MySQL WorkBench – Gak Perlu Repot Bikin SQL

Sumpah, saya masih buram dengan SQL..

Tampilan Awal WorkBench

Ya, saya malas menghafal. Apalagi syntax-syntax yang jumlahnya jutaan dengan bahasa yang berbeda. Fungsi-fungsi di Java dan PHP aja sampe mati pun gak mungkin saya hafalkan. Karena itu saya selalu pakai IDE dengan code completion untuk menghemat effort. Belum lagi ditambahi dengan SQL dan tanda baca yang harus ditulis di dalamnya. Ketelitian tingkat tinggi diperlukan agar query berjalan dengan lancar. Untuk masalah SELECT dan sebagainya, mungkin sudah bisa diatasi dengan Active Record ataupun ORM. Lagian kan saya memang lebih suka pakai Framework daripada bikin dari nol. Tapi waktu bikin tabel? Bisa muntah darah tuh waktu nulis SQL-nya.
Continue reading

CodeIgniter 2.0 Telah Dirilis

Belum sempat nulis bukunya…

EllisLab ini memang company yang luar biasa, dengan orang-orang luar biasa di dalamnya. Para engineer dan code master yang sudah malang melintang di dunia Software Engineering mampu menciptakan sebuah framework PHP yang ringan dengan arsitektur luar biasa mudah dicerna. Per tanggal 29 Januari 2011 kemarin, EllisLab merilis secara resmi CodeIgniter versi 2.0.

Banyak perbedaan dari versi stabil sebelumnya, yaitu seri CodeIgniter 1.7 yang diakhiri dengan update di 1.7.3. Sebenarnya jauh hari sebelum rilis resminya, salah satu engineer-nya yaitu Phil Sturgeon sudah menyatakan bahwa CodeIgniter 2.0 yang sedang dalam tahap pengembangan di public repository-nya telah stable dan layak digunakan, meskipun belum dirilis secara resmi oleh EllisLab. Sejak saat itu pula saya sudah mencoba membuat aplikasi dengan CodeIgniter 2.0 tersebut.
Continue reading

Bocoran PC Mild Edisi 03/2011

Masih lanjut nulis donk…

Naskah PC Mild edisi 03/2011 sudah saya submit seminggu lalu. Di tengah virus malas liburan, anehnya saya malah semakin produktif. Entah kenapa, mungkin salah satunya gara-gara lagi-lagi pindah lokasi kerja di dalam rumah. Yang sebelumnya akuisisi sebagian kamar adik, sekarang pindah ke ruang tamu. Hehe…

Tulisan saya masih berkutat di 5 halaman yang harus saya tulis, di rubrik Programming, Web, Facebook, Twitter, dan Patch. Di rubrik programming masih tentang bahasa pemrograman Java, saya membahas tentang implementasi design pattern Singleton. Saya pikir pengetahuan tentang dasar design pattern diperlukan oleh setiap programmer. Dengan design pattern yang sesuai, efisiensi dan efektifitas kode program juga meningkat.
Continue reading

Seminar AMA Malang – Ippho Santosa

Agenda malam Jumat

Skrinsut bersama temen dari Ma Chung (Ippho kedua dari kiri, sebelah saya)

Ah, ini sih bukan post tentang serem-serem gak jelas gitu. Sebagai anggota AMA Malang (website-nya udah gak pernah update), barusan saya ikutan seminar bulanan di Hotel Tugu. Kali ini pembicaranya adalah Ippho Santosa, yang disebut-sebut sebagai pakar otak kanan. Seperti biasanya, datang ke Hotel Tugu jam 6an, menikmati makan malam prasmanan sambil ngobrol-ngobrol, terus masuk ruang seminar. Yang beda dari biasanya, peserta kali ini banyak banget. Sampai-sampai ruang seminar yang biasanya pakai meja untuk setiap peserta, tadi malah cuma kursi aja, demi mencukupi jatah tempat duduk.

Ippho Santosa ini adalah pengarang salah satu buku best seller berjudul “7 Rahasia Rezeki”, yang juga jadi judul seminar malam ini. Saya belum pernah baca sih, tapi melihat dari seminarnya, sepertinya sangat menarik. Memang dalam seminar gak bisa benar-benar dipaparkan secara keseluruhan materi itu, tapi dari sedikit seminar itu aja saya bisa menangkap banyak sisi positifnya.
Continue reading

Etika Text-Based Communication

Sekedar coretan netter

Sumpah, ini bukan HP-ku sendiri

Baca-baca post ini, ditambah dengan kejadian yang sedang sering saya alami, jadi pingin nulis tentang etika dalam bersosial lewat teknologi. Based on true story juga, etika berkomunikasi via teknologi itu penting banget. Kadang mungkin nggak sadar, tapi buat yang sudah memiliki sedikit etika seperti saya, kadang ilfil sama yang belum menggunakan etika dengan baik dan benar.
Continue reading

Jangan Pakai HP Sambil Nyetir

Hasil kopdar Sabtu malam di Eny Bucks

Bloggerngalam emang gak ada matinya. Meskipun ituh blog komunitas udah jarang diapdet, tapi orang-orangnya masih up-to-date. Kebetulan ada gawe buat kampanya jangan pakai HP sambil nyetir, dengan bermodal stiker. Yup, multitasking sambil berkendaraan itu berbahaya. Bukan hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi orang lain.

Skrinsut kopdar ada di sini. Semoga bisa dibuka meski belum jadi fans.
Continue reading

Penipuan Online Shop

Murah sih murah, tapi…

Gaya belanja saat ini

Disclaimer : Post ini bukan untuk mencemarkan nama baik online shop tertentu, tapi hanya untuk meningkatkan kesadaran bagi konsumen online shop. Mengingat banyaknya kasus penipuan terjadi, alangkah baiknya semua sadar bagaimana cara mencegahnya. Online shop yang ada di post ini semata-mata hanya sebagai contoh kasus karena saya Googling kasus yang terjadi. Kalau memang bukan seperti itu kejadiannya, silahkan konfirmasi ke pembuat konten yang berhasil saya Googling.

Barusan tergiur lihat tag foto di FB temen, tulisannya HTC Desire Z 2,4 juta. Yang nge-tag sih nama FB-nya Agus Shop. Iseng-iseng lagi lumayan nganggur, saya coba add FB-nya, terus saya buka-buka foto lapaknya. Wuih, barangnya emang murah-murah. Dari iPhone 4 yang cuma 2,5 juta, galaxy Tab yang cuma 2,8 juta, sama desire Z yang cuma 2,4 juta. Tertarik sih, banget. Apalagi ngelihat murahnya itu.
Continue reading

Salad Buah

Makanan ringan di Sabtu siang

Enaknya salad sampai ke lidah

Hari ini benar-benar hari malas. Entah kenapa kok nggak mood dari pagi. Padahal dari pagi udah buka NetBeans dan seperangkat user guide buat coding, tapi gak ada satu barispun yang saya ketik. Akhirnya, malah bikin blog post deh. Hehe…

Saya bukan orang barat, tapi saya suka makanan barat. Dari roti, burger, pizza, olahan kentang, olahan gandum, dan salah satunya salad. Tapi kali ini yang saya makan adalah salad buatan sendiri, bukan beli langsung jadi. Ceritanya, waktu Om saya yang mantan koki Pizza Hut datang ke rumah, dimanfaatkannya dimintai tolong lah oleh nyokap buat bikin mayonaise.
Continue reading

Datamapper ORM for CodeIgniter

Lama gak share tentang programming

Logo CodeIgniter

Bikin aplikasi web itu gak gampang loh. A-pli-ka-si!! Bukan sekedar web portfolio yang bisa pake static html, atau blog yang bisa pake wordpress, atau portal informasi yang bisa pake joomla. Tapi karena merepotkan kalau mulai dari nol, saya pakai CodeIgniter PHP Framework biar cepet dan kodenya enak dibaca.

Saya masih belajar CI ini. Waktu cari-cari library tambahan, dulu saya nemu tutorial di blognya Burak tentang pemakaian Doctrine ORM. ORM adalah Object Relational Mapping, yaitu salah satu metode pemrograman yang memetakan tabel database dengan class/object. Jadi 1 class tersebut merepresentasikan 1 tabel di database.
Continue reading

Berenang Untuk Sehat

Basah-basah itu enak loh

Butterfly Stroke

Ada banyak jalan menuju Roma. Sama juga dengan kesehatan, pasti ada banyak jalan untuk mencapainya. Definisi kesehatan setiap orang pun beda-beda. Ada yang cukup gak sakit-sakitan aja, ada yang harus kekar dan bugar, dan sebagainya. Ada yang menghubungkan kesehatan dengan pola makan, ada yang dengan olahraga. Whatever, itu hak setiap orang untuk hidupnya sendiri. Saya pun juga gitu.

Saya ini orang IT, yang sebagian besar waktu saya habiskan di depan laptop dan menyelam di dunia maya. Otomatis by default bagian tubuh saya yang paling sehat dan kekar cuma 10 jari tangan dan (mungkin) otak saya. Wow, gak bayangin kalo otak punya otot. Haha. Sebenernya saya juga pingin olahraga sih, tapi karena cepet bosen waktu ngelakuin olahraga tertentu, dan males capek, biasanya rutinitas itu berhenti begitu aja.
Continue reading