket di atas, juga dapat fasilitas telepon sepuasnya ke sesama pengguna SmartFren.

Lah, Kok FUP-nya Cuma 1GB?

Awalnya saya agak skeptis soal FUP ini. Unlimited kok pakai FUP. Ternyata, menurut riset data yang dimiliki SmartFren, rata-rata penggunaan data dengan pemakaian normal ada di kisaran 400-600MB saja. Sehingga FUP ini dirasa cukup fair untuk pengguna.

Yang butuh FUP lebih tinggi jadi 1,5GB / hari, bisa daftar aja paket Internet yang Rp100.000,-. Yang udah kehabisan FUP, sementara pas butuh-butuhnya koneksi cepet, ternyata bisa juga loh nge-boost dengan nambah lagi Rp9.000,- di hari itu doank.

Bagi saya yang punya little baby, sudah pasti senjata Baby Shark di YouTube jadi andalan. Kuota segini juga pasti udah cukup buat nonton seharian. Kan YouTube juga punya fitur download video. Sekali download, tonton sebulan. Haha..

Open Market Handset

Sekedar informasi, paket unlimited ini hanya berlaku untuk pengguna personal, alias handphone. Paket ini tidak bisa digunakan di Mi-Fi, karena filosofi penggunaan Mi-Fi adalah untuk bersama-sama.

Awalnya saya skeptis juga, berarti harus beli Andromax donk? Males ah bawa-bawa banyak HP.

Eh ternyata, SmartFren juga bisa dipasang di Open Market Handset (OMH) 4G loh. Selama perangkat tersebut mendukung Band 5 (850) dan juga band 40 (2300), pasang aja tuh kartu SmartFren baru. Terus daftar aja paketannya dengan apps My SmartFren di Google Play ataupun AppStore.


Buat saya di tahun ini, Ada Kuota, baru Ada Lebaran!

Leave a Comment.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.