Saya Yakin, Meski Sedikit Takut

Keraguan itu pasti ada, saya nggak bohong

Logo pada saat beta version

Alhamdulillah, pabrik saya akhirnya melakukan soft launching untuk website company profile-nya. Dengan ini, meskipun belum resmi, status saya sedikit berubah dari pengangguran jadi karyawan sebuah perusahaan. Kerjaan kita pun gak pernah habis dengan sedemikian banyaknya tawaran ngerjain project yang datang. Benar-benar overload untuk saat ini. Bahkan kegiatan komunitas atau organisasi lain juga cukup terbengkalai.

Nggak mudah untuk mencapai ke sini. Sempat saya ragu sewaktu 2 rekan terbaik saya, Alexander dan David Rozando, memilih untuk bekerja lebih dahulu daripada meneruskan Mimi Creative ini. Benar-benar ragu. Apakah saya bisa melanjutkan ini ya? Dengan siapa saya akan melanjutkannya?

Memulai usaha itu memang nggak mudah, terutama dalam hal mencari partner yang solid. Alhamdulillah setelah melakukan pencarian yang tiada henti, ada 4 rekan yang bisa saya ajak bersama membangun pabrik saya ini. Setiap orang memiliki peran sendiri, yang tidak bisa tergantikan. 3 dari 4 rekan ini komitmen bersama saya untuk mendeklarasikan diri sebagai pendiri.

Saya juga terus mencari partner-partner lain yang bisa diajak garap project bersama. Ada beberapa yang sudah oke. Ada juga yang masih belum bisa komitmen. Saya maklumi lah, mungkin memang tujuannya berbeda.

Dengan memiliki 4 partner utama ini, saya cukup yakin awal dari perjalanan ini akan berjalan sesuai rencana. Meskipun akhirnya ternyata molor-molor sedikit, overload juga, kita tetap fun dalam bekerja. Rencana jangka panjang saya tentu sudah saya siapkan dan saya share sebagian ke seluruh anggota tim. Rencana yang mungkin bisa dibilang mustahil bila hanya dilihat saja, namun tidak bila dijalankan.

Sempat ragu juga, ketika ada tawaran beasiswa datang ke saya. Cukup ragu, ketika melihat begitu senangnya teman-teman bekerja di perusahaan yang sudah settle. Ada yang dikirim pelatihan ke luar negeri, ada yang disekolahkan, dan macem-macem lagi. Rasanya ingin segera bikin Curriculum Vitae dan surat lamaran pekerjaan untuk saya kirim ke perusahaan-perusahaan besar itu. Saya yakin pasti diterima kok.

Tapi, itu berarti semakin meningkatkan peluang mundurnya mimpi-mimpi saya. Itu berarti saya berusaha untuk masuk ke suatu zona nyaman lain, yang mungkin sama dengan orang-orang lain. Terus, apa bedanya saya dengan yang lain? Saya hanya akan jadi sekumpulan orang-orang yang “too mainstream”. Enak sih enak, terjamin sih terjamin, tapi gak sesuai dengan mimpi saya.

Kita siap berjalan di jalur ini

Untuk itu saya perlu untuk semakin memantapkan diri berjalan di jalur ini. Alhamdulillah sudah ada beberapa orang yang mengakui keberadaan saya. Beberapa orang sudah menganggap saya ini adalah seorang Entrepreneur, bahkan orang yang kenal saya dari orang lain. Sempat juga diajuin kuisioner penelitian tentang entrepreneur muda. Lucu juga, hehe…

Meski semalam setelah syukuran soft launching, salah satu dari 4 partner saya resmi mengundurkan diri, saya harus tetap yakin bahwa langkah ini ada dalam jalur yang benar. Saya sudah punya ide, rencana, dan source untuk mencapainya. Sedikit demi sedikit, keraguan dan ketakutan akan ketidakberhasilan ini harus diubah menjadi suatu belief bahwa saya akan dan sudah sukses. Tentu semua juga harus terus berjalan dengan senyuman. πŸ™‚

17 Comments

  1. Heheh Selamat menempuh hidup enterpreneur muda πŸ™‚

    Sbg seorang yang kenal situ lewat blog dan jarang ketemu..Salut aku mas bro πŸ™‚

    Kereeen dah pokoknya situ πŸ™‚

    Aku doakan semoga dirimu sukses aja mas bro..Al fatihah…..

    Reply
  2. Selamat!!! Anda memilih dan berada dijalur yang benar. Saya siap bergabung menjadi pendiri mimi creative.

    Silakan hubungi saya di 08563186430 dan liat website saya.

    Reply

Leave a Comment.