Akhirnya, Website Baru Pictalogi.com Dirilis!

Gaes, pengumuman nih. Setelah beberapa bulan ini bertapa di depan laptop kesayangan, saya bersama tim Pictalogi.com akhirnya telah berbangga merilis versi baru websitenya. Versi yang awalnya rencana dirilis bulan Mei 2015 ini harus mundur hingga 1 Agustus 2015. Bukan kenapa-kenapa, karena memang kita pingin dalam rilis baru ini lebih matang secara tampilan, fitur, serta arsitektur untuk pengembangan ke depan.

pictalogi-site

Saya sendiri yang coding, bersama 1 orang programmer di kantor Mimi Creative. Bergantian bagi-bagi task untuk finishing semua fitur. Belum semuanya yang sudah kita garap ini dirilis sih, tapi pantau terus informasinya di Blog Pictalogi. Sekarang team lead-nya adalah Ghea, dibantu partnernya, Iklima. Seluruh pemrosesan otomatis namun tetap dengan sentuhan finishing tangan manusia, jadi bikinnya lebih terkesan personal.

Continue reading

Puter-Puter Malang untuk Drive Test Smartfren 4G LTE

Hari Rabu tanggal 29 kemarin, jadi hari yang gak biasa. Sehabis dari kantor Mimi Creative, baru jam 10 pagi saya sudah meluncur ke Hotel Atria Malang, untuk ikutan event keren abad ini. Saya bersama beberapa rombongan BloggerNgalam lainnya dapat undangan khusus dari Smartfren untuk mencoba layanan terbarunya, 4G LTE. Padahal, layanan ini belum dirilis resmi secara komersial. Keren kan!

Sampai di TKP, ternyata sudah pada datang semua. Asyiknya, kita semua dibekali dengan salah satu produk andalannya, Andromax Qi. Gratis! Semua itu demi percobaan nyata teknologi keren ini secara langsung, gak cuma lihat dan dengerin penjelasan doank. Langsung deh, gak ragu-ragu, waktunya unboxing!

Continue reading

5 Tips Singkat Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

white-keyboard-and-hand

Sejak mengelola startup sendiri, mulai dari Mimi Creative hingga Pictalogi sekarang, saya membuka lowongan kerja untuk cukup banyak posisi di kantor Malang. Ada programmer Android, iOS, PHP, dan juga akunting. Seperti biasa, zaman digital seperti ini, cukup kirim via email saja. Dari sekian banyak pelamar, cukup banyak juga yang membuat saya tergelitik dan juga malas membuka emailnya. Kenapa?

Entah karena memang belum terlatih etika menulis email, atau belum pernah melamar kerja via email, atau lebih-lebih bukan orang IT, ada saja hal-hal yang membuat saya (sebagai pemberi kerja) malas membuka email. Meski kadang bukan suatu hal yang mendasar (sebagai karyawan), tapi bisa berdampak cukup fatal.

Bayangkan, susah-susah sekolah/kuliah dengan nilai yang bagus, tapi email lamaran kerja tidak dibaca/dibuka oleh pemberi kerja hanya karena hal-hal (yang mungkin) sepele. Dan itu gak cuma terjadi sekali saja loh.

Continue reading

Speedy Jahat?

Sehari-hari, saya mengakses Internet di kantor saya, dengan menggunakan provider Speedy paket fiber optic 5MB. Namun seminggu kemarin saya keluar kota, dan jarang sekali mengakses internet melalui web browser. Baru kemarin saya sampai di kantor dan lanjut ngerjain segala hal yang belum kelar.

Saat saya membuka browser, saya merasakan hal yang aneh dengan iklan yang muncul di halaman Dashboard blog saya ini. Lah, di Dashboard kok muncul iklan? Sempat terpikir bahwa laptop saya kena virus iklan. Tapi setelah saya amati dan tanya temen di sebelah, ternyata hampir semua situs muncul iklannya. Di aplikasi Steam pun (yang notabene embedded web browser) juga muncul.

speedy-jahat

Saya memang orang IT, tapi bukan spesialis jaringan. Jadi cuma sedikit-sedikit tahu tentang teknis seperti ini. Tapi dari yang saya pelajari, sepengetahuan saya ini bukan dari servernya.

Continue reading

Suatu Pagi Menjelang Siang di Perempatan

Gak biasanya saya pagi-pagi sudah keliling. Hari ini khusus untuk ngurus rekening bank, beli AC, dan beli lemari. Dengan lokasi yang berbeda, jadinya bener-bener muterin Malang.

Sampai di perempatan kawi-bareng, saya terhenti oleh lampu lalu lintas yang sedang merah. Di 3 mobil depan, ada 2 orang loper koran dan 1 orang pengemis. Sang pengemis, seperti biasa, menggedor-gedor jendela setiap mobil yang dilewatinya. Yang menarik perhatian saya justru salah satu dari loper koran tersebut.
Continue reading

Iseng Recording – Lagu Empati Tamako

Candid foto credit to @ariefbayu

Candid foto credit to @ariefbayu

Senin siang, di ruangan kantor panas banget. Lagi suntuk mikirin proses lompatan untuk kantor, selingi dengan main musik. Lumayan, laptop yang habis diservis belum diinstalin software recording nih. Sekalian deh.

Pas lagi demen-demennya dengerin lagu band indie Indonesia yang namanya The Trees & The Wild, daripada nyanyi doank, sekalian gitaran. Gak lama nyari chord-nya dan tuning gitar ke custom-entah-apa-namanya. Pokoknya kalau senar dilepas, digenjreng nadanya E mayor. Jadi dari bawah E-B-G#-E-B-E.

Continue reading

Indahnya Gili Labak dan Meriahnya Sambutan Desa Sema’an – Hari 1 & 2

gili-labak

Dulu(uuuu banget) saya sempat anti sama yang namanya madura, kecuali sate madura. Kesannya, madura itu penuh dengan kekerasan (carok) dan tempatnya yang panas kering kerontang, gak ada bagus-bagusnya. Tapi semua berubah, sejak negara koalisi merah muda Indonesia kedatangan yang namanya Internet. Banyak sekali referensi wisata yang muncul di berbagai situs.

Tak disangka, ternyata saya juga bakal ikut andil dalam mempromosikan salah satu bagian dari propinsi Jawa Timur tercinta ini. Weekend beberapa minggu lalu, saya dapat undangan dari Wahyu Alam, temen blogger dari Plat M (Komunitas Blogger Madura), untuk mengunjungi salah satu spot wisata di Madura. Dan ini undangan terbatas!

Continue reading

Iseng Recording – Lagu Pulang

studio

Seharian kemarin kerja di kantor sambil dengerin salah satu playlist favorit di 8track, Teman Hujan. Salah satu lagu yang enak didengerin di playlist ini adalah lagunya Float, dengan judul Pulang. Kalau gak percaya, coba deh dengerin sendiri. Semacam akustikan gitu deh.

Entah kenapa, hari ini seperti terlena dengan satu lagu ini. Langsung saya ambil gitar dan genjreng-genjreng cari nadanya. Gak lama, ketemu deh. Eh, ternyata udah mau maghrib, siap-siap untuk undangan makan pizza dari Hotel Harris Malang. Iya sih, masuk ke kantornya juga baru lewat siang hari. :p

Continue reading

Undangan Makan Pizza Hotel Harris Malang

6

Semalam ada undangan pembukaan outlet pizza baru di Hotel Harris Malang, bersama temen-temen @bloggerngalam. Berangkat dari kantor, langsung deh meluncur ke TKP dengan perut kosong. Kebayangnya sih pesta pizza, eh tapi yang pesta sepertinya cuma yang ikut pizza competition. Haha.

Ya sudah, disyukuri saja undangan gratisan ini. Pizza-nya serius enak. Sempat nyoba 2 slice. Rasanya tipis-tipis dan renyah gitu, hasil panggangan tungku kayu, satu-satunya di Malang. Selain itu, ada dinner dengan aneka menu yang uenak-uenak dari Hotel Harris Malang.

Yang bikin nyaman lainnya adalah suasana outdoor dinner, di samping taman serta kolam renang yang arsitekturnya bisa dibilang apik. Masih kelihatan kesan barunya hotel ini, dengan pohon palem yang masih diberi penyangga, belum tumbuh sempurna.

Continue reading

Lahir Menangis Mendapat Senyuman, Mati Tersenyum Mendapat Tangisan

Beberapa hari yang lalu, ada acara halal-bihalal di RT saya, di Sengkaling, yang diadakan rutin setahun sekali. Biasanya sih saya males datang acara kayak gini, karena isinya cuma bapak-ibu warga doank, jarang yang seumuran. Tapi karena diminta sama ortu, akhirnya saya ikut juga. Ya tahun ini tetep donk, gak ada yang seumuran.

Seperti biasa, di halal-bihalal gini akan ada tausiah singkat. Saya lupa dari mana ustadz-nya, yang pasti dia temen bapak saya. Tausiahnya cukup singkat, tapi ada suatu hal menarik yang perlu dicamkan.

Continue reading