Melihat ke Atas

Sekedar renungan singkat di siang bolong

Lilin pun akan menyilaukan ketika hati diselimuti kegelapan

Gengsi, sombong, congkak, berbangga diri… Apa sih salahnya dilakukan oleh seorang manusia? Kalau emang punya kemampuan dan kehebatan, ya silahkan. Tapi, apa yakin udah jadi yang paling hebat? Paling pintar? Paling kaya? Paling cerdas?

Akhir-akhir ini saya hampir terjerumus ke ruang hitam itu. Ya gak parah-parah amat sih, paling-paling cuma muncul rasa bangga diri yang sedikit berlebihan. Saya merasa sedikit sombong dengan kemampuan saya, terutama ilmu-ilmu saya. Padahal saya sudah bertekad untuk jadi sebijak mungkin. Salah satu unsur bijak kan tidak sombong. Untunglah, Alhamdulillah barusan diingatkan secara gak langsung sama Allah YME.

Gimana biar gak sombong atau berbangga terlalu lebih? Simpel, lihat aja ke atas, setinggi-tingginya. Maksudnya?

Coba cari orang yang mau dibandingkan dengan diri Anda, sebanyak-banyaknya. Ketemu satu, ternyata Anda masih merasa lebih hebat, cari yang lain. Lagi, sebanyak-banyaknya. Nanti pasti menemukan orang-orang yang sebenarnya bisa melakukan apa yang Anda gak bisa lakukan. Dan itu, jumlahnya gak sedikit.

Mau sombong? Bangga berlebihan? Ya malu lah. Nyatanya masih banyak orang yang berada di atas. Kebangeten kalau udah gitu masih bisa sombong. Kecuali kalau udah dinobatkan jadi orang terkaya di dunia versi Forbes, atau dapat penghargaan Nobel.

Lagian, orang-orang yang benar-benar di atas itu justru kebanyakan malah gak sombong loh. Liat aja Warren Buffet yang terkaya, atau Stephen Hawking yang jenius, mereka justru terlihat sederhana.

Jadi, buat apa sombong dan berbangga terlalu berlebihan? Nantinya malah nggak akan berkembang. Percaya deh.

Pesan saya, terutama untuk diri saya sendiri, selalu lihatlah ke atas dan jangan sombong. Berbangga hati itu boleh, tapi jangan berlebihan. Jika memang sudah naik satu tingkat, jangan lupa untuk berbagi dengan sesama. Insyaallah barokah… ๐Ÿ™‚

20 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.