Sharing Tentang Online Journalism Bersama @AkberMLG

Anak socmed mana sih yang gak tau Akademi Berbagi? Sebenarnya ini cerita lama sih, tapi layak untuk ditulis sebagai kenangan di blog sederhana saya ini.

Ceritanya, saya dihubungi oleh relawan @AkberMLG beberapa minggu sebelum hari H, menanyakan apakah saya bersedia mengisi kelas, dan kira-kira akan mengisi tentang apa. Setelah berdiskusi dengan Diestra, salah satu relawan AkberMLG yang bersedia mampir ke kantor, diputuskanlah materinya tentang Online Journalism.

Agak susah nyari tanggalnya emang, pas lagi sering-seringnya PP Malang-Jakarta ngurusin kerjaan kantor. Akhirnya, saya aturlah tanggalnya jadi 8 Desember 2013, setelah mundur sekitar 2 minggu dari rencana awal.


Saya memang bukan jurnalis asli, hanya sekedar blogger yang didaulat tiba-tiba jadi ketua komunitas Blogger Ngalam. Kebetulan juga saya pernah sharing tentang writing di PMII Malang. Hemat saya, gak perlu mikir terlalu banyak untuk bikin materi, yang notabene juga pernah saya sharingkan di Jogja, sebagai pemateri di Koran Kedaulatan Rakyat waktu dulu.

Acara diadakan di Bunchbead, sebuah mini cafe yang ternyata milik tetangga saya. Menjelang acara, saya persiapan di kantor Tomatech Mobile. Sedikit gerimis, membuat saya berpikir bahwa acara bakal sepi. Tapi saya sudah mengerahkan Divisi UNO teman-teman @bloggerngalam untuk support acara ini.

Sesampainya di TKP dan langsung naik lantai 2, masih segelintir orang yang terlihat. Setelah salaman dan cipika-cipiki sama Azila sang kepala sekolah @AkberMLG, saya prepare laptop dan sound.

Menjelang acara dimulai, beberapa anggota Divisi UNO sudah datang. Ada pasangan mbak @nengbiker dan mas @dglassesman, mbak @ikiule, @naspard, @henasatya, dan teman-teman lainnya (maaf yang lupa kesebut).

Seperti biasa, slide saya mulai dengan video untuk menarik atensi. Saat slide sudah beberapa diputar, datang lagi teman-teman lainnya. Alhamdulillah, lantai dua Bunchbead jadi penuh. Rupanya banyak juga yang tertarik dengan Online Journalism ini. Presentasi juga saya akhiri dengan video untuk “pendinginan”.

Cukup seru sharing di sini. Salut juga sama tim @AkberMLG, dengan keterbatasannya dan niat tulusnya, bikin kelas sharing seperti ini. Akhir acara, gak lupa donk foto-foto untuk narsis dokumentasi.

Setelah selesai acara intinya, acara non-formal pun dimulai. Ngobrol ngalor-ngidul dengan teman-teman yang datang, ngobrol sama yang punya cafe, dan tidak lupa MAIN UNO!!

Buat yang mau download materi hari itu, sudah saya share di folder dropbox saya. Silakan didownload bagi yang berkenan. Sengaja gak upload versi pptx-nya karena guedhe, video-nya langsung saya embed di file. Klik link ini untuk downloadnya.

1 Comments

Leave a Comment.